Langsung ke konten utama

contoh laporan KKL jurusan Manajemen



KATA PENGANTAR
  

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas karunia-Nya tugas membuat Laporan pada kegiatan  KKL ini dapat terselesaikan. Laporan ini berisi tentang  “KEGIATAN KKL-DN 2014 JURUSAN MANAJEMEN 2011”
Kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Dosen Pendamping yang telah mendampingi kami selama kegiatan KKL berlangsung. 
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh sebab itu kami berharap Bapak atau Ibu Dosen dapat memberikan saran dan kritiknya demi kesempurnaan laporan ini.
Dengan ini juga kami berharap yang sebesar-besarnya agar laporan ini  dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amin.....................
  
                                                                                                                                                Semarang,  12 Maret 2014
                                                           

                                                                                                                        Penyusun







BAB I
PENDAHULUAN

Mencetak seseorang yang berpendidikan serta memiliki kemampuan dan ketrampilan merupakan tujuan dari pendidikan tinggi di Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa salah satu tujuan  pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah  ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dengan melihat tujuan tersebut, sudah sangat jelas bahwa lulusan dari perguruan tinggi diharapkan memiliki kemampuan akademik dan menjadi profesional sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan yang ditekuni di bangku kuliah. Sehingga, ketika seorang mahasiswa yang lulus dari  perguruan tinggi akan mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan akan lebih mudah diserap dunia kerja.
Perkuliahan memang merupakan pembekalan inti untuk memperoleh pengetahuan, akan tetapi hal tersebut tentu tidaklah cukup. Banyak terdapat perbedaan antara teori yang diperoleh saat kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sehingga masih diperlukan bentuk pembekalan lain yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kenyataan yang terjadi di lapangan. Salah satu upaya pembekalan tersebut adalah adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disebut sebagai KKL.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bukan merupakan hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Kegiatan KKL merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan dan wisata mahasiswa ke tempat – tempat, instansi, ataupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu ataupun bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi. Objek kunjungan KKL mahasiswa dapat berupa tempat, instansi atau lembaga yang berhubungan dengan kewirausahaan, sains, IPTEK, maupun pendidikan.



BAB II
TINJAUAN UMUM OBJEK KUNJUNGAN

Kunjungan I : PT. Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (disingkat BEI, atau  Indonesia Stock Exchange (IDX)) merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES). Demi efektivitas operasional dan transaksi, Pemerintah memutuskan untuk menggabung Bursa Efek Jakarta sebagai pasar saham dengan Bursa Efek Surabaya sebagai pasar obligasi dan derivatif. Bursa hasil penggabungan ini mulai beroperasi pada 1 Desember 2007. BEI memiliki visi dan misi yang terus dijunjung hingga kini. BEI memiliki visi menjadi bursa yang kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia dan misi menciptakan daya saing untuk menarik investor dan emiten melalui pemberdayaan Anggota Bursa dan Partisipan, penciptaan nilai tambah, efisiensi biaya, serta penerapan good governance.
BEI menggunakan sistem perdagangan bernama Jakarta Automated Trading System (JATS) sejak 22 Mei 1995, menggantikan sistem manual yang digunakan sebelumnya. Sejak 2 Maret 2009 sistem JATS ini sendiri telah digantikan dengan sistem baru bernama JATS-NextG yang disediakan OMX. Bursa Efek Indonesia berpusat di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kawasan Niaga Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Secara historis, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya pada tahun 1912 di Batavia. Pasar modal ketika itu didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah kolonial atau VOC.
Meskipun pasar modal telah ada sejak tahun 1912, perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak berjalan seperti yang diharapkan, bahkan pada beberapa periode kegiatan pasar modal mengalami kevakuman. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti perang dunia ke I dan II, perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial kepada pemerintah Republik Indonesia, dan berbagai kondisi yang menyebabkan operasi bursa efek tidak dapat berjalan sebagimana mestinya.
Pemerintah Republik Indonesia mengaktifkan kembali pasar modal pada tahun 1977, dan beberapa tahun kemudian pasar modal mengalami pertumbuhan seiring dengan berbagai insentif dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.
Secara singkat, tonggak perkembangan pasar modal di Indonesia dapat dilihat sebagai berikut:
[Desember 1912]
§   Bursa Efek pertama di Indonesia dibentuk di Batavia oleh Pemerintah Hindia Belanda
[1914 – 1918]
§  Bursa Efek di Batavia ditutup selama Perang Dunia I
[1925 – 1942]
§  Bursa Efek di Jakarta dibuka kembali bersama dengan Bursa Efek di Semarang dan Surabaya
[Awal tahun 1939]
§  Karena isu politik (Perang Dunia II) Bursa Efek di Semarang dan Surabaya ditutup
[1942 – 1952]
§  Bursa Efek di Jakarta ditutup kembali selama Perang Dunia II
[1956]
§  Program nasionalisasi perusahaan Belanda. Bursa Efek semakin tidak aktif
[1956 – 1977]
§  Perdagangan di Bursa Efek vakum
[10 Agustus 1977]
§  Bursa Efek diresmikan kembali oleh Presiden Soeharto. BEJ dijalankan dibawah BAPEPAM (Badan Pelaksana Pasar Modal). Tanggal 10 Agustus diperingati sebagai HUT Pasar Modal. Pengaktifan kembali pasar modal ini juga ditandai dengan go public PT Semen Cibinong sebagai emiten pertama19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara
[1977 – 1987]
§  Perdagangan di Bursa Efek sangat lesu. Jumlah emiten hingga 1987 baru mencapai 24. Masyarakat lebih memilih instrumen perbankan dibandingkan instrumen Pasar Modal
[1987]
§  Ditandai dengan hadirnya Paket Desember 1987 (PAKDES 87) yang memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan Penawaran Umum dan investor asing menanamkan modal di Indonesia
[1988 – 1990]
§  Paket deregulasi dibidang Perbankan dan Pasar Modal diluncurkan. Pintu BEJ terbuka untuk asing. Aktivitas bursa terlihat meningkat
[2 Juni 1988]
§  Bursa Paralel Indonesia (BPI) mulai beroperasi dan dikelola oleh Persatuan Perdagangan Uang dan Efek (PPUE), sedangkan organisasinya terdiri dari broker dan dealer
[Desember 1988]
§  Pemerintah mengeluarkan Paket Desember 88 (PAKDES 88) yang memberikan kemudahan perusahaan untuk go public dan beberapa kebijakan lain yang positif bagi pertumbuhan pasar modal
[16 Juni 1989]
§  Bursa Efek Surabaya (BES) mulai beroperasi dan dikelola oleh Perseroan Terbatas milik swasta yaitu PT Bursa Efek Surabaya
[13 Juli 1992]
§  Swastanisasi BEJ. BAPEPAM berubah menjadi Badan Pengawas Pasar Modal. Tanggal ini diperingati sebagai HUT BEJ
[22 Mei 1995]
§  Sistem Otomasi perdagangan di BEJ dilaksanakan dengan sistem computer JATS (Jakarta Automated Trading Systems)
[10 November 1995]
§  Pemerintah mengeluarkan Undang –Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Undang-Undang ini mulai diberlakukan mulai Januari 1996
[1995]
§  Bursa Paralel Indonesia merger dengan Bursa Efek Surabaya
[2000]
§  Sistem Perdagangan Tanpa Warkat (scripless trading) mulai diaplikasikan di pasar modal Indonesia
[2002]
§  BEJ mulai mengaplikasikan sistem perdagangan jarak jauh (remote trading)
[2007]
§  Penggabungan Bursa Efek Surabaya (BES) ke Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan berubah nama menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI)
[02 Maret 2009]

Peluncuran Perdana Sistem Perdagangan Baru PT Bursa Efek Indonesia: JATS-NextG



Kunjungan II : Universitas Prasetya Mulya

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang menawarkan program pendidikan gelar dan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan komunitas bisnis dan kompetensi pelaku bisnis di Indonesia. Prasetiya Mulya Business School menjadi brand STIE Prasetiya Mulya. Seringkali dikenal publik dengan nama Prasmul maupun PMBS.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya atau lebih dikenal dengan Prasetiya Mulya Business School didirikan oleh 70  pengusaha nasional di bawah Yayasan Prasetiya Mulya pada tanggal 6 September 1982, dengan ketua yayasan saat ini Prof. Dr. Djisman S. Simanjuntak. Nama Prasetiya Mulya sendiri terinspirasi oleh bahasa Sansekerta yang berarti "janji mulia".
Awalnya bernama Management Development Centre, lalu berganti nama menjadi Institut Manajemen Prasetiya Mulya (IMPM). Pada 1993 nama IMPM berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya (STMPM). Bersamaan dengan itu program dengan gelar Master of Business Administration (MBA) diganti menjadi Magister Manajemen (MM).
Status Sekolah Tinggi Manajamen resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi pada tanggal 27 Mei 2011 bertepatan dengan peresmian Kampus Prasetiya Mulya di BSD oleh Wapres Boediono. Saat ini STIE Prasetiya Mulya menyelenggarakan program gelar S1, S2 Magister Manajemen, dan program non-gelar di bidang pelatihan manajemen dan bisnis sesuai kebutuhan perusahaan.

Program Pascasarjana (S-2) Prasetiya Mulya memiliki 3 program, antara lain :
1.     MM Reguler dengan konsentrasi Pemasaran dan Keuangan
2.     MM Eksekutif Manajemen Bisnis dengan konsentrasi Pemasaran dan Keuangan
3.     MM Eksekutif Manajemen Stratejik

Metode Pengajaran
Metode pengajaran dalam program ini sangat bervariasi, seperti kuliah, diskusi dan analisis kasus, simulasi bisnis, tugas perorangan maupun tugas kelompok, karya wisata, survei lapangan, riset pasar, pembicara tamu, rencana bisnis dan lain sebagainya. Keterampilan khusus yang diperlukan dalam bisnis, seperti menulis laporan efektif, teknik presentasi, serta keterampilan komunikasi bisnis lainnya diberikan dalam bahasa inggris, sisdur dalam organisasi, dan etika bisnis, juga diberikan dalam program ini. Variasi ini ditujukan agar peserta dapat menyerap semua pengetahuan dan keterampilan secara lebih efektif, sehingga memiliki nilai tambah dalam meniti kariernya di dunia bisnis.
Proses interaksi antar sesama peserta dan interaksi antara peserta dengan pengajar, sangat diutamakan. Proses ini mendapat bobot yang cukup besar dalam penilaian, karena bertujuan untuk mematangkan keterampilan komunikasi serta tukar menukar pengalaman yang akan saling memperkaya pengetahuan peserta.
Bahasa pengantar dalam kelas adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk keterampilan Eksekutif. Walaupun demikian penguasaan Bahasa Inggris diutamakan, mengingat sebagian besar kepustakaan dalam Bahasa Inggris. Demi keberhasilan program, peserta wajib menguasai penggunaan komputer secara aktif, terutama word processing, spread sheet dan software untuk presentasi.
Simulasi Bisnis merupakan salah satu metode pelatihan manajemen dengan menggunakan prinsip "learning by doing". Dalam simulasi bisnis peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang mewakili beberapa perusahaan yang saling bersaing. Dalam simulasi bisnis peserta berkesempatan menerapkan dan menguji konsep-konsep manajemen yang telah dipelajarinya sekaligus mengasah "sense of business"-nya.
Untuk memperoleh gelar MM, sebagai karya tulis akhir peserta diwajibkan menyusun Rencana Bisnis (Business Plan) yang harus dipertahankan di depan sidang Dewan Penguji Ujian Komprehensif MM Reguler Prasetiya Mulya.

Status
Berdasarkan SK Mendikbud Nomor. 38/D/O/1993, Program Magister Manajemen Prasetiya Mulya telah mendapat akreditasi dengan peringkat A sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2005 Tanggal 13 September 2005

Program Sarjana (S-1) STIE Prasetiya Mulya memiliki 4 jurusan, antara lain:
1.     Jurusan Business
2.     Jurusan Marketing
3.     Jurusan Finance
4.     Jurusan Accounting

Program Non-Gelar Prasetiya Mulya bernama Executive Learning Institute (ELI) menawarkan pelatihan manajemen untuk profesional dan perusahaan dengan program, sbb:
1.     Program Ceriticate of Business Management
2.     Program International Purchasing & Supply Chain Management (IPSCM)
3.     Program Pengembangan Eksekutif (PPE)
4.     Program In House Training (Partnership Program)

Kampus Cilandak
Kampus seluas 1,5 hektar ini merupakan pusat kegiatan STIE Prasetiya Mulya. Saat ini, dikhususkan untuk menyelenggarakan Program Magister Manajemen dan Program Non-Gelar.
Alamat : Jl. RA Kartini (TB Simatupang)), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430
Telp : 021 751 1126 Fax  : 021 751 1125

Kampus BSD
Kampus STIE Prasetiya Mulya seluas 5 ha di kawasan BSD diresmikan oleh Wapres Boediono pada tanggal 27 Mei 2011. Kampus ini ditujukan untuk menggelar Program S-1. Ciri khas bangunan kampus ini adalah bangunan berbentuk oval yang mencolok berikut pemberian nama-nama gedung menggunakan nama beberapa pendiri Yayasan Prasetiya Mulya, seperti Liem Sioe Liong William Soerjadjaja, Eka Tjipta Widjaja, Sofjan Wanandi.
Alamat : Edutown BSD City, Kaveling Edu I No. 1 Jl. BSD Raya Barat I, BSD City, Tangerang 15339
Telp : 021 304 50 500 Fax  : 021 304 50 505


Kunjungan III : Kick Andy

Kick Andy adalah sebuah program talkshow oleh Andy F. Noya di Metro TV. Kick Andy mengudara setiap hari Jumat pukul 20:05 WIB dan tayangan ulangnya pada hari Minggu pada pukul 13:30 WIB.
Cara pembicaraan di program ini mirip dengan cara di acara Oprah oleh Oprah Winfrey Kick Andy mulai mengudara pada tanggal 1 Maret 2006 hingga sekarang. Acara ini menghadirkan kisah kehidupan nyata yang informatif, edukatif dan menginspirasi. Tamu yang dihadirkan tidak dibatasi oleh profesi sehingga banyak cerita seru seputar kehidupan masyarakat seluruh Indonesia. Dalam pembawaannya host Kick Andy mempunyai karakter dan gaya bahasa yang unik. Dalam setiap poin pertanyaan yang bersifat langsung namun tidak sarkastik malah mengundang tawa, dan para narasumber merasa nyaman ketika menjawab pertanyaan, seperti pendahulunya yaitu Oprah, Kick Andy selalu membagi-bagikan buku gratis karangan orang ternama dan best seller.
Kick Andy Hope merupakan sebuah acara televisi yang sangat berkualitas dan sangat mendidik. Acara ini merupakan bagian dari Kick Andy dan ditayangkan setiap Jum'at ke-3 pukul 21.30 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu ke-4 pukul 14.05 WIB. Acara ini banyak memberi dedikasi dan juga informasi tentang banyak hal yang terpenting dan memberikan motivasi bagi masyarakatIndonesia untuk tetap semangat menghadapi keadaan walau sesulit apapun. :)
Untuk ingin menonton acara Kick Andy, cukup isi formulir secara online di: http://www.kickandy.com/daftarnonton/. Nanti tim Kick Andy akan menghubungi 1 minggu sebelum shooting recording.



Kunjungan IV : PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP) adalah salah satu produsen semen di Indonesia. Indocement merupakan produsen terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 1985 yang merupakan hasil penggabungan enam perusahaan yang menghasilkan sebuah perusahaan semen dengan delapan pabrik sejak 1975. Produksi semen Indocement dapat mencapai total sekitar 16,5 juta ton per tahun. Indocement memiliki 12 buah pabrik, sembilan diantaranya berada di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua berada di Cirebon,Jawa Barat dan satu di Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Produk utama Indocement adalah semen tipe Ordinary Portland Cement disingkat OPC dan Pozzolan Portland Cement disingkat PPC yang kemudian digantikan oleh Portland Composite Cement disingkat PCC sejak 2005. Indocement juga memproduksi semen jenis lain misalnya Portland Cement Type II dan Type V serta Oil Well Cement. Indocement juga merupakan satu-satunya produsen semen jenis Semen Putih (White Cement) di Indonesia.
Tahun 2001, HeidelbergCement Group, yang berbasis di Jerman dan merupakan produsen utama di dunia dengan pabrik di lebih dari 50 negara mengambil alih kepemilikan mayoritas saham di Indocement. Sejak itu perusahaan difokuskan untuk mengembalikan ketahanan finansial yang hilang sejak krisis Asia. Saham Indocement didaftarkan di bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya. Indocement memiliki lebih dari 6.000 karyawan.
Per Juli 2008, mayoritas kepemilikan saham Indocement dipegang oleh HeidelbergCement AG (Jerman) sebesar 65,14%, PT. Mekar Perkasa sebesar 13,03% dan publik sebesar 21,83%. Semen yang dipasarkan adalah semen dengan merek "Tiga Roda".


























BAB III
PEMBAHASAN

Kuliah Kerja Lapangan atau yang disingkat KKL adalah program atau kegiatan yang diadakan oleh Universitas Diponegoro. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis sendiri juga mengadakan kegiatan KKL setiap tahunnya. Setiap jurusan mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan KKL tersebut. Ini merupakan syarat wajib bagi mahasiswa untuk mengambil skripsi karena jika tidak mengikuti kegiatan KKL ini, bisa dipastikan tidak akan bisa mendaftar atau pun mengambil skripsi di semester berikutnya.
Kegiatan KKL pada jurusan Manajemen angkatan 2011 FEB Undip dijadwalkan bergulir pada tanggal 25 februari-1Maret 2014. Panitia pelaksana kegiatan KKL adalah mahasiswa jurusan Manajemen angkatan 2011 sendiri, yang diketuai oleh Puji Irawan. Rute yang diambil adalah Jakarta, Bogor, dan Bandung yang ditempuh selama 5 hari 4 malam. Adapun rencana kunjungan I adalah ke BEI, lalu kunjungan II adalah ke Universitas Prasetya Mulya, kunjungan III ke acara tapping Kick Andy, kunjungan IV ke PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dan kunjungan terakhir ke Trans Studio Bandung.
Hari Selasa pagi tepatnya pukul 7 pagi, kami rombongan Jurusan Manajemen angkatan 2011 berkumpul untuk memulai keberangkatan di Gedung Serba Guna (GSG). Sebelum keberangkatan, Pak Suharnomo selaku ketua Jurusan Manajemen memberikan arahan singkat kepada para mahasiswa. Setelah pemberian arahan selesai, rombongan langsung menaiki bus-bus yang telah terparkir disepanjang pinggir jalan gedung GSG. Informasi saja, kami menggunakan 5 bus yaitu bus Senja Furnindo, dimana para mahasiswa sebelumnya telah ditempatkan dan didata tempat duduknya pada bus tersebut oleh Panitia KKL. Tepat pukul 8 pagi, rombongan berangkat dari Semarang dengan tujuan ke Jakarta.
Rute yang kami lewati rencananya melewati jalanan pantura. Sekitar pukul 1 siang, kami istirahat sebentar di Kota Cirebon tepatnya di lokal resto untuk melakukan Ishoma. Ada kegiatan menarik sewaktu kami melahap makan siang. Ada teman kami meminta khusus pada pelayan pada resto tersebut untuk memainkan alunan musik bertema “Ulang Tahun”. Benar saja, ternyata ada seorang teman kami yang berulang tahun pada hari tersebut. Ia disambut meriah oleh teman-teman dan mendapat perlakuan khusus pada moment tersebut. Ishoma yang dijadwalkan hanya satu jam, cukup membuat kami dapat menikmati nikmatnya masakan kota Cirebon. Setelah Ishoma, kami melanjutkan perjalanan. Menurut informasi pada saat waktu tersebut, jalanan sepanjang pantura macet total dan rombongan kami pun akhirnya menghindari jalanan pantura tersebut agar terhindar dari kemacetan.
Sekitar pukul 8 malam rombongan kami tiba di Cikampek. Hawa yang cukup dingin langsung menusuk kulit kami. Berbeda sekali kondisi cuaca yang ada di kota Semarang yang lumayan panas. Di peristirahatan ini kami juga istirahat sebentar untuk kegiatan makan malam. Tidak ada kegiatan istimewa disini menurut aliran pendapat kami. Hal ini didukung pada kondisi para mahasiswa yang sudah kecapekan menempuh perjalanan selama dua belas jam di dalam bus. Banyak mahasiswa mengeluh ingin cepat-cepat sampai ke hotel dan tidur. Tepat pukul 9 malam kami langsung melanjutkan perjalanan untuk melakukan check in ke hotel Bunga Bunga yang berada di Jakarta. Sekitar jam setengah 11 malam, rombongan kami tiba di hotel Bunga Bunga dan langsung melakukan check in.
Hari Rabu tepatnya jam 8 pagi kami rombongan Jurusan Manajemen Undip angkatan 2011 melakukan check out dari Hotel Bunga Bunga. Kunjungan pertama adalah mengunjungi PT Bursa Efek Indonesia. Sebenarnya pada kunjungan pertama ini ada dua destinasi, yaitu BEI dan BPK. Pada kunjungan ini, para mahasiswa dipecah menjadi dua rombongan, rombongan Bus 1, 2, dan 5 mengunjungi BEI dan rombongan Bus 3 dan 4 mengunjungi BPK. Kelompok kami berada pada bus 1 karena itu kunjungan pertama kami adalah ke BEI. Gedung perkantoran BEI berdiri megah di Kawasan Niaga Sudirman. Rombongan kami disambut hangat layaknya saudara jauh yang sedang bertamu kerumah mereka.
Presenter pada BEI mencoba untuk menjelaskan secara sederhana point-point penting yang perlu diketahui oleh kami. Kami mahasiswa Manajemen mencoba untuk memahami berbagai penjelasan yang dijelaskan oleh presenter. Penjelasan awal, presenter mencoba mempresentasikan profil BEI melalui sebuah video rangkuman. Hasil sederhana yang kami tangkap dari penejelasan tersebut adalah Bursa Efek Indonesia atau (disingkat BEI, atau  Indonesia Stock Exchange (IDX)) merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES). Demi efektivitas operasional dan transaksi, Pemerintah memutuskan untuk menggabung Bursa Efek Jakarta sebagai pasar saham dengan Bursa Efek Surabaya sebagai pasar obligasi dan derivatif. Bursa hasil penggabungan ini mulai beroperasi pada 1 Desember 2007.
Kegiatan presentasi didalam ruangan tersebut cukup hangat suasananya, selain memberikan informasi mengenai pasar modal, presenter juga mencoba mencairkan suasana melalui komunikasi dengan mahasiswa. Kami diberikan sedikit bocoran mengenai perekrutan karyawan di PT BEI. Bagi yang berminat bergabung bersama BEI, mahasiswa bisa mencoba seleksi perekrutan karyawan dengan mengikuti berbagai ujian masuk yang diujikan. Kata sipresenter ujiannya masuknya sama saja ada ujian tertulis dan wawancara tetapi ditambah dengan ujian TOEIC. PT BEI sendiri ternyata adalah institusi murni swasta. Mahasiswa sudah salah mengira yang selama ini bahwa BEI dikelola oleh pemerintah. Pada sesi diskusi tanya jawab, ada pertanyaan menarik dari mahasiswa yang menanyakan seputar perolehan pendapatan PT BEI berasal atau bersumber darimana. Menarik sekali, karena PT BEI suatu institusi yang bergerak dibidang pelayanan jasa, maka sumber pendapatan dihasilkan dari pelayanan jasa yang diberikan kepada investor maupun emiten. Emiten mencari dana dengan menawarkan Efek yang berupa surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek. Emiten jika ingin menawarkan berbagai efek tersebut, maka emiten harus listing terlebih dahulu di bursa efek. Emiten yang listing telah resmi menjadi bagian dari kegiatan pasar modal dan dapat menawarkan berbagai efek kepada investor untuk mencari dana. Setiap kegiatan transaksi yang dilakukan akan terkena fee atau biaya. Fee atau biaya pada setiap transaksi inilah yang menjadi sumber pendapatan utama bagi BEI.
Setelah selesai mempresentasikan berbagai informasi mengenai BEI, presenter kemudian mengajak para mahasiswa untuk berkeliling kesekitar ruangan didalam gedung BEI. Informasi saja, rombongan kami hanya diberi jatah waktu 2 jam berkunjung dan perkenalan presentasi memakan waktu kurang lebih satu setengah jam. Saat berkeliling, kami diperkenankan mengambil foto angkatan didepan layar monitor pemantau pergerakan saham bersama dengan presenter serta dosen pendamping. Selanjutnya kami diajak untuk berkunjung melihat galeri museum mini yang dimiliki oleh BEI. Museum ini memiliki berbagai benda yang bisa digolongkan sebagai benda-benda sejarah yang menceritakan kilas balik PT BEI. Presenter disini juga mencoba menjelaskan simulasi terjadinya transaksi perdagangan saham. Simulasi dijelaskan menggunakan mesin simulasi yang tersedia di galeri museum BEI. Mahasiswa sangat antusias melihat dan mendengarkan informasi bagaimana perdagangan transakasi saham bisa terjadi.
Sekitar jam 11 siang, rombongan kami keluar dari PT BEI dan melanjutkan kunjungan ke Universitas Prasetiya Mulya. Tujuan kami melakukan kunjungan adalah untuk melakukan studi banding dengan Universitas Prasetiya Mulya. Perjalanan membutuhkan 2 jam dan tiba sekitar jam 1 siang. Rombongan kami disambut hangat oleh pihak Universitas Prasetiya Mulya. Studi banding dilakukan didalam sebuah ruangan tepatnya di gedung lantai 3. Pihak Universitas Prasetiya Mulya membuka agenda acara dan dilanjutkan dengan mempresentasikan profile serta informasi seputar kegiatan akademis Universitas Prasetiya Mulya. Studi banding ini sangat bermanfaat bagi kami Jurusan Manajemen angkatan 2011 serta bagi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Universitas Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang menawarkan program pendidikan gelar dan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan komunitas bisnis dan kompetensi pelaku bisnis di Indonesia. Prasetiya Mulya Business School menjadi brand STIE Prasetiya Mulya. Seringkali dikenal publik dengan nama Prasmul maupun PMBS. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya atau lebih dikenal dengan Prasetiya Mulya Business School didirikan oleh 70  pengusaha nasional di bawah Yayasan Prasetiya Mulya pada tanggal 6 September 1982, dengan ketua yayasan saat ini Prof. Dr. Djisman S. Simanjuntak. Nama Prasetiya Mulya sendiri terinspirasi oleh bahasa Sansekerta yang berarti "janji mulia".
Awalnya bernama Management Development Centre, lalu berganti nama menjadi Institut Manajemen Prasetiya Mulya (IMPM). Pada 1993 nama IMPM berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya (STMPM). Bersamaan dengan itu program dengan gelar Master of Business Administration (MBA) diganti menjadi Magister Manajemen (MM).
Status Sekolah Tinggi Manajamen resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi pada tanggal 27 Mei 2011 bertepatan dengan peresmian Kampus Prasetiya Mulya di BSD oleh Wapres Boediono. Saat ini STIE Prasetiya Mulya menyelenggarakan program gelar S1, S2 Magister Manajemen, dan program non-gelar di bidang pelatihan manajemen dan bisnis sesuai kebutuhan perusahaan.
Diakhir sesi presentasi, ada sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab ini ditanggapi sangat antusias oleh kami. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rekan-rekan yang mengajukan pertanyaan kepada pihak Universitas Prasetiya Mulya. Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan, ada pertanyaan yang menurut kami cukup menarik. Pertanyaan tersebut seputar mengenai prodi jurusan yang ada di Universitas Prasetiya Mulya, yaitu prodi Bisnis. Rekan kami mencoba menanyakan apa aktivitas akademik yang dilakukan dan apa tujuan dari Universitas Prasetiya Mulya membuka prodi jurusan bisnis tersebut. Pihak dari Universitas Prasetiya Mulya menanggapi pertanyaan tersebut dengan antusias. Mereka mencoba membuka prodi jurusan bisnis karena ingin mewujudkan program sejuta wirausaha. Melalui gagasan sejuta wirausaha ini diharapkan para entrepeneur dapat membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran. Kegiatan akademik sendiri lebih menekankan pada pembelajaran teori dan praktek langsung ke lapangan. Pada semester 1 dan 2 kebanyakan masih berkutat dengan teori dikelas dan semester-semester selanjutnya barulah mempraktekkan bisnis dengan ilmu yang telah dipelajari. Proposal bisnis dibuat berkelompok dan sistemnya dilombakan. Kelompok yang lulus proposalnya akan mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran proposal bisnis. Proposal yang tidak lulus, maka anggota kelompok dari proposal tersebut diharuskan membubarkan diri dan ikut bergabung dengan kelompok yang proposalnya lulus. Universitas Prasetiya Mulya menganggap dengan sistem kompetisi akademis sekarang ini akan menimbulkan gairah persaingan sehat antar mahasiswa mereka.
Selesai kunjungan dari Universitas Prasetiya Mulya, rombongan kami melanjutkan kunjungan ke gedung Metro TV. Rombongan kami tiba di gedung Metro TV sekitar jam 5 sore. Tujuan kami kemari adalah untuk mengikuti tapping salah satu acara di stasiun Metro TV, yaitu acara Kick Andy. Kick Andy adalah sebuah program talkshow oleh Andy F. Noya di Metro TV. Kick Andy mengudara setiap hari Jumat pukul 20:05 WIB dan tayangan ulangnya pada hari Minggu pada pukul 13:30 WIB. Cara pembicaraan di program ini mirip dengan cara di acara Oprah yang dibawakan oleh Oprah Winfrey. Kick Andy mulai mengudara pada tanggal 1 Maret 2006 hingga sekarang. Acara ini menghadirkan kisah kehidupan nyata yang informatif, edukatif dan menginspirasi. Tamu yang dihadirkan tidak dibatasi oleh profesi sehingga banyak cerita seru seputar kehidupan masyarakat seluruh Indonesia. Dalam pembawaannya, host Kick Andy mempunyai karakter dan gaya bahasa yang unik. Dalam setiap poin pertanyaan yang bersifat langsung namun tidak sarkastik malah mengundang tawa, dan para narasumber merasa nyaman ketika menjawab pertanyaan, seperti pendahulunya yaitu Oprah, Kick Andy selalu membagi-bagikan buku gratis karangan orang ternama dan best seller.

Tapping sebenarnya mulai dilakukan pada jam 7 malam. Kami sengaja datang lebih awal untuk mengantisipasi bila terjadi kemacetan ditengah perjalanan. Ini merupakan pengalaman pertama kami melakukan tapping di stasiun televisi. Tema yang dibawakan sangat menarik, yaitu membahas tentang ilmu metafisika yang dipadu dengan ilmu statistik. Bintang tamu yang diundang banyak menarik perhatian kami. Mereka adalah Indra Sjafri, Butet Kertaradjasa, Slamet Rahardjo, dan Eros Jarot. Dari banyaknya bintang tamu yang diundang, satu tamu undangan yang benar-benar mengangkat tema acara tapping pada malam itu adalah kehadiran Pak Arkan. Pak Arkan mencoba menceritakan kisah hidupnya dari pertanyaan yang dilontarkan oleh pembawa acara Kick Andy yaitu Andy Noya. Kisah hidup yang diceritakan itu uniknya ada sangkut paut hubungan dengan bintang tamu yang diundang pada malam itu. Banyak sebenarnya materi yang dibahas pada acara tersebut, seperti meramal masa depan seseorang, perusahaan, politik, dan kelangsungan Negara. Uniknya Pak Arkan mampu meramal hal-hal tersebut hanya dengan melalui nama dan tanggal lahir. Nama dan tanggal lahir diinput ke dalam computer lalu di olah oleh software yang telah dikembangkan oleh Pak Arkan. Hasilnya akan berupa angka-angka dan dengan angka-angka tersebut, Pak Arkan menjelaskan kepada semua penonton ramalan yang ia peroleh dari angka-angka itu. Biasanya bila nasib yang diramal akan mengalami nasib yang buruk, Pak Arkan mencoba memberikan sebuah solusi yakni dengan mengganti nama. Diyakini bila mengganti nama ke nama yang lebih tepat, sebuah nama dapat mengubah nasib seseorang kearah yang lebih baik.
Tapping dilakukan sampai 6 sesi, setiap sesi nantinya akan ada break atau istirahat sekitar 2 menit saja. Tapping berakhir sekitar jam 10 malam dan seperti biasa diakhir acara Andy Noya membagikan buku gratis kepada semua penonton yang hadir di acara tapping Kick Andy tersebut. Selesai melakukan acara tapping Kick Andy, rombongan kami langsung menuju ke hotel peristirahatan yang berada di Bogor yakni Hotel Parama.
Keesokan paginya, tepatnya hari Kamis, rombongan kami memiliki jadwal kunjungan ke PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Ada dua kunjungan yang harus kami lakukan, namun karena waktunya bersamaan yaitu pada jam 11 siang, akhirnya kunjungan rombongan dipecah menjadi 2 rombongan. Kami bus 1 dan bus 2 kebetulan mendapat kunjungan ke PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Kami bersama-sama melakukan check out dari Hotel Parama sekitar jam 8 pagi dan langsung menuju ke destinasi kunjungan. Tepat jam 11 siang, rombongan tiba di pabrik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Mereka menjemput kami tepat di depan pabrik dengan mengunakan bus pribadi milik pabrik. Sekedar informasi, karena ini merupakan pabrik semen yang memiliki banyak debu-debu berhamburan dari limbah pabrik maka pihak Indocement mengantisipasi yang langsung membawa kami ke aula pertemuan mereka. Agenda acara pada kunjungan tersebut diawali presentasi profil perusahaan Indocement, dilanjutkan sesi tanya jawab dan diakhiri keliling mengamati pabrik dengan menggunakan bus perusahaan.
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP) adalah salah satu produsen semen di Indonesia. Indocement merupakan produsen terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 1985 yang merupakan hasil penggabungan enam perusahaan yang menghasilkan sebuah perusahaan semen dengan delapan pabrik sejak 1975. Produksi semen Indocement dapat mencapai total sekitar 16,5 juta ton per tahun. Indocement memiliki 12 buah pabrik, sembilan diantaranya berada di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua berada di Cirebon, Jawa Barat dan satu di Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Produk utama Indocement adalah semen tipe Ordinary Portland Cement disingkat OPC dan Pozzolan Portland Cement disingkat PPC yang kemudian digantikan oleh Portland Composite Cement disingkat PCC sejak 2005. Indocement juga memproduksi semen jenis lain misalnya Portland Cement Type II dan Type V serta Oil Well Cement. Indocement juga merupakan satu-satunya produsen semen jenis Semen Putih (White Cement) di Indonesia.
Tahun 2001, HeidelbergCement Group, yang berbasis di Jerman dan merupakan produsen utama di dunia dengan pabrik di lebih dari 50 negara mengambil alih kepemilikan mayoritas saham di Indocement. Sejak itu perusahaan difokuskan untuk mengembalikan ketahanan finansial yang hilang sejak krisis Asia. Saham Indocement didaftarkan di bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya. Indocement memiliki lebih dari 6.000 karyawan.
Per Juli 2008, mayoritas kepemilikan saham Indocement dipegang oleh HeidelbergCement AG (Jerman) sebesar 65,14%, PT. Mekar Perkasa sebesar 13,03% dan publik sebesar 21,83%. Semen yang dipasarkan adalah semen dengan merek "Tiga Roda".
Seusai melakukan presentasi profile perusahaan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, para mahasiswa terlihat antusias dengan memberikan berbagai pertanyaan kepada pihak perusahaan. Pertanyaan terakhir yang dilontarkan oleh rekan kami sempat tidak bisa dijawab oleh pihak Indocement. Pertanyaan tersebut adalah “PT Indocement sendiri saat melakukan transaksi perdagangan menggunakan transaksi yang bagaimana”. Menurut pembicara, pertanyaan tersebut bukan merupakan ranah yang bisa dijawab olehnya, maka pembicara mengambil solusi dengan akan menjawab pertanyaan tersebut dilain waktu dengan mengirim jawaban melalui via email. Usai pemaparan dan sesi tanya jawab, rombongan kami diajak berkeliling sekitar pabrik menggunakan bus dari PT Indocement.
Kunjungan selesai sekitar jam 12 siang dan usai kunjungan tersebut rombongan kami memiliki waktu luang untuk berkunjung ke wisata belanja di kota Bandung. Rombongan kami tiba di tempat wisata belanja sekitar jam setengah 5 sore. Waktu yang diberikan untuk berjalan-jalan menikmati hanya sampai jam 7 malam. Tempat wisata belanja yang kami kunjungi adalah Ciyampelas. Ciyampelas merupakan pusat wisata belanja yang menawarkan berbagai produk lokal. Produk lokal tersebut seperti pakaian, sepatu, sandal, serta barang lain yang merupakan ciri khas kota Bandung. Usai berkeliling dan menikmati suasana wisata belanja Ciyampelas, rombongan kami langsung menuju ke hotel Ibis untuk melakukan check in. Hotel Ibis bertempat didepan persis Trans Studio Bandung, hal ini memudahkan kami karena esoknya pada hari Jumat kami akan melakukan kunjungan ke Trans Studio Bandung.
Keesokan paginya, hari Jumat sekitar jam setengah 10 pagi, kami melakukan check out dari Hotel Ibis. Tak lupa pada hari terakhir melakukan kegiatan KKL ini, kami menyempatkan berfoto bersama untuk dokumentasi jurusan Manajemen angkatan 2011. Kegiatan berlanjut melakukan kunjungan resmi ke Trans Studio Bandung. Mereka menyambut kami dengan baik dan penuh senyum ramah tamah. Agenda kunjungan resmi ini hanya berlangsung singkat yang isinya dimana mempresentasikan profile Trans Studio Bandung kepada rombongan kami.
Trans Studio Bandung adalah Indoor Theme Park terbesar ke dua di Indonesia setelah Makassar. Trans Studio Bandung lebih spektakuler dan lebih dahsyat dari Trans Studio yang ada di Makassar sehingga menjadikan Trans Studio Bandung tidak hanya terbesar di Indonesia tapi juga terbesar di dunia. Trans Studio Bandung menyajikan 20 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 3 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera serta menjadi orang-orang di belakang layar dari tayangan-tayangan favorit TRANS TV dan TRANS 7, seperti Dunia Lain, Jelajah, Si Bolang, dan masih banyak wahana menarik lainnya.
Tepat jam setengah 12, kunjungan resmi berakhir. Pihak Trans Studio mengajak kami untuk melakukan ibadah sholat Jumat berjamaah di basement parkir Trans Studio Mal. Seusai melakukan ibadah sholat Jumat, barulah waktunya bebas melakukan kunjungan menikmati berbagai wahana di Trans Studio Bandung. Waktu yang diberikan untuk menikmati berbagai wahana yang ada hanya sampai jam setengah 7 malam. Banyak Wahana menarik yang dihadirkan seperti Lost City, Studio Central, Magic Corner, Dunia Lain, Jelajah, Si Bolang, Roller Coaster, Giant Swing, Pirate, Rumah Sains, Bom Bom Car dan masih banyak wahana menarik lainnya. Sampai puas kami menikmati berbagai wahana yang disajikan. Kunjungan terakhir ini memang sengaja disediakan panitia untuk melepas kepenatan usai melakukan berbagai kunjungan sebelumnya.
Tepat jam setengah 7 malam, kami berkumpul kembali dan langsung menuju bus masing-masing untuk melakukan perjalanan pulang ke Kota Semarang. Rencananya ditengah perjalanan pulang, rombongan kami akan singgah ditempat pusat penjualan oleh-oleh untuk mempersilahkan teman-teman yang ingin membawakan oleh-oleh pada keluarga atau teman mereka yang menunggu kepulangan mereka. Alhamdulillah, keesokan harinya, hari Sabtu rombongan kami bus 1 sampai di Kota Semarang pada sekitar jam setengah 9 pagi. Akhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia, rekan-rekan dan dosen pendamping atas terlaksananya dan kelancaran kegiatan KKL jurusan Manajemen angkatan 2011.


















BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
            Kegiatan KKL Fakultas Ekonomika Dan Bisnis jurusan Manajemen angkatan 2011 memiliki runtutan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa kedepannya. Setiap kegiatan memiliki poin penting tersendiri didalam mewakili penjurusan masing-masing mahasiswa. Konsentrasi keuangan, pemasaran, SDM, operasi, semuanya telah terwakili dalam setiap kegiatan kunjungan jurusan.


Saran
            Untuk kegiatan KKL selanjutnya, sebaiknya KKL dilaksanakan dengan penuh gairah untuk mencari informasi dan pengetahuan yang mungkin nantinya bisa menjadi tambahan sebuah ide untuk dikembangkan sendiri oleh mahasiswa.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran