Langsung ke konten utama

LAPORAN KUNJUNGAN KE KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO



LAPORAN KUNJUNGAN KE KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO

Description: Description: D:\ARIYO\KEWIRAUSAHAAN\IMG-20130616-00190.jpg

BATIK SOLO
Salah satu komoditas batik di indonesia adalah kota batik solo ,batik solo mempunyai motif yang beraneka ragam dan setiap motif solo mempunyai arti sendiri jika dilihat dari segi  filosofi batik, jenis motif batik mulai dari batik tulis, batik cap dan batik lukis, banyak jenis batik yang dapat anda di museum batik danar hadi solo jika kebetulan anda berkunjung ke kota solo atau juga anda dapat membeli oleh-oleh batik solo di toko batik solo dengan berbagai motif batik solo.
Batik adalah kain dengan corak atau motif tertentu yang dihasilkan dari bahan malam khusus (wax) yang dituliskan atau di cap pada kain tersebut, meskipun kini sudah banyak kain batik yang dibuat dengan proses cetak. Solo memiliki banyak corak batik khas, seperti Sidomukti dan Sidoluruh. Beberapa usaha batik terkenal adalah Batik Keris, Batik Danarhadi, dan Batik Semar. Sementara untuk kalangan menengah dapat mengunjungi pusat perdagangan batik di kota ini berada di Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo (PGS), Beteng Trade Center (BTC), atau Ria Batik. Selain itu di kecamatan Laweyan juga terdapat Kampung batik Laweyan, yaitu kawasan sentra industri batik yang sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang tahun 1546. Kampun batik lainnya yang terkenal untuk para turis adalah Kampung Batik Kauman. Produk-produk batik Kampung Kauman dibuat menggunakan bahan sutra alam dan sutra tenun, katun jenis premisima dan prima, rayon. Keunikan yang ditawarkan kepada para wisatawan adalah kemudahan transaksi sambil melihat-lihat rumah produksi tempat berlangsungnya kegiatan membatik. Artinya, pengunjung memiliki kesempatan luas untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan batik bahkan untuk mencoba sendiri mempraktekkan kegiatan membatik.
Batik Solo memiliki ciri pengolahan yang khas: warna kecoklatan (sogan) yang mengisi ruang bebas warna, berbeda dari gaya Yogya yang ruang bebas warnanya lebih cerah. Pemilihan warna cenderung gelap, mengikuti kecenderungan batik pedalaman. Jenis bahan batik bermacam-macam, mulai dari sutra hingga katun, dan cara pengerjaannya pun beraneka macam, mulai dari batik tulis hingga batik cap


Motif Batik Solo Burung Garuda
Dalam kunjungan kelas matakuliah Kewirausahaan kami yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2013, tepatnya di Kampung Batik Laweyan Solo. Banyak sekali alternative gambar yang ditawarkan oleh pemilik Kampung Batik Laweyan Solo dalam menawarkan gambar dasar yang akan kami gambar di kain batik kami. Sebenarnya mereka tidak memaksa untuk memakai gambar yang telah disediakan oleh mereka, tetapi gambar-gambar yang telah ada dimaksudkan untuk mempermudah para mahasiswa yang datang berkunjung untuk menyelesaikan gambar dasar batik yang akan kami buat.
Saat melihat-lihat gambar yang ditawarkan oleh pihak Kampung Batik Laweyan Solo, saya tertarik menggunakan gambar Burung Garuda sebagai gambar dasar pada baju yang akan saya batik. Motif batik burung garuda merupakan motif batik yang berasal dari warisan agama hindu, dan sekarang seperti kita tahu motif batik ini sama dengan lambang negara Indonesia.
Arti dari pemilihan Burung Garuda ini sendiri bermaksud untuk menambah semangat saya dalam mengarungi sisa semester perkuliahan ini. Kita tahu bahwa Burung Garuda merupakan symbol nasional Negara Indonesia. Saya ingin menanamkan lebih dalam semangat perjuangan para pahlawan dalam diri saya. Dengan membatik, saya berharap semangat-semangat perjuangan tersebut bisa tersalurkan juga ke orang lain yang melihat hasil karya saya.

Pemilihan Warna
          Warna dasar pada baju yang saya pilih adalah hijau tua. Kenapa saya memilih warna hijau tua ini, karena melihat hijaunya dan suburnya Negara Indonesia yang sebagian besar merupakan hutan hijau. Dengan menggabungkan Garuda dan warna hijau, ini melambangkan betapa kokohnya Negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati.

Kritik dan Saran
Sebelum melaksanakan kunjungan membatik hendaknya mahasiswa mengetahui beberapa hal penting tentang obyek yang akan dikunjungi. Misal mempersiapkan materi yang akan ditanyakan di dalam sebuah kunjungan yang akan di kunjungi. Selanjutnya untuk menjalin kemitraan yang baik antara pihak Kampung Batik Laweyan Solo  dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP, perlu adanya jaringan  komunikasi yang baik antara fakultas agar komunikasi antar kedua belah pihak dapat terjalin dengan lebih erat..
Lampiran
Description: Description: D:\ARIYO\KEWIRAUSAHAAN\IMG-20130616-00191.jpg


Description: Description: K:\FOTO\kwh\IMG_8902.JPG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran