Langsung ke konten utama

soal-soal latihan UAS manajemen resiko



MANAJEMEN RISIKO

Market Risk
1.      Diketahui informasi sebagai berikut:

INDF
UNSP
Variance
100%
225%
Covariance
53,2%
Pada akhir bulan Oktober 2010 saudara hanya memiliki saham INDF sebesar Rp 4 miliar. Pada saat ini saudara sedang memikirkan strategi untuk membuat portfolio dengan memindahkan Rp.1 miliar pada saham UNSP dan mempertahankan Rp 3 miliar pada saham INDF. Berapa persentase risiko (diukur dengan standar deviasi) yang bisa diperkecil dengan strategi ini
2.      Bank BNI memiliki Obligasi AA-grade melakukan inisiatif untuk menghitung 10-days spread VaR. sebagai seorang risk manajer saudara diminta untuk mempresentasikan estimasi risiko memegang obligasi tersebut. Pergerakan ekstrem dari obligasi tersebut berkisar 50 bp, sedangkan SUN mempunyai pergerakan ekstrem sekitar 40 bp. Korelasi dari dua obligasi tersebut adalah 89%. Berapa pergerakan ekstrem dari spread obligasi?

3.      Jamsostek memiliki total asset Rp.19,6 Triliun dan liabilities sebesar Rp.17,4 Triliun. Jika diketahui surplus terdistribusi normal dan mempunyai volatilitas tahunan sebesar 10%. Berapa besar 95% surplus at risk untuk satu tahun mendatang?

4.      Jamsostek mengalokasikan 68% dananya atau sekitar 13 Triliun pada Surat Berharga berbentuk Ekuitas. Diasumsikan ekuitas terdistribusi normal dan volatilitas tahunan Indeks Ekuitas sebesar 15%. Jamsostek mengestimasi risiko dengan VaR 95% untuk satu tahun periode sebesar Rp.3,2T. dan Jamsostek ingin mengalokasikan risiko tersebut pada dua Manajer Ekuitas yang masing-masing diberi budget yang sama besar. Jika diketahui korelasi antara dua manajer ekuitas adalah 0,5 maka VaR budget untuk masing-masing manajer sebesar?




Credit Risk
5.      Sebuah BPR memberikan pinjaman tanpa agunan pada sebuah perusahaan. Pinjaman ini akan dibayar dengan sekali bayar sebesar 50 juta. Perusahaan peminjam mempunyai probabilitas default dalam masa kredit sebesar 3%. Lewat perjanjian hukum, apabila terjadi kebangkrutan perusahaan BPR akan mendapat pengembalian sebesar 70% dari pinjaman. Hitung berapa besar cadangan kerugian yang harus disediakan BPR?

6.      Seorang investor memegang portofolio Surat Utang sebesar 100 juta. Portofolio ini terdiri atas obligasi dengan rating A (Rp.40 juta) dan obligasi rating BBB (Rp.60 juta). Jika diketahui probabilitas default obligasi A dan BBB adalah 3% dan 5% dan tidak ada korelasi antara keduanya. Jika tingkat recovery ganti rugi untuk obligasi A dan BBB masing-masing 70% dan 45%. Hitung expected credit loss dari portofolio di atas?

7.      Sebuah Bank di Indonesia meminjam uang sebesar €100 juta kepada Bank di Jerman dengan memberikan jaminan Obligasi Negara senilai €120. Jika diasumsikan 99% VaR setahun untuk Obligasi Negara sebesar €20 dan probabilitas kebangkrutan Bank di Indonesia tersebut adalah 5%. Hitung probabilitas Bank di Jerman kehilangan uangnya dalam satu tahun mendatang?

Operating Risk
8.      Diketahui data di bawah ini
Frequency Distribution

Severity Distribution
Probability
Jumlah

Probability
Loss
0,8
0

0,75
20 juta
0,2
1

0,24
100 juta



0,01
600 juta
Hitung VaR operasional dengan derajat konfidensi 95%?

9.      Selama 3 tahun terakhir Bank Amanah memiliki gross income sebagai berikut:
Gross Income
Tahun1
Rp 1500 Milyar
Tahun2
Rp 1000 Milyar
Tahun3
Rp 1100 Milyar
Hitung kebutuhan modal Bank Amanah dengan menggunakan Basic Indicator Approach?

10.  Bank Pedagang Indonesia adalah bank yang beroperasi terutama dalam Corporate Finance dan Trading and Sales. Ia memiliki gross income selama tiga tahun terakhir untuk masing-masing lini bisnis sebagai berikut (dalam Milyaran Rupiah):
Lini Bisnis
Beta
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Corporate Finance
18%
400
250
300
Trading and Sales
18%
650
500
550
Retail Banking
15%
0
0
0
Commercial Banking
15%
100
50
100
Payment and Settlement
18%
100
50
100
Hitung kebutuhan modal Bank Pedagang Indonesia dengan menggunakan Standardized Indicator Approach?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran