LAPORAN RENCANA KEGIATAN
(LRK)
KULIAH KERJA NYATA TIM II TAHUN 2014
DESA :
SENDANGREJO
KECAMATAN : TAYU
KABUPATEN : PATI
Disusun oleh :
NAMA : Ariyo
Murti Raharjo
NIM : 12010111130173
JURUSAN
/ FAKULTAS : Manajemen / FEB
PUSAT PELAYANAN KULIAH KERJA NYATA
(P2KKN)
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
I.
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
Dalam merencanakan program kerja yang akan dilaksanakan dalam
Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2014 diperlukan pengetahuan tentang keadaan
masyarakat dan potensi setempat di
Kecamatan Tayu
– Kabupaten Pati.
Berdasarkan hal tersebut maka
dilaksanakan survey yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi, data-data serta permasalahan yang dibutuhkan untuk menyusun rencana program kegiatan KKN 2014. Informasi maupun data didapatkan dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan baik kepada perangkat desa, masyarakat
sekitar, maupun instansi terkait. Berikut adalah tabel hasil survey:
Tabel
01 : Rekapitulasi Identifikasi Seluruh Permasalahan Tingkat Desa
No.
|
Permasalahan
|
Lokasi
|
Sumber *
|
1.
|
Perlunya diadakan program kreatifitas
siswa siswi sekolah khususnya pada bidang seni
|
Kecamatan Tayu
|
P / M
|
2.
|
Kurangnya kesadaran akan
pentingnya melakukan pencatatan pembukuan dalam melakukan wirausaha
|
Kecamatan Tayu
|
P / M / D
|
3.
|
Perlunya tambahan ilmu pengetahuan untuk siswa siswi sekolah khususnya di
bidang ekonomi dan kewirausahaan
|
Kecamatan Tayu
|
P / M / D
|
4.
|
Perlunya diadakan program
cerdas cermat untuk siswa siswi sekolah dasar untuk mengasah kemampuan dalam
belajar
|
Kecamatan Tayu
|
P / M
|
5.
|
Perlunya sosialisasi ilmu pengetahuan untuk warga dan pemuda pemudi
khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
|
Kecamatan Tayu
|
P / M / D
|
*) P = Informasi dari perangkat
desa, M = dari Masyarakat, D = dari Dinas terkait
II. PRIORITAS
PEMILIHAN PERMASALAHAN
Berdasarkan permasalahan yang telah
ditemukan di Kecamatan Tayu yang
diperoleh dari berbagai sumber, maka alasan pemilihan masalah yang
diprioritaskan, antara lain yaitu:
Tabel
02 : Rekapitulasi Prioritas Pemilihan Permasalahan Tingkat Desa
No.
|
Permasalahan
|
Alasaan Pemilihan program
|
1.
|
Kurangnya kesadaran akan
pentingnya melakukan pencatatan pembukuan dalam melakukan wirausaha
|
Sistem pembukuan
menjadi sarana vital dalam entrepreneurship.
Dengan sistem pembukuan, entrepreneur bisa mengkalkulasi, mengkontrol
serta mengatur keseluruhan transaksi keuangan yang terjadi sepanjang
keberlangsungan dunia usahanya.
|
2.
|
Perlunya sosialisasi ilmu pengetahuan untuk warga dan pemuda pemudi
khususnya di bidang ekonomi dan kewirausahaan
|
Kegiatan
kewirausahaan dapat membantu perekonomian menjadi lebih baik. Masyarakat yang
menekuni bidang wirausaha akan dapat menciptakan banyak peluang kerja sehingga
menyerap banyak tenaga kerja.
|
3.
|
Perlunya diadakan program
kreatifitas siswa siswi sekolah khususnya pada bidang seni
|
Pada umumnya kreatifitas siswa siswi banyak pada bidang seni dituangkan
pada mata pelajaran kesenian di sekolah. Perlombaan menciptakan sesuatu
melalui seni diyakini dapat memacu potensi siswa siswi dalam pembelajaran
sehari hari.
|
4.
|
Perlunya tambahan ilmu pengetahuan untuk siswa siswi sekolah khususnya di
bidang ekonomi dan kewirausahaan
|
Saat ini dunia
wirausaha sudah tidak asing bagi seluruh lapisan masyarakat, apalagi di dunia
anak-anak. Anak-anak
yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal
masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang belia, anak-anak yang
belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.
|
Tabel 03. Rencana Program KKN PPM
No
|
Nama Program
|
Bahan
|
Volume
|
Sumber Dana
|
1.
|
Sosialisasi manfaat pembuatan pembukuan
untuk laporan keuangan berwirausaha
|
Laptop, brosur, proyektor
|
Masyarakat
|
Swadaya Mahasiswa
|
2.
|
Sosialisasi pentingnya berwirausaha
|
10 Poster
|
Masyarakat
|
Swadaya Mahasiswa
|
3.
|
Lomba menghias tempat tabungan “Celengan”
|
Kardus karton, kertas hias, alat gambar, lem
|
Siswa siswi TK dan SD
|
Swadaya
Mahasiswa
|
4.
|
Penyuluhan mengenai manfaat berwirausaha sejak dini
|
1 Laptop,1 LCD, alat-alat peraga
|
Siswa
siswi Desa Sendangrejo
|
Swadaya
Mahasiswa
|
Tabel 04 : Time Table
No
|
Nama Kegiatan
|
Minggu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Pembuatan dan pemasangan poster sosialisasi berwirausaha
|
|||||
2.
|
Penyuluhan mengenai manfaat pembuatan
pembukuan untuk laporan keuangan berwirausaha
|
|||||
3.
|
Lomba Menghias “Celengan”
|
|||||
4.
|
Penyuluhan mengenai wirausaha pada siswa dan siswi
|
Komentar
Posting Komentar