Langsung ke konten utama

Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat


PENGERTIAN

Penilaian Tingkat Kesehatan Bank merupakan pendekatan kualitatif dari berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi dan perkembangan suatu bank dengan menilai beberapa faktor yang meliputi permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas (CAMEL).

  
   TUJUAN PENILAIAN

Tolok ukur bagi manajemen untuk mengetahui apakah pengelolaan bank dilakukan sejalan     dengan azas-azas perbankan yang sehat, prinsip kehati-hatian dan sesuai dengan ketentuan yang belaku. Tolok ukur untuk menetapkan arah pembinaan dan pengembangan bank baik secara individual maupun perbankan nasional secara keseluruhan. 

   
   PENILAIAN TKS

Penilaian dilakukan dengan mengkuantifikasi aspek CAMEL dan faktor penilaian terhadap pelaksanaan ketentuan yang sanksinya dikaitkan dengan tingkat kesehatan. Penilaian menggunakan sistem kredit dengan nilai 0 s/d 100.

Tingkat kesehatan digolongkan dalam 4 kategori
  • 81      s/d     100        Sehat
  • 66      s/d     <81    Cukup Sehat
  • 51      s/d     <66    Kurang Sehat
  • 0        s/d     <51    Tidak Sehat 
UNSUR-UNSUR PENILAIAN
1. PERMODALAN
    Rasio Kecukupan Modal Minimum atau Capital Adequacy Ratio (CAR)
2. KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF
    Rasio Kualitas Aktiva Prduktif (KAP)
    Rasio Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP)
3. MANAJEMEN
    Manajemen Umum
    Manajemen Risiko
4. RENTABILITAS
    Rasio Return On Assets (ROA)
    Rasio Beban Operasional thd Pendapatan Operasional (BOPO)
5. LIKUIDITAS 
    Cash Ratio (CR)
    Loan to Deposit Ratio (LDR)

     
PERMODALAN
CAR (Capital Adequacy Ratio) atau Kewajiban Pemenuhan Modal Minimum (KPMM) merupakan indikator terhadap    kemampuan bank dalam rangka pengembangan usaha dan menanggulangi risiko kerugian.

Penyediaan modal didasarkan pada Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR).

             Rasio CAR   = Modal / ATMR  x 100 %

CAR = 8%, predikat Sehat,   Nilai Kredit (NK) = 81
Setiap kenaikan 0,1%   NK +1, max 100

Rasio dibawah 8% atau 7,9%, Kurang Sehat, NK=65
Setiap penurunan 0,1% dari 7,9%   NK -1, min 0

Hasil Penilaian:
  >= 8%             Sehat
  6.5% s/d <8%  Kurang Sehat
  <6.5%             Tidak Sehat
 
KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF
Penilaian Kualitas Aktiva Produktif menggunakan Rasio Kualitas Aktiva Produktif dan
Rasio PPAP.

RASIO KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF:
Menunjukkan kualitas penanaman aktiva produktif.

Aktiva produktif diklasifikasikan (APD):
·                     50%   x Baki Debet Aktiva Produktif tergolong Kurang Lancar
·                     75%   x Baki Debet Aktiva Produktif tergolong Diragukan     
·                     100% x Baki Debet Aktiva Produktif tergolong Macet

Unsur Aktiva Produktif (AP) dari:
·                     Kredit yg diberikan
·                     Penempatan pada bank lain (kecuali giro)
                         
Rasio KAP =  APD / AP x 100%
                 
Penilaian Rasio KAP:
  Rasio KAP >=22,5%   NK=0
  Setiap penurunan 0,15%   NK +1, max 100

Hasil Penilaian:
  0,00%  s/d   <= 10.35%  Sehat
  >10,35%   s/d   <= 12,60%  Cukup Sehat
  >12,60%  s/d  <= 14,85%  Kurang Sehat
  >14,85%  Tidak Sehat


RASIO PPAP:
Rasio PPAP merupakan perbandingan antara PPAP yg telah dibentuk dengan PPAP yg wajib 
dibentuk.

Penilaian Rasio PPAP:
  Rasio PPAP = 0  NK = 0
  Setiap kenaikan 1%  NK +1, max 100

Hasil Penilaian:
  >=81,0%  Sehat
  >=66,0%  s/d  <81,0%  Cukup Sehat
  >=51,0%  s/d  <66,0%  Kurang Sehat
  <  51,0%  Tidak Sehat
 

          MANAJEMEN

        Menilai kualitas manajemen bank.
        Penilaian faktor manajemen meliputi manajemen umum dan manajemen risiko, yang terdiri dari 25 aspek , yaitu:
        10 aspek manajemen umum dan
        15 aspek manajemen risiko.
        Skala penilaian 0,1,2,3,4 dimana 0 adalah kondisi lemah dan 4 adalah kondisi baik.


 Manajemen Umum:

Strategi/Sasaran: 
  1. Rencana kerja tahunan bank digunakan sbg acuan kegiatan usaha bank selama 1 tahun.
 Struktur:
  1. Bagan organisasi yang ada telah mencerminkan seluruh kegiatan bank dan tidak terdapat jabatan kosong atau perangkapan jabatan yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan tugas.
  2. Bank memiliki batasan tugas dan wewenang yg jelas untuk masing-masing karyawannya yg tercermin pada kegiatan operasionalnya.

         Sistem: 
    1. Kegiatan operasional dari pemberian kredit telah dilaksanakan sesuaidengan sistem dan prosedur yang tertulis.
    2. Pencatatan setiap transaksi dilakukan secara akurat dan laporan keuangan disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan yg berlaku.
    3. Bank mempunyai sistem pengamanan yg baik terhadap semua dokumen penting.
    4. Pimpinan senantiasa melakukan pengawasan  terhadap perkembangan dan pelaksanaan kegiatan.


      Kepemimpinan:
      1. Pengambilan keputusan-keputusan yang bersifat operasional dilakukan oleh Direksi secara independen.
      2. Pimpinan bank komit untuk menangani permasalahan bank yang dihadapi serta senantiasa melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.
      3. Direksi dan karyawan memiliki tertib kerja yang meliputi disiplin kerja serta komitmen dan didukung sarana kerja yang memadai dalam melaksanakan pekerjaan.
              Manajemen Risiko:
        Risiko Likuiditas:
        1. Bank melakukan pemantauan dan pencatatan tagihan dan kewajiban yang jatuh tempo untuk mencegah kemungkinan timbulnya kesulitan likuiditas.
        2. Bank senantiasa memelihara likuiditas dengan baik.
           
          Risiko Kredit:
          1. Dalam memberikan kredit bank melakukan analisis terhadap kemampuan debitur   membayar  kembali kewajibannya.
          2. Setelah kredit diberikan bank melakukan pemantauan terhadap penggunaan kredit, serta kemampuan dan kepatuhan debitur dalam memenuhi kewajibannya.
          3. Bank melakukan peninjauan, penilaian dan pengikatan terhadap agunan.

            Risiko Operasional:
            1. Bank menerapkan kebijaksanaan pembentukan penyisihan penghapusan piutang berdasarkan prinsip kehati-hatian.
            2. Bank tidak menetapkan persyaratan yang lebih ringan kepada pemilik/pengurus bank untuk memperoleh fasilitas dari bank.
            3. Pimpinan senantiasa melakukan tindak lanjut secara efektif terhadap temuan hasil pemeriksaan oleh Bank Indonesia.

              Risiko Hukum:
              1. Perjanjian kredit telah sesuai ketentuan yang berlaku.
              2. Bank telah memastikan bahwa agunan yang diterima telah memenuhi persyaratan ketentuan yang berlaku.
              3. Bank menatausahakan secara baik dan aman blangko bilyet deposito dan buku tabungan yang belum digunakan (kosong) dan blangko bilyet deposito yang telah dicairkan dananya serta buku tabungan yang dikembalikan ke bank karena rekeningnya telah ditutup.
                Risiko Pemilik/Pengurus:
                1. Pemilik bank tidak mencampuri kegiatan operasional sehari-hari yang cenderung menguntungkan kepentingan sendiri, keluarga atau grupnya sehingga merugikan bank.
                2. Pemilik bank mempunyai kemampuan untuk meningkatkan permodalan bank sehingga senantiasa memenuhi ketentuan yang berlaku.
                3. Direksi bank di dalam melaksanakan kegiatan operasional tidak melakukan hal-hal yang cenderung menguntungkan diri sendiri, keluarga dan grupnya atau berpotensi akan merugikan bank.
                4. Dewan Komisaris/Pengawas melaksanakan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan tugas direksi dalam batasan dan wewenang yang jelas, yang dilakukan secara efektif.



                  RENTABILITAS

                  Mengukur tingkat profitabilitas bank dalam pengelolaan aktiva dan tingkat efisiensi operasionalnya.

                  Rentabilitas diukur dengan 2 rasio berikut:
                             
                  RASIO ROA: 
                             ROA = Laba sebelum pajak/Rata-rata Total Aset x 100%
                                       dimana rata-rata total aset dihitung selama 12 bulan terakhir.
                            
                            RASIO BOPO: 

                             BOPO = Beban Operasional / Pendapatan Operational x 100%
                                     
                  Penilaian ROA:
                    Rasio ROA = 0 atau negatif,   NK = 0
                    Setiap kenaikan 0,015%   NK +1, max 100

                  Hasil Penilaian:
                    >= 1,215%  Sehat
                    >= 0,999% s/d < 1,215%  Cukup Sehat
                    >= 9,765% s/d < 0,999%  Kurang Sehat
                    < 0,765%  Tidak Sehat 

                   
                  Penilaian BOPO:
                    Rasio BOPO = 100 atau lebih, NK = 0
                    Setiap penurunan 0,08%,   NK +1, max 100

                  Hasil Penilaian:
                    <= 93,52%  Sehat
                    >= 93,52% s/d < 94,72%%  Cukup Sehat
                    >= 94,72% s/d < 95,92%  Kurang Sehat
                    < 95,92%  Tidak Sehat 


                  LIKUILITAS

                  Aspek likuiditas diukur dengan rasio berikut:

                  CASH RATIO:

                  Untuk mengukur kemampuan bank memenuhi kewajiban yang harus segera dibayar dengan harta likuid yang dimiliki bank.

                                       
                  Cash Ratio  = Alat likuid / Hutang Lancar x 100 %
                                       
                  Alat Likuid  :  
                      1. Kas  
                      2. Giro/tabungan pada bank lain
                      3. Dikurangi Antar Bank Pasiva
                  Hutang Lancar : 
                      1. Kewajiban Segera Dapat Dibayar
                      2. Tabungan dan Deposito Masyarakat
                      3. Deposito/Pinjaman bank lain <= 3 bln

                  Penilaian Cash Ratio:
                    Rasio 0%,   NK = 0,
                    setiap kenaikan 0,05%    NK +1, max 100

                  Hasil Penilaian:
                    >= 4,05%  Sehat
                    >= 3,30%  s/d < 4,05%   Cukup Sehat
                    >= 2,55%  s/d < 3,30%   Kurang Sehat
                    < 2,55%   Tidak Sehat

                  LOAN TO DEPOSIT RATIO:

                  Untuk mengukur komposisi jumlah kredit yang diberikan dibandingkan dengan jumlah dana masyarakat dan dana sendiri yang digunakan.

                  LDR = Kredit yang diberikan / Dana yang diterima x 100%

                  Dana Diterima :  
                      1. Deposito dan Tabungan Masyarakat
                      2. Pinjaman/Deposito bank lain > 3 bln
                      3. Modal Inti
                      4. Modal Pinjaman

                  Penilaian Rasio LDR:
                  Rasio >115%,   NK = 0,
                  setiap penurunan 1%,   NK +4, max 100

                  Hasil Penilaian:
                     <= 94,75%  Sehat
                    > 94,75%  s/d <= 98,50%   Cukup Sehat
                    >98,50%  s/d <= 102,25%   Kurang Sehat
                    >102,25%   Tidak Sehat
                  PROGRAM PERHITUNGAN TKS

                  Untuk memudahkan perhitungan rasio-rasio keuangan tersebut dan sekaligus penilaian TKS, saya telah menyiapkan satu program dengan spreadsheet, sehingga para pemakai cukup menginput data neraca dan laporan laba rugi serta sedikit perincian data tentang antarbank aktiva, kredit yang diberikan berdasarkan kolektibilitas, deposito dan pinjaman yang diterima, tabel penilaian TKS akan secara otomatis dapat dihasilkan.

                  Komentar

                  Postingan populer dari blog ini

                  contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

                  Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

                  MANAJEMEN KUALITAS

                  MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

                  Menentukan Misi Perusahaan

                  MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran