Langsung ke konten utama

Perancanaan Bisnis di Bidang Kuliner Pizza “King Fruizz”


STUDI PERENCANAAN KELAYAKAN BISNIS
Perancanaan Bisnis di Bidang Kuliner Pizza
“King Fruizz” 




KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan proposal rencana bisnis dalam mata kuliah Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis. Bisnis yang direncanakan adalah di bidang kuliner yang mengambil inovasi produk pizza dengan menawarkan topping varian buah segar. Usaha pizza buah ini diberi nama “King Fruizz”
            Pada proposal rencana bisnis ini dijelasksan berbagai aspek yang akan mendukung berjalannya kegiatan usaha “King Fruizz”, aspek-aspek tersebut adalah aspek pemasaran, aspek teknis dan produksi, aspek sumber daya manusia, aspek hukuk, aspek ekonomi dan sosial, serta spek keuangan.
            Disusunnya rencana bisnis dengan berbagai aspek yang telah disebutkan tidak lain bertujuan untuk mempermudah perencanaan dan pelaksanaan bisnis “King Fruizz”, untuk mempermudah pengawasan dan pengendalian bisnis “King Fruizz”, dan untuk menghindari risiko kerugian.
            Terselesainya makalah ini tidak lepas dari dukungan orang tua yang telah memberikan semangat. Dan ucapan terima kasih kepada Bapak Drs. Djoko Sampurno, M.M dan Ibu Dra. Endang Tri Widyarti, M.M selaku Dosen Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis yang telah memberikan ilmu selama kami mengikuti perkuliahan.
            Kami menyadari bahwa propoasal ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami menantikan kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membaca.

Semarang,   November 2012

                                                                                     Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dunia bisnis sangat pesat dan semakin ketat, sehingga membuat usahawan harus terus berinovasi agar mampu memberikan variasi dalam hasil produksinya. Hal ini dikarenakan perilaku masyarakat yang semakin konsumtif yang mengakibatkan peluang usaha semakin terbuka lebar. Tidak menutup kemungkinan juga untuk usaha yang bergerak dibidang makanan, justru semakin banyak diminati. Selain karena makanan merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, inovasi makanan yang menarik akan mengundang pelanggan untuk sekedar mencoba atau bahkan menjadi pelanggan tetap.
            Tak kalah saing, makanan internasional yang berasal dari Napoli, Italia, mampu menyedot minat banyak pecinta kuliner diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Awalnya, para petani di Napoli membuat roti tawar dari gandum dan minyak zaitun. Kemudian di tengah-tengahnya ditaburi irisan keju mozzarella, seterusnya tomat diperkenalkan. Campuran tomat menjadikan pizza itu lebih lezat. Dengan itu, keju mozzarella dan tomato menjadi bahan utama dalam penyediaan pizza. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang yang melakukan inovasi terhadap makanan ini. Sebagian besar inovasi dilakukan pada topping atau taburan diatas adonan pizza, mulai dari keju, daging, jamur dan lain sebagainya.
            Hal tersebut yang menginspirasi untuk melakukan inovasi terhadap pizza, yaitu dengan memberi sentuhan buah pada toppingnya. Topping yang akan disajikan disesuaikan dengan keinginan pelanggan, namun kami akan tetap menyediakan beberapa sample untuk ditawarkan. Pizza dengan taburan bermacam-macam buah merupakan produk baru yang sangat inovatif dan belum banyak usahawan yang melirik produk ini sebagai suatu usaha yang prospektif. Sehingga kami bisa disebut sebagai pelopor yang menawarkan produk ini jika usaha ini dijalankan, dimana ketika nanti muncul pesaing-pesaing yang mencoba menawarkan produk yang sama, maka kami akan tetap mempunyai nilai value karena merupakan pelopor dari usaha ini. Serta untuk pemasaran awal, dari segi pesaing tentu saja tidak terlalu menyulitkan karena belum ada yang menawarkan produk ini, khususnya di Semarang.
            Disamping karena produk baru, pizza dengan taburan buah juga merupakan suatu produk yang bahan bakunya mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Misalnya saja tepung dan buah-buahan, pastinya banyak tempat yang menyediakan bahan tersebut. Gejolak yang terjadi pada bahan dasar tersebut pun juga tidak terlalu menyulitkan, berbeda halnya dengan makanan yang berbahan baku kedelai, daging atau bahan lainnya yang sering mengalami pasang surut baik dari segi ketersediaan maupun harga. Meski begitu, kami akan tetap memerhatikan kualitas bahan baku dan memilih supplier yang sesuai untuk dapat bekerja sama sehingga akan diperoleh pengurangan harga terhadap bahan baku dengan kualitas yang tetap terjaga. Maka dari itu, jika dilihat dari segi produksi usaha ini sangat menjanjikan karena bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan dan prosesnya pun tidak terlalu rumit.
            Selain itu, melihat dari segmen pasarnya produk yang ditawarkan memiliki segmen pasar yang sangat luas. Karena pizza ini dapat dinikmati oleh semua umur dan semua kalangan. Hal itu dikarenakan bahan yang digunakan aman dan tidak mengandung bahan pengawet, juga harga yang ditawarkan cukup terjangkau sehingga diharapkan mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Secara spesifik, produk yang ditawarkan juga ditujukan kepada mereka yang vegetarian karena pizza ini sangat rendah lemak dan kolesterol.
            Namun, yang lebih penting dari itu semua adalah bahwa kami mencoba menawarkan produk yang fresh, sehat dan bergizi. Karena semakin kini semakin banyak makanan yang diolah hanya untuk mengejar keuntungan belaka tanpa memerhatikan gizi dan kesehatan konsumennya. Seperti yang sudah disebutkan, dimana pizza ini rendah kolesterol dan lemak, serta banyak kandungan lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh konsumennya.
Seperti yang tertera dalam sebuah sumber, dimana secara umum, kandungan gizi pizza dipengaruhi oleh adonan roti dasarnya, yang familiar disebut crust. Hampir 90 persen dari kandungan pizza adalah adonan crust. Kandungan topping di atasnya pun bervariasi tergantung jenis pizza. Hal tersebutlah yang menyebabkan komposisi gizi pizza sangat beragam satu sama lain.
Dari 100 gram pizza akan diperoleh 255 kkal energi; 27,9 g karbohidrat; 14,3 g protein; serta 9,8 g lemak total. Komposisi lemak pada 100 gram pizza terdiri dari 3,15 g lemak jenuh; 4,42 g lemak tak jenuh tunggal; serta 1,64 g lemak tak jenuh ganda. Kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi memungkinkan pizza dapat digunakan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian kita, selain nasi dan mie. Tambahan berbagai topping di atasnya juga membuat pizza menjadi semakin bervariasi dengan kandungan gizi yang beragam. Mineral yang banyak terkandung pada pizza adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrlum, seng, tembaga dan mangan. Sementara vitamin yang cukup banyak terkandung pada pizza adalah vitamin A, C, B1, B2, B6, B12, niacin, dan asam folat.
Dan karena topping yang digunakan adalah buah tentu saja akan menambah kandungan gizinya. Misalnya saja tomat, Tomat pada pizza mengandung likopen, antioksidan yang juga ditemukan pada semangka. Menurut penelitian, tomat dapat melindungi Anda dari kanker kolon, paru-paru, dan prostat. Tomat matang mengandung likopen yang lebih banyak dan sedikit lemak (karena dalam pemasakan pizza menggunakan olive oil) sehingga menyebabkan likopen tomat yang matang lebih bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Selain itu penelitian di Italia juga  memperlihatkan bahwa orang yang mengonsumsi 1 potongan pizza (pizza asli Italia) punya risiko kanker esophagus 59% lebih rendah, kanker mulut 34% lebih rendah, dan risiko kanker kolon 25% lebih rendah.
Oleh karena itu, melihat peluang usaha yang dirasa sangat menjanjikan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya maka kami berrencana untuk mendirikan sebuah usaha makanan yaitu pizza dengan taburan buah-buahan. Usaha ini kami diberi nama “King Fruizz” sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan yaitu Fruit Pizza atau Pizza Buah. Namun, sebelum kami mendirikan usaha ini diperlukan banyak pertimbangan maka dilakukan studi perencanaan kelayakan bisnis secara mendetail mengenai usaha ini. Berikut kami laporkan hasil diskusi studi perencanaan kelayakan bisnis “King Fruizz”.
1.2 Tujuan
Ada pun tujuan dirancangnya studi perancanaan kelayakan bisnis “Fruizza Mode” sebagai berikut:
1.    Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.    Untuk mengetahui tuntutan pasar.
3.    Untuk memuaskan masyarakat akan produk baru dan inovatif.
4.    Untuk menghindari risiko kerugian.
5.    Untuk mempermudah perencanaan dan pelaksanaan bisnis.
6.    Untuk mempermudah pengawasan dan pengendalian bisnis.
7.    Untuk turut berperan dalam pembangunan ekonomi.














BAB 2
ASPEK PEMASARAN

2.1 Bentuk Pasar
       Untuk daerah pemasaran di areaTembalang, belum ada Restoran Khas yang menyediakan Pizza Buah, yang marak adalah adanya beberapa minimarket dan resto makanan rumahan. Karena restoran ini menjadi restoran pertama didirikan di daerah ini, maka bisnis ini akan dapat melakukan monopoli penjualan sampai akhirnya tumbuh pesaing bisnis yang lain. Selain dijual di sekitar Tembalang, bisnis ini juga akan menjual hasil produksi utama kami yaitu tempe keluar dari Tembalang.

2.2 Permintaan dan Penawaran
       Pada era masa kini banyak masyarakat yang senantiasa membutuhkan segala sesuatu yang cepat dan efektif, begitu juga dengan makanan. Maka dari itu kami berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut melalui Pizza Buah ini, walaupun makanan ini termasuk cepat saji, namun bahan – bahan yang kami gunakan pun adalah buah – buahan segar yang tentunya menyehatkan. Hamper semua masyarakat pasti membutuhkan buah – buahan segar untuk rutin dikonsumsi namun mereka tentunya akan sulit jika harus beraktifitas dengan menyimpan buah – buahan segar untuk bawaannya, maka kami dapat menjadi salah satu solusinya.

2.3. STP
a)    Segmentation
Pizza Buah ini dirasa akan sangat mudah masuk ke selera masyarakat walaupun setiap daerah memiliki makanan cirri khas nya sendiri, namun bahan baku dari Pizza Buah ini dirasa cocok untuk semua kalangan, untuk itu segmentasi yang diambil yaitu berdasarkan kelompok konsumen yang berasal dari dalam daerah Tembalang dan luar daerah Tembalang.











b)        Targeting (Target Marketing)
Lokasi bisnis ini dekat dengan 3 universitas di Tembalang (Undip, Polines, Poltekes Kemenkes), dan SMP serta SMA, pelajar dan mahasiswa adalah konsumen yang paling potensial karena kebanyakan dari anak muda menyukai kumpul-kumpul bersama teman di suatu tempat untuk berdiskusi, Restoran kami adalah tempat yang sangat cocok bagi mereka.

c)        Positioning
Dalam pasar makanan kita akan menempatkan produk unggulan Pizza Buah sebagai makanan hasil olahan dari buah yang dijaga kualitas rasanya dan dikembangkan melalui inovasi resep serta cara pembuatan sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

2.4 Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
·       Produk
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, King Fruizz akan menghadirkan beberapa makanan hasil dari pizza buah yang sangat bervariatif dan bergizi. Berbeda dengan pizza pada umumnya yang diolah dengan daging instan atau pasta, kami mencoba membuat variasi baru dengan menggabungkan buah segar dengan kualitas yang terjamin dan dimasak dengan menggunakan resep rahasia dan bahan pilihan serta oleh ahli yang berpengalaman. Dan konsumen pun dapat memilih sendiri toping apa saja yang diinginkan. Buah yang ditawarkan untuk topping pizza adalah pisang, apel, nanas, leci, anggur merah, anggur hijau, buah naga, strawberry, jeruk, kiwi dan kelapa. Sedangkan untuk minuman ditawarkan jus strawberry, jus jeruk, jus pisang, jus apel, dan green tea essnese.
Description: http://realmomkitchen.com/wp-content/uploads/2010/05/Fruit-Pizza.jpg                                        
Description: http://hostedmedia.reimanpub.com/TOH/Images/Photos/37/exps31841_LT952492D14.jpg
 









Description: http://www.bonappetit.com/wp-content/uploads/2001/07/mare_fruit_and_cookie_crust_pizza_h.jpgDescription: http://tonispilsburycom.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2012/07/dolepizza.jpg








Description: http://img4.myrecipes.com/i/kraft/philadelphia/2013/kraft_philadelphia-fruit-pizza_300x300.jpgDescription: http://noemptychairs.files.wordpress.com/2010/08/0806100401.jpg 








Gambar21.1 Menu Pizza Buah di “King Fruizz”


Description: http://downloadkoleksigambargratis.com/wp-content/uploads/2012/07/jus-jeruk-dengan-pot-jeruk-photo1032251.jpg Description: http://pulaukelapa.webs.com/photos/Food-and-Drinks/es%20teh.JPG
Description: http://xdn.myjuicingweb.com/wp-content/uploads/2012/05/strawbery-juice-recipe.jpg
Description: New Picture (17).bmp
Description: http://kulinerdapursolo.com/wp-content/uploads/2012/07/juice-apel-gabung-copy.jpg
 

















Gambar 2.2 Menu Minuman di “King Fruizz”
·            Price
Harga untuk satu pan pizza buah di “King Fruizz” adalah Rp 50.000 sedangkan untuk minuman adalah Rp 5.000. Harga ini sesuai dengan kualitas produk yang kami tawarkan karena kami menyediakan makanan dan minuman yang memiliki cita rasa tinggi dan inovatif.
·      Place
Bisnis kami yang letaknya di area sekitar 3 kampus yakni di Tembalang dirasa sangat strategis mengingat letaknya sangat dekat dengan area dimana konsumen potensial kami (pelajar & Mahasiswa) berada, disamping itu bisnis kami ini letaknya dekat dengan jalan raya, pemukiman penduduk serta beberapa tempat edukasi mulai dari SMP, SMA, hingga Universitas. Suasana restoran yang nyaman dengan desain modern dapat menghadirkan suasana yang asik untuk mereka yang ingin menikmati waktu senggang bersama teman - teman.

·            Promotion
Description: C:\Users\Acer\Downloads\CYMERA_20131127_172011.jpgUntuk promosi, bisnis kami akan menggunakan spanduk yang akan dipasang disekitar jalan menuju restoran, selain itu kami juga menyediakan leaflet di restorant dan akan memberikannya kepada setiap pengunjung pada akhir kunjungannya, kami yakin pengunjung yang merasa puas, akan tertarik membeli lagi dan dengan leaflet, konsumen bisa menyebarkan informasi tentang bisnis kami kepada orang lain melalui komunikasi verbal. Untuk lebih memuaskan konsumen di restoran, kami akan memberikan promo yang berbeda tiap bulannya. Harapannya agar pengunjung merasa tidak bosan untuk mengunjungi restoran kami. Selain itu adalah dengan menggunakan internet, menurut kami social network mempunyai peran yang sangat besar bagi setiap orang, apalagi untuk kalangan remaja saat ini, sehingga kami berusaha memanfaatkan keadaan ini dengan mengiklankan produk melalui internet marketing seperti blog pribadi, facebook, twitter, dan website orang lain. Kami juga telah mempersiapkan logo untuk produk kami. Kami jg menyebutkan tasty, healthy, and fresh. Tasty disini maksutnya kami memberikan citarasa yang baru untuk konsumen dan tentunya lezat, healthy disini adalah kita memberikan sajian makanan yang tentunya menyehatkan karena kami memberikan bahan baku yang fresh untuk konsumen, buah yang digunakan adalah buah segar yang baru dipetik. Berikut adalah logo kami :







Gambar 2.3 Logo ”king Fruizz”
2.5 Analisis SWOT
Untuk mengetahui faktor-faktor internal maupun eksternal yang akan mempengaruhi jalannya usaha, maka dari itu dirancang analisis SWOT sebagai berikut :
1.      Strength (Kekuatan)
·      Memiliki harga yang terjangkau
·      Tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk konsumsi jangka panjang
·      Menu sangat bervariatif
·      Lokasi pemasaran yang strategis
·      Suasana Resto yang nyaman dengan konsep modern
·      Dibuat oleh koki berpengalaman
·      Bahan-bahan makanan yang selalu fresh menciptakan cita rasa yang berbeda
2.      Weakness (Kelemahan)
·      Minimnya modal usaha.
·      Termasuk usaha baru sehingga masyarakat belum terlalu familiar dengan variasi menu
3.      Opportunity (Peluang)
·      Peluang yang besar.
·      Kompetitor usaha sejenis masih sedikit bahkan tidak ada di sekitar Tembalang.
·      Jumlah permintaan pasar yang besar akan varian olahan buah.
4.      Threat (Ancaman)
·      Kreativitas produk – produk harus terus baru baik dari cita rasa maupun penampilan makanannya.
·      Persaingan yang kuat dengan restoran cepat saji lainnya yang sudah dikenal masyarakat.
2.6    Keputusan Strategi
Melihat kondisi bisnis yang terbilang baru, maka kami memutuskan untuk menggunakan beberapa strategi untuk menjangkau segmen pasar yang menjadi target penjualan. Diantaranya:
1.      Strategi Diferensiasi
Strategi ini digunakan untuk menciptakan diferensiasi produk sehingga masyarakat mengetahui bahwa produk yang dihasilkan berbeda dengan produk lainnya.
2.      Strategi fokus
Yaitu dengan memfokuskan target segmen pasar yang lebih sempit sehingga membangun keunggulan bersaing jangka panjang.
Strategi ini dijalankan dengan mencari inovasi baru dengan menghasilkan produk-produk baru yang mampu bersaing dengan produk sejenis yang sudah ada sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan menu-menu baru yang fresh dan berbeda sehingga dapat mempertahankan pelanggan lama sekaligus menjaring pelanggan baru setiap harinya.

2.7 Sikap dan Kepuasan Konsumen
Kebanyakan Mahasiswa selalu memikirkan sesuatu yang praktis, terutama makanan, mereka tidak mau repot untuk memasak sesuatu karena dianggap lama. Setelah melakukan market reaserch terhadap masalah konsumen seperti ini, kami telah melakukan pengembangan terhadap produk sehingga hasil olahan buah ini dibuat menjadi makanan cepat saji namun tidak mengabaikan unsur gizi dan kesehatan yang terkandung di dalamnya. Menu-menu ini merupakan makanan favorit para remaja namun kami tetap memperhatikan unsure – unsur kesehatan didalamnya. Disini kami memberikan alternatif kepada mahasiswa yang ingin mendapat makanan yang praktis, bergizi, sehat, murah, dan enak pastinya namun minim risiko.







BAB III
ASPEK TEKNIS DAN PRODUKSI

Dalam aspek teknis dan produksi ini akan menjelaskan beberapa aspek penting dalam menjalankan usaha ini mengenai lokasi usaha, fasilitas produksi dan peralatan, bahan baku, teknologi, proses produksi, dan desain dalam usaha “King Fruizz”.
3.1 Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang dipilih untuk membuka bisnis resto “King Fruizz” adalah di Jl. Ngesrep, Tembalang. Ada pun pertimbangan memilih lokasi tersebut antara lain sebagai berikut:
1.      Letaknya berada di jalan raya yang dilalui transportasi umum daerah setempat, sehingga akses transportasi cukup baik dan lancar.
2.      Dekat dengan pusat pertokoan yang sering dikunjungi oleh banyak orang terutama mahasiswa, sehingga dapat menarik banyak calon pelanggan potensial.
3.      Dekat dengan universitas ataupun fasilitas umum lainnya sehingga dapat dijadikan pilihan sebagai tempat bersantai yang nyaman.
4.      Dekat dengan pemukiman penduduk dan lingkungan masyarakat yang cukup baik.
5.      Belum terdapat resto yang menjual pizza topping buah di sekitar lokasi ini.
Bisnis ini diberina nama “King Fruizz” karena sesuai dengan produk utama yang kami tawarkan, yaitu pizza dengan topping varian buah segar. Bukan hanya pizza dengan topping varian buah, namun di resto ini pun menyedian berbagai minuman juice segar. Tentunya produk ini memiliki sangat banyak kandungan gizi dan serat karena topping dari pizza ini berasal dari aneka buah yang segar, aman, dan kualitasnya terjamin. Pizza dengan topping buah ini masih jarang ditemukan di daerah Semarang, khusunya di daerah Tembalang.
Nama Organisasi           : King Fruizz Resto
Jenis Organisasi             : CV. Usaha Bersama
Pemilik                           : Terdiri dari empat orang WNI
Alamat                           : Jalan Ngesrep, Kecamatan Tembalang,                                                                     Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
No.Telp                          : (024) 7799112
3.2 Bahan Baku dan Alat yang Digunakan untuk Produksi
Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kulit (roti) dan topping pizza buah adalah sebagai berikut.
Bahan Kulit (Roti) Pizza
No
Nama Bahan
Jumlah
Harga
Gambar
1
Tepung Terigu
Kunci Biru
Per 1 Kg
Rp 12.000,00
Description: http://www.carrefour.co.id/img/products/l/8993296301116.jpg
2
Mentega Blueband
Per 1 Kg
(Kaleng)
Rp 44.000,00
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSd_bJ4Dkv4D3y4iYlQZrSuLMy902PVPLaJ3_wtL8oynV4xKbAU
3
Ragi Instan Fermipan
500 gram
Rp 31.000,00
Description: http://plasa.us/400-483-large/fermipan-instant-yeast-5-gr-x-4.jpg
4
Vanili
Per Kotak
(20 pcs)
Rp 25.000,00
Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQK6xFOowoVOVxLT-FmtYgrsl75ZkwDWsmDqBJYxxrmXlEmZ_rmKg


5
Susu Bubuk dancow Full Cream
1 Dus
(800 gr)
Rp 49.000,00
Description: http://www.alfaonline.com/data/product/199870/0.jpg


6
Garam Refina
Per 250 gram
Rp 5.500,00
Description: http://www.carrefour.co.id/img/products/l/8993226112508.jpg



7
Telur
Per 1 Kg
Rp 18.000,00
Description: http://loexie.files.wordpress.com/2012/06/telur-ayam1.jpg



8
Gulaku
Per 1 Kg
Rp 15.000,00
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTbIkXMB6YnrmNqnS-dF2fwU6HZh3-ADHf2V9R67ehprouuLgLfwQ



9
Susu Kental Manis Coklat
Per Kaleng
Rp 8.200,00
Description: http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS6UdValuo36E8LotcIgEXNmzHorSGUxGGO9L0BsaxD4wTGgVajPw


10
Susu Kental
Manis Putih
Per Kaleng
Rp 8.700,00
Description: http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS6UdValuo36E8LotcIgEXNmzHorSGUxGGO9L0BsaxD4wTGgVajPw


11
Keju Craft Chedar
Per 2 Kg
Rp 167.000,00

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMkoHs75XUly8kdsKQ3RSHLWN9pe7567NuJefRjNLSyt2Jc4abWIy3pIxHlnjzS31COgtiFXcATCt26hrV5xfkH8hDoS9fHg_RAkg1OcXVn8D6JwUxV9ZKEcMfn9QG3k7Vv7DEwbuU8o8/s1600/kraft-cheddar.jpg
 



12
Meises and Ceres Coklat
1 Kg
Rp 60.000,00
Description: http://happyonlinegroceries.com.au/image/cache/data/Update-Photo/Ceres-Classic-500x500.JPG



13
Madu
1 botol
(500 ml)
Rp 42.500,00
Description: http://www.moscovore.com/wp-content/uploads/2012/08/Honey-Pot.jpg



14
Selai Aneka Buah
1 botol
250 gram
Rp 25.000,00
Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2011/09/01/2237225p.jpg



15
Mayonnaise Kraft
1 Botol
(345 ml)
Rp 37.000,00
Description: http://www.deliciouskitchen.com.au/SiteCollectionImages/ImageRepository/19/ClassicMayoJar.jpg




Buah untuk Topping dan Juice
No
Nama Buah
Jumlah
Harga
Gambar
1
Pisang Ambon
Per 1 Kg
Rp 17.000,00
Description: http://rumahsegar.com/image/cache/data/buah/pisang-cavendish-banana-500x500.jpg



2
Anggur Merah
Per 1 Kg

Rp 63.000,00
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVfNWgzKfsUIy2h3g8ID2fETKmzTZugy7xd28kGvJotpBIQqXk1Mka0Ongsj5Pp21gcNd9qBOQgk_Hi9kXApqsofy9Fvf-CRbU84Qje9rvqGShyV8lN9tdPtShYPEKFaTlYiESutrdpf1i/s1600/anggur.jpg



3

Anggur Hijau

Per 1 Kg


Rp 74.000,00
Description: http://pusatpengobatan.com/wp-content/uploads/2013/04/anggur-hijau.jpg



4
Strawberry
Per 1 Kg


Rp 40.000,00
Description: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSUgARsxJz69KZEZ3_Z78hZ35RJlsrZ-jKc-ET0HvCaRk39pY63



5
Jeruk Mandarin
Per 1 Kg

Rp 28.000,00

Description: http://www.wholeheartedmen.com/wp-content/uploads/2013/11/mandarin-oranges.jpg
6
Kiwi
Per 1 Kg

Rp 54.000,00

Description: http://tasty-dishes.com/data_images/encyclopedia/kiwi-fruit/kiwi-fruit-05.jpg


7
Leci
Per kaleng
(565 gr)

Rp 25.000,00

Description: http://cdn.klimg.com/kapanlagi.com/p/buah-leci.jpg



10
Nanas
Per 1 buah


Rp 5.000,00
Description: http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ9FerkFZy4zjMrqsgJ9c3DFiy_Upd0pQBtCGsc_I5KllxykVzL



11
Apel
Per 1 Kg


Rp 21.000,00
Description: http://xuctienthuongmai.vn/Content/Business/Upload/Products/011210032817fuji_apple1.jpg



12
Dragon Fruit
Per 1 Kg


Rp 18.000,00
Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQoVlTDGg2Vmm8Iyuq43PoA4yfMt31iqSXtk5NeHsautyhFkYOf1Q



13
Kelapa
Per 1 buah


Rp 3.000,00
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5mhz5DYhJgdvj7CIBIf7BLuHArhTjvlR-QNbzaIATDhTKglEmkHb8O7SFDwTjmT4F-ihWj_ON8WteQUKfipdzA6zOC2fN5nzaN81H32JoxlBKgjscVVhz9iv4NgKWUL6B-Av3fR87BRk/s1600/contoh+penelitian+tentang+kelapa+parut.jpg




Peralatan yang Digunakan untuk Produksi
No
Nama Alat
Jumlah
Harga per Unit
Gambar
1
Microwave Pizza
2 unit
Rp 700.000,00
Description: http://theawesomer.com/photos/2013/07/kenmore_microwave_oven_and_pizza_maker_2.jpg



2
Rolling Pin Kayu
2 unit
Rp 45.000,00
Description: http://www.pastrychef.com/assets/images/large/wooden_rolling_pins_large.jpg



3
Alas Pizza (dari kayu)
15 unit
Rp 30.000,00
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQXdaVtxAmoKL2oG8S107t2jM_3gwRk1qindu3Mbgl3uzvObooKMg



4
Pengaduk
2 unit
Rp 20.000,00
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ8B5NHZ3Qmct1sJb6rKc5RYwyFWm83tYJgvBzX8NPGRIxIQmy5XA



5
Baskom besar
3 unit
Rp 25.000,00
Description: http://nagakomodo.com/img/produk/baskom_umum.jpg



6
Timbangan Adonan Kue
1 unit
Rp 95.000,00
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp9hh7A3jfYhZofMlZNV8nX75TlyYsgCrrBE0mr7Igya4Lz39H




7
Blender Philips
2 unit
Rp 350.000,00
Description: http://spotkg.com/kondoras/assets/images/Kuhinjski%20aparati/BLENDER%20PHILIPS%20HR2860.jpg




8
Gelas Ukuran Sedang
1 Lusin
Rp 75.000,00
Description: http://hiasanrumah.files.wordpress.com/2011/08/gelas-bening.jpg



9
Gelas Ukuran Besar
1 Lusin
Rp 125.000,00
Description: http://www.leoonlineshopping.com/tokoleo/components/com_virtuemart/shop_image/product/Firna_Gelas_Juic_50827c72a3391.jpg




10
Pisau Dapur
2 unit
Rp 15.000,00
Description: http://pimg.tradeindia.com/00213590/b/0/Kitchen-Chopping-Knife.jpg



11
Pisau Roti
12 Unit
Rp 10.000,00
Description: http://srv-live-01.lazada.co.id/p/shuma-0643-41717-1-product.jpg




12
Pizza Roller
1 Unit
Rp 30.000,00
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQWViVyDgXntDCYrHiQciH2QUuCj6qLARHOOpUlvGkMAlf17HCv



13
Talenan Besar
1 unit
Rp 30.000,00
Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTPgU1HAlBnRqeEtkez7Aj0b9k_3ZRtCYIelN3vFUaxMbWTrJXp



14
Mangkuk Kecil
2 unit
Rp 10.000,00
Description: http://www.ikea.com/au/en/images/products/blanda-bowl__18514_PE103463_S4.jpg



15
Sendok dan Garpu
1 Lusin
Rp 30.000,00
Description: http://kfk.kompas.com/image/preview/c2VuZG9rX2Rhbl9nYXJwdS5qcGc%3D.jpg



16
Parutan Serba Guna
1 Unit
Rp 25.000,00
Description: http://www.tokofb.net/wp-content/uploads/2012/12/TER1.jpg




17
Parutan Keju
1 Unit
Rp 12.000,00
Description: http://images.detik.com/content/2012/02/09/900/112359_bsalat2-parutan.jpeg



18
Loyang Pizza
5 Buah
Rp 30.000,00
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghIf1WButVdjumZ-aPnHbO5v_uXtMJZ0Dz4iH4tJs2Y8n5tsBkZrbPPfsQHNcGjL4_laeOngDMYHhPm0OpWOfFacuuSPYbBDLqFbNqTSkZp0x9nphVK-y3CFYpzSqVE6Q01ElBpHjMa0Ym/s1600/pizza+pan.jpg



19
Dispenser Sanken
1 Unit
Rp 500.000,00
Description: http://www.webdevelopersingapore.com/columbia/uploads/productfile/Dispenser-Sanken-hwd-1001t_large.jpg




20
Kulkas Satu Pintu LG
1 Unit
Rp 1.500.000,00
Description: http://static1.shop.indiatimes.com/images/products/additional/large/B1611265_View_1/electronics/direct-cool/lg-single-door-refrigerator-190-l-gl-205km5-burgundy-blaze-.jpg





3.3 Pasokan Buah yang Didapat
Untuk menjalankan usaha “King Fruizz” ini tentunya membutuhkan pemasok buah-buahan segar untuk memenuhi bahan baku dalam produksi pizza buah. Pasokan buah yang kami dapatkan berasal dari pemasok buah-buahan segar baik buah lokal ataupun buah import, yaitu dari Istana Buah Semarang yang berlokasi di Jl Gajah Mada No 105 Semarang 50134 Nomor Telepon: 024 3552460 - 3352829 Fax: 3565282 Pertimbangan kami memilih Istana Buah Semarang sebagai pemasok buah-buahan adalah sebagai berikut:
1.      Harga buah-buahan yang ditawarkan cukup bersahabat.
2.      Memiliki kualitas buah-buahan yang baik
3.      Sudah berpengalaman cukup lama sebagai pemasok buah-buahan di Kota Smearang.
3.3 Bahan-bahan Pizza
Bahan Baku Kulit (Roti) Pizza
·      500 gram terigu.
·      3 sendok makan mentega.
·      7 gram gist instan.
·      1 bungkus atau sama dengan 7 gram vanili.
·      400 ml air hangat.
·      Garam secukupnya.
·      Gula pasir 30 gram.
·      Susu bubuk 30 gram.
·      Kuning telur 2 butir.
Buah untuk Topping Pizza
·      Kelapa diparut besar dan dipanggar agar kering.
·      Pisang Ambon dipotong bulat.
·      Anggur merah atau anggur hijau dipotong sesuai selera.
·      Strawberry dipotong memanjang sesuai bentuknya.
·      Leci dipotong bulat.
·      Kiwi dipotong sesuai selera.
·      Jeruk dikupas satu per satu.
·       Nanas dipotong-potong persegi.
·      Apel dipotong sesuai selera.
·      Dragonfruit dipotong sesuai selera.
Bahan Untuk Olesan dan Taburan di atas Kulit (roti) Pizza
·      Madu secukupnya
·      Mayonnaise secukupnya
·      Selai aneka buah secukupnya
·      Susu kental manis secukupnya
·      Parutan keju secukupnya
·      Meises Ceres secukupnya
3.4 Proses Produksi
1.      Campur tepung terigu bersama gula, susu bubuk, vanili, dan ragi, kemudian aduk rata.
2.      Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga rata.
3.      Tambahkan mentega dan garam, kemudian uleni hingga rata. Diamkan adoanan selama 20 menit hingga mengembang
4.      Kempiskan adoanan lalu bagi adonan menjadi 2 bagian. Giling tipis hingga berbentuk bulat lalu letakan diatas loyang bulat. Diamkan selama 15 menit.
5.      Panggang dalam microwave dengan suhu 180C selama 20 menit hingga matang lalu diangkat.
6.      Oleskan permukaan roti dengan pilihan bahan olesan yang tersedia sesuai selera. Beri topping buah sesuai selera. Taburi dengan bahan taburan sesuai pilihan dan potong-potong pizza buah sesuai dengan selera.
7.      Pizza buah siap disajikan.

3.5 Proses Bisnis
Dalam proses bisnis “King Fruizz” tentunya melibatkan pihak ketiga untuk mendukung kelancaran bisnis yang dilakukan, ada pun pihak ketiga yang dimaksud adalah:
1.      Pelanggan atau Customer. Pelanggan sebagai pihak ketiga yang membeli produk dari “King Fruizz” dan mendapat pelayanan sebagai pelanggan.
2.      Pemasok atau Supplier. Pihak yang mendistribusikan bahan baku untuk diproduksi menjadi pizza buah.
3.6 Desain “King Fruizz”
Konsep desain ruangan yang direncanakan oleh “King Fruizz” adalah indoor di sebuah ruko yang berada di Jl. Ngesrep, Tembalang. Ruko yang disewa tidak terlalu besar, maka dari itu perencanaan tata letak furniture akan diatur secara efektif dan senyaman mungkin. Desain ruangan yang direncanakan untuk bisnis “King Fruizz” ini adalah desain minimalis yang tetap mempertahankan nuansa modern. Desain ini dipilih tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan kesan menarik kepada para konsumen yang diperkirakan konsumen kami sebagian besar adalah kalangan mahasiswa.
Description: http://desaininterior.me/wp-content/uploads/2012/07/Tampilan-Futuristik-Restoran-Satsuma-02.jpg
 













Gambar 3.1 Desain Interior
3.7    Layout Usaha
Berikut ini layout usaha yang direncanakan dalam usahan “King Fruizz” :
Description: New Picture (16).bmp
 




          

















BAB IV
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Sruktur Organisasi
            Untuk menunjang kegiatan operasional bisnis “King Fruizza” dibutuhkan beberapa tenaga kerja untuk bagian manajemen maupun tenaga kerja langsung atau pegawai. Oleh karena itu, disusunlah struktur organisasi dari usaha ini agar memudahkan dalam pembagian tugas masing-masing jabatan. Berikut dijelaskan struktur orgnisasi dan job description dari setiap bagian dan jabatannya.
 












Gambar 4.1 Struktur Organisasi “King Fruizz”

4.2 Jumlah Kebutuhan Tenaga Kerja
Untuk menjalankan kegiatan bisnis dari “King Fruizz” tentunya memerlukan karyawan yang memiliki keahlian khusus dalam bidangnya masing-masing. Hal ini guna mendukung berjalannya bisnis agar mencapai tujuan sesuai dengan yang telah direncanakan. Adapun jumlah kebutuhan yang direncanakan oleh “King Fruizz” adalah sebagai berikut:

Jabatan
Jumlah Tenaga Kerja
Pendidikan Terakhir Minimal
General Manager
Manajer Keuangan
Manajer Operasional
Manajer Pemasaran dan SDM
Koki
Kasir
Pelayan
1
1
1
1

1
1
2
S1 Manajemen
S1 Manajemen
S1 Manajemen
S1 Manajemen

SMK Tata Boga
SMK Akuntansi
SMP

Gambar 4.2 Jumlah Kebutuhan Tenaga Kerja
4.3 Manajemen dan Pegawai
Berikut akan dijelaskan uraian pekerjaan dan deskripsi pekerjaan masing-masing jabatan untuk mengetahui spesifikasi dan tugas tenaga kerja.
·      Nama Jabatan                    : Manajer Umum.
Hubungan Organisasi        : Dengan Manajer.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.    Bertanggungjawab atas kelancaran operasional usaha.
2.    Merancang perencanaan baik dalam menyusun strategi hingga kebijaksanaan organisasi.
3.    Menjalankan dan mengawasi seluruh kegiatan operasional usaha sesuai dengan sistem yang telah dirancang.
4.    Menyusun program kerja untuk memajukan usaha.
5.    Menjamin legalitas usaha secara hukum.
6.    Pemegang kendali atas pengambilan keputusan mengenai hal-hal penting atau vital.
·      Nama Jabatan                    : Manajer Keuangan.
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer Umum.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.   Menetapkan struktur keuangan entitas jangka panjang dan jangka pendek
2.   Menentukan sumber dana yang dapat menutup seluruh kebutuhan secara sehat
3.   Mengalokasikan dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang optimal
4.   Mengendalikan sistem keuangan organisasi agar tidak terjadi penyimpangan
·         Nama Jabatan                    : Manajer Operasional.
Hubungan Organisasi        : bertanggungjawab kepada Manajer Umum.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.    Menentukan tata letak fasilitas produksi.
2.    Memelihara bahan baku dan peralatan produksi.
3.    Mengendalikan kualitas hasil produksi.
4.    Mengontrol seluruh kegiatan produksi.
·         Nama Jabatan                    : Manajer Sumber Daya Manusia.
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer Umum.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.      Bertanggungjawab atas pengadaan tenaga kerja dari seleksi hingga pengendalian dan pengawasan.
2.      Menentukan strategi untuk memelihara dan mengembangkan karyawan.
3.      Menentukan besaran kompensasi agar terjadi keseimbangan antara kontribusi karyawan dengan hasil atau upah yang diterima.
4.      Memegang kendali atas separation (pemutusan hubungan kerja).
·         Nama Jabatan                    : Manajer Pemasaran
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer Umum
Deskripsi Pekerjaan           :
1.    Membuat perencanaan untuk strategi promosi yang efektif
2.    Memasarkan produk sesuai dengan rencana menggunakan media yang telah disepakati
3.    Mendapatkan dan memperthankan pelanggan agar menjadi konsumen tetap
4.    Menanggapi perubahan lingkungan termasuk persaingan supaya dapat ditentukan strategi dalam menghadapinya
·         Nama Jabatan                    : Koki.
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer Operasi.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.    Menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan menu yang ditentukan.
2.    Mempertahankan kualitas maupun rasa agar tetap konsisten.
3.    Memberi usulan inovasi baru agar variasi menu lebih beraneka ragam.
·         Nama Jabatan                    : Kasir.
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer Keuangan.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.      Melakukan transaksi pembayaran langsung kepada pelanggan.
2.      Memberikan pelayanan yang ramah agar pelanggan merasa puas.
3.      Membuat pembukuan hasil transaksi keuangan mengenai penjualan
·         Nama Jabatan                    : Pelayan.
Hubungan Organisasi        : Bertanggungjawab kepada Manajer SDM.
Deskripsi Pekerjaan           :
1.        Memberikan pelayanan yang ramah agar memuaskan pelanggan.
2.        Memberikan dan mencatat menu pesanan untuk diberikan kepada koki.
3.        Mengantarkan sajian pesanan kepada pelanggan.
4.        Membantu pelanggan jika membutuhkan bantuan dalam pelayanan.



















BAB V
ASPEK HUKUM

5.1 Pelaksana Bisnis
Dilihat dari jenis usahanya, termasuk usaha kecil. Oleh karena itu, badan usaha yang paling tepat adalah usaha CV. Jadi, yang terlibat dalam usaha King Fruizz sebagai pengambil keputusan adalah pendiri perusahaan.
5.2 Tempat Kedudukan Bisnis
Tempat kedudukan bisnis dengan rincian sebagai berikut :
1.        Perencanaan Wilayah
King Fruizz akan berlokasi di kota Semarang tepatnya di daerah Ngesrep, karena lokasi ini adalah lokasi yang masih banyak memiliki potensi untuk dapat diduduki usaha seperti usaha kuliner sehingga memiliki prospek ke depan yang bagus.
2.        Status Tanah
Status tanah yang akan digunakan adalah tanah sewa dengan harga Rp 24.000.000 per tahun.
5.3 Waktu Pelaksanaan Binis
Surat Izin Lingkungan oleh masyarakat setempat ditetapkan selama perusahaan menjalankan kegiatan usahanya.
5.4 Peraturan Pelaksanaan Bisnis
Aspek yuridis dan perijinan pada dasarnya menyangkut izin usaha. Dalam hal ini, “King Fruizz” berdiri di daerah Ngesrep yang harus mematuhi peraturan masyarakat setempat. Menurut peraturan masyarakat sekitar, tidak ada peraturan yang menentang pendirian bisnis ini, namun terdapat syarat untuk mengurus pembukaan izin usaha sehingga dalam melaksanakan usaha ini dapat berjalan dengan lancar. Perizinan usaha ini dilakukan dengan cara meminta persetujuan atau tanda tangan dari masyarakat setempat di mana usaha kuliner tersebut dioperasikan.

BAB VI
ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI

6.1    Aspek Sosial
Dalam aspek sosial King Fruizz memberikan berbagai manfaat sosial bagi masyarakat Semarang Barat pada umumnya. Berbagai manfaat sosial dari adanya usaha ini adalah :
1.    Meramaikan dunia usaha daerah Ngesrep;
2.    Masyarakat dapat memperoleh alternative jajanan atau kuliner yang bergizi dan enak.
6.2 Aspek Ekonomi
Sedangkan, kontribusi King Fruizz dari aspek ekonomi adalah sebagai berikut :
1.    Menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar maupun masyarakat lainnya;
2.    Memenuhi kebutuhan konsumsi kuliner di Ngesrep dan sekitarnya;
3.    Mampu meningkatkan produktivitas pendapatan daerah melalui pajak










BAB VIII
PENUTUP

8.1 Kesimpulan
“King Fruizz” adalah usaha yang beroperasi di bidang kuliner yang menawarkan pizza dengan resep terbaru dan inovatif. Pizza yang dihadirkan adalah pizza dengan menggunakan topping varian buah segar dan begizi. Pizza buah ini memberikan harga yang terjangkau dan lokasi usaha pun strategis , selain itu masih jarang usaha yang menyediakan menu makan seperi di “king Fruizz” sehingga usaha ini akan berpotensi menarik banyak pelanggan potensional.
            “King Fruizz” dalam menjalankan proses produksi mempekerjakan koki yang berpangalaman dan memiliki keahlian khusus di bidang tata boga baik pizza ataupun  kue lainnya. Lokasi usaha berada di Jl. Ngesrep, desain resto yang direncanakan adalah dengan desain minimalis namun tetap mepertahankan nuansa muda dan tentunya tetap mengutamakan kenyamanan bagi konsumen.
            “King Fruizz” dikelola oleh manajer-manajer yang berkompeten dalam bidangnya, seperti manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer sumber daya manusia, manajer operasi, dan staff khusus lainnya. Hal ini diharapkan dapat mendukung usaha “King Fruizz” dalam manjalankan usahanya agar sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
            Usaha ini berbentuk badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnisnya agar usaha yang dijlankan berjalan lancar, selain itu dalam pemenuhan aspek legalitas usaha ini memerlukan SIUP. SIUP sebagai persyaratan untuk mendukung berjalannya bisnis, diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota Semarang.
            Modal yang kami butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah sebesar Rp 56.226.000, modal tersebut berasal dari modal pribadi masing-masing pemilik sebesar Rp 58.000.000. Dari penghitungan aspek keuangan, periode waktu yang diperlukan untuk mengembalikan investasi awal adalah 8,37 bulan.
DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta:         Erlangga
David Masakan, Resep Pizza Buah pada www.resepmasakankuliner.blgospot.com             diunduh pada tanggal 21 November 2013.
Resep Pizza Buah pada www.koleksiresepbunda. com diunduh pada tanggal 21    November 2013.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran