Langsung ke konten utama

LAPORAN RENCANA KEGIATAN (LRK) ekonomi




 


LAPORAN RENCANA KEGIATAN
(LRK)

KULIAH KERJA NYATA TIM II TAHUN 2014

DESA                       : SENDANGREJO
KECAMATAN         : TAYU
KABUPATEN          : PATI


 








Disusun oleh :
NAMA                                         : Ariyo Murti Raharjo
NIM                                             : 12010111130173
JURUSAN / FAKULTAS        : Manajemen / FEB


PUSAT PELAYANAN KULIAH KERJA NYATA (P2KKN)
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014





I. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
Dalam merencanakan program kerja yang akan dilaksanakan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2014 diperlukan pengetahuan tentang keadaan masyarakat dan potensi setempat di Kecamatan Tayu – Kabupaten Pati. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan survey yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi, data-data serta permasalahan yang dibutuhkan untuk menyusun rencana program kegiatan KKN 2014. Informasi maupun data didapatkan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan baik kepada perangkat desa, masyarakat sekitar, maupun instansi terkait. Berikut adalah tabel hasil survey:


Tabel 01 : Rekapitulasi Identifikasi Seluruh Permasalahan Tingkat Desa
No.
Permasalahan
Lokasi
Sumber *
1.
Perlunya diadakan program kreatifitas siswa siswi sekolah khususnya pada bidang seni
Kecamatan Tayu
P / M
2.
Kurangnya kesadaran akan pentingnya melakukan pencatatan pembukuan dalam melakukan wirausaha
Kecamatan Tayu
P / M / D
3.
Perlunya tambahan ilmu pengetahuan untuk siswa siswi sekolah khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
Kecamatan Tayu
P / M / D
4.
Perlunya diadakan program cerdas cermat untuk siswa siswi sekolah dasar untuk mengasah kemampuan dalam belajar
Kecamatan Tayu
P / M
5.
Perlunya sosialisasi ilmu pengetahuan untuk warga dan pemuda pemudi khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
Kecamatan Tayu
P / M / D
*) P = Informasi dari perangkat desa, M = dari Masyarakat, D = dari Dinas terkait



II. PRIORITAS PEMILIHAN PERMASALAHAN
Berdasarkan permasalahan yang telah ditemukan di Kecamatan Tayu yang diperoleh dari berbagai sumber, maka alasan pemilihan masalah yang diprioritaskan, antara lain yaitu:

Tabel 02 : Rekapitulasi Prioritas Pemilihan Permasalahan Tingkat Desa
No.
Permasalahan
Alasaan Pemilihan program
1.
Kurangnya kesadaran akan pentingnya melakukan pencatatan pembukuan dalam melakukan wirausaha
Sistem pembukuan menjadi sarana vital dalam entrepreneurship. Dengan sistem pembukuan, entrepreneur bisa mengkalkulasi, mengkontrol serta mengatur keseluruhan transaksi keuangan yang terjadi sepanjang keberlangsungan dunia usahanya.
2.
Perlunya sosialisasi ilmu pengetahuan untuk warga dan pemuda pemudi khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
Kegiatan kewirausahaan dapat membantu perekonomian menjadi lebih baik. Masyarakat yang menekuni bidang wirausaha akan dapat menciptakan banyak peluang kerja sehingga menyerap banyak tenaga kerja. 
3.
Perlunya diadakan program kreatifitas siswa siswi sekolah khususnya pada bidang seni
Pada umumnya kreatifitas siswa siswi banyak pada bidang seni dituangkan pada mata pelajaran kesenian di sekolah. Perlombaan menciptakan sesuatu melalui seni diyakini dapat memacu potensi siswa siswi dalam pembelajaran sehari hari.
4.
Perlunya tambahan ilmu pengetahuan untuk siswa siswi sekolah khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
Saat ini dunia wirausaha sudah tidak asing bagi seluruh lapisan masyarakat, apalagi di dunia anak-anak.  Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang belia, anak-anak yang belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. 




Tabel 03. Rencana Program KKN PPM
No
Nama Program
Bahan
Volume
Sumber Dana
1.
Sosialisasi manfaat pembuatan pembukuan untuk laporan keuangan berwirausaha
Laptop, brosur, proyektor
Masyarakat
Swadaya Mahasiswa
2.
Sosialisasi pentingnya berwirausaha
10 Poster
Masyarakat
Swadaya Mahasiswa
3.
Lomba menghias tempat tabungan “Celengan”
Kardus karton, kertas hias, alat gambar, lem
Siswa siswi TK dan SD
Swadaya Mahasiswa
4.
Penyuluhan mengenai manfaat berwirausaha sejak dini
1 Laptop,1 LCD, alat-alat peraga
Siswa siswi Desa Sendangrejo
Swadaya Mahasiswa























Tabel 04 : Time Table

No
Nama Kegiatan
Minggu
1
2
3
4
5
1.
Pembuatan dan pemasangan poster sosialisasi berwirausaha





2.
Penyuluhan mengenai manfaat pembuatan pembukuan untuk laporan keuangan berwirausaha





3.
Lomba Menghias “Celengan”





4.
Penyuluhan mengenai wirausaha pada siswa dan siswi







Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran