KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis
(Business Plan) dengan judul “Budidaya
Pembesaran Lele Sangkuriang”. Di dalam makalah ini akan membahas mengenai pendahuluan,
aspek pemasaran, aspek SDM, aspek teknis dan operasi, aspek keuangan, aspek
hukum, dan aspek sosial dan ekonomi mengenai produk kami. Lele sangkuriang
adalah salah satu jenis lele dengan kualitas tinggi sehingga dapat lebih
menguntungkan bagi para pengusaha.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan penyusunan makalah ini
berkat kerja keras dari tim penyusun dan juga adanya kerja sama yang baik dari
semua pihak. Terselesainya makalah ini tidak lepas dari
dukungan orang tua yang telah memberikan semangat. Dan ucapan terima kasih
kepada Bapak Drs. R Djoko Sampurno,M.M. dan Ibu Dra. Endang Tri Widyarti, M.M. selaku Dosen Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis yang telah
memberikan ilmu selama kami mengikuti perkuliahan.
Meskipun kami telah menyelesaikan makalah ini, kami menyadari
bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami menantikan
kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat bagi yang membaca.
Semarang, November 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................................... 1
DAFTAR ISI .................................................................................................................... 2
DAFTAR TABEL ............................................................................................................ 5
DAFTAR GAMBAR ....................................................................................................... 6
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................ 7
1.1 Deskripsi Umum Bisnis ................................................................................................ 7
1.2 Latar Belakang Ide Bisnis ............................................................................................ 7
1.3 Visi dan Misi Bisnis ...................................................................................................... 8
1.4 Time Table Membangun Bisnis .................................................................................... 9
BAB II ASPEK PEMASARAN ..................................................................................... 10
2.1
Identifikasi Peluang Pasar ............................................................................................ 10
2.2 Bentuk Pasar yang Dilayani ......................................................................................... 10
2.3 Analisis Pesaing ............................................................................................................ 11
2.4 SWOT Analisis ............................................................................................................. 11
2.5 STP ............................................................................................................................... 13
2.6 Bauran Pemasaran ........................................................................................................ 14
2.6.1 Produk .................................................................................................................. 14
2.6.2 Harga .................................................................................................................... 14
2.6.3 Promosi ................................................................................................................. 14
2.6.4 Placement .............................................................................................................. 15
2.7 Estimasi Penjualan ........................................................................................................ 15
BAB III ASPEK TEKNIS DAN OPERASI .................................................................. 16
3.1
Perencanaan Produk ..................................................................................................... 16
3.2
Perencanaan Lokasi Perusahaan ................................................................................... 17
3.3
Perencanaan Kapasitas ................................................................................................. 18
3.4
Perencanaan Proses Produksi ....................................................................................... 19
3.5
Perencanaan Jumlah Mesin, Peralatan, dan Perlengkapan ............................................ 20
3.6
Perencanaan Jumlah Tenaga Kerja ............................................................................... 21
3.7
Perencanaan Layout ..................................................................................................... 22
3.8
Sistem Operasi .............................................................................................................. 23
3.9
Rencana Operasi ........................................................................................................... 23
3.10
Manajemen Persediaan ............................................................................................... 23
3.11
Kegiatan Pengawasan Kualitas .................................................................................. 23
3.12
Perhitungan HPP ........................................................................................................ 25
BAB IV ASPEK SDM ..................................................................................................... 30
4.1 Penentuan Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi
Pekerjaan ........................................... 30
4.2 Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi ............................................................................... 32
4.3 Produktivitas ................................................................................................................ 32
4.4 Pelatihan ....................................................................................................................... 34
4.5 Performance Apprasial ................................................................................................. 35
4.6 Keselamatan dan Kesehatan Kerja ............................................................................... 35
4.7 Peraturan Kerja ............................................................................................................. 35
BAB V ASPEK HUKUM ................................................................................................ 37
5.1
Pelaksana Bisnis ........................................................................................................... 37
5.2
Tempat Kedudukan Bisnis ........................................................................................... 37
5.3
Waktu Pelaksanaan Bisnis ............................................................................................ 37
5.4
Peraturan Pelaksanaan Bisnis ....................................................................................... 37
BAB VI ASPEK KEUANGAN ...................................................................................... 38
6.1
Kebutuhan Modal ......................................................................................................... 38
6.2
Sumber Dana ................................................................................................................ 38
6.3
Laporan Keuangan ....................................................................................................... 38
6.3.1 Laporan Laba/Rugi ............................................................................................... 38
6.3.2 Arus Kas ............................................................................................................... 39
6.4
Metode Penilaian Investasi ........................................................................................... 39
6.4.1 Net Present Value (NPV) ..................................................................................... 39
6.4.2 Profitability Index (PI) ......................................................................................... 40
6.4.3 Pay Back Period (PBP) ......................................................................................... 40
6.4.4 Internal Rate of Return (IRR) .............................................................................. 41
6.4.5 Break Even Point (BEP) ....................................................................................... 42
BAB VII ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI ............................................................... 43
7.1
Aspek Sosial ................................................................................................................. 43
7.2
Aspek Ekonomi ............................................................................................................ 43
BAB VIII KESIMPULAN .............................................................................................. 44
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................... 46
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Proyeksi Produksi dan Nilai Budidaya
Lele 2009-2014 ...................................... 8
Tabel
2. Time Table Membangun Bisnis ............................................................................. 9
Tabel
3. Analisis SWOT ..................................................................................................... 12
Tabel 4. Daftar Harga Lele Sangkuriang selama Satu
Tahun ............................................. 14
Tabel
5. Estimasi Penjualan ................................................................................................ 15
Tabel
6. Pemilihan Lokasi Perusahaan ................................................................................ 17
Tabel
7. Kapasitas Produksi Budidaya Lele Sangkuriang .................................................. 18
Tabel
8. Investasi Budidaya Lele Sangkuriang .................................................................. 21
Tabel
9. Biaya Sewa Tanah ................................................................................................ 21
Tabel
10. Perhitungan HPP Bahan Baku ............................................................................ 25
Tabel
11. Perhitungan HPP Tenaga Kerja .......................................................................... 28
Tabel
12. Perhitungan HPP Overhead ................................................................................ 29
Tabel
13. Perhitungan HPP ................................................................................................ 29
Tabel
14. Deskripsi Pekerjaan Budidaya Lele Sangkuriang ............................................... 33
Tabel
15. Standar Produktivitas ......................................................................................... 34
Tabel
16. Sistem Penggajian ............................................................................................... 36
Tabel
17. Penggajian Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun .............................. 36
Tabel
18. Laporan Laba/Rugi Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun ................ 38
Tabel
19. Arus Kas Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun ................................ 39
Tabel
20. NPV Budidaya Lele Sangkuriang untuk Satu Tahun ......................................... 39
Tabel
21. Payback Periode Budidaya Lele Sangkuriang .................................................... 40
Tabel
22. IRR Budidaya Lele Sangkuriang ....................................................................... 41
Tabel
23. BEP Budidaya Lele Sangkuriang ....................................................................... 42
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1. Analisis SWOT ................................................................................................. 12
Gambar 2.
Lele Sangkuriang .............................................................................................. 14
Gambar 3. Proses Produksi Budidaya Lele Sangkuriang ................................................... 19
Gambar 4. Layout Budidaya Lele Sangkuriang ................................................................. 22
Gambar 5. Struktur
Organisasi ........................................................................................... 33
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Deskripsi Umum Bisnis
Bisnis yang akan
kami jalankan adalah budidaya ikan lele, dengan fokus usaha pada Teknik
Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang. Jenis usaha ini cenderung mudah dilakukan
namun dengan omset yang lumayan. Permintaan pasar akan konsumsi daging lele pun
kian meningkat.
Beberapa tahapan
yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempat (kolam) untuk budidaya ikan lele.
Dalam tahap ini mencakup, pengeringan dan pengolahan tanah, pemupukan, dan
pengaturan air kolam. Tahap selanjutnya adalah pemilihan benih ikan lele, meliputi
syarat benih unggul dan cara menebar benih. Tahap berikutnya tentang pemilihan
pakan, pengelolaan air, pengendalian hama dan penyakit, dan tahap terakhir
adalah panen budidaya ikan lele.
1.2
Latar Belakang Ide Bisnis
Saat ini
usaha budidaya lele sangkuriang sudah banyak digemari masyarakat Indonesia
umumnya, dan sudah berkembang dimana-mana. Lele sangkuriang merupakan hasil
persilangan antara induk bentina generasi kedua (F2) dengan induk jantan
generasi keenam (F6). Tujuan persilangan ini diarahkan sebagai lele konsumsi.
Lele sangkuriang pertama kali diproduksi oleh Balai Budidaya Air Tawar (BBAT)
Sukabumi.
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air
tawar yang sudah dibudidayakan secara komersil oleh masyarakat Indonesia
terutama di Pulau Jawa, yang seterusnya di Sumatera termasuk Mukomuko Provinsi
Bengkulu. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan dapat dibudidayakan di
lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, teknologi
budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya relatif mudah dan
modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah. Oleh karena itu, wajar jika jenis
usaha ini sangat digemari.
Permintaan lele setiap tahun mengalami
kenaikan. Lele terbukti menyumbang lebih dari 10% produksi perikanan budidaya
nasional dengan tingkat pertumbuhan 17-18% per tahun. Berdasarkan data, proyeksi
produksi dan nilai budidaya lele 2009-2014 mengalami kenaikan setiap tahunnya.
Hal ini membuktikan bahwa usaha budidaya lele saat ini mempunyai prospek yang
baik.
Tahun
|
Produksi (ton)
|
Nilai (Juta Rupiah)
|
2009
|
200.000
|
2.000.000
|
2010
|
270.600
|
2.706.000
|
2011
|
366.000
|
3.660.000
|
2012
|
495.000
|
4.950.000
|
2013
|
670.000
|
6.700.000
|
2014
|
900.000
|
9.000.000
|
Tabel
1. Proyeksi Produksi dan Nilai Budidaya Lele 2009-2014
Sumber
: Kementrian Kelautan dan Perikanan (2009)
1.3
Visi dan Misi Bisnis
Suatu perusahaan tidak akan maju dan
berkembang apabila tidak memiliki dasar pemikiran kemana perusahaan itu akan
dibawa. Untuk itu, Visi dan Misi menjadi pegangan suatu perusahaan dalam
menjalankan usahanya. Demikian juga dengan Usaha Budidaya Lele Sangkuriang,
visi dan misi yang kuat dirumuskan akan menjadi kekuatan mendasar dalam
perjalanan usaha ini. Untuk itu, kami sudah merumuskan visi usaha, yaitu :
“Menjadi sentra
produksi ikan lele terbesar di daerah Purwodadi-Grobogan dan sekitarnya.”
Sebagai usaha strategis
dalam mewujudkan Visi di atas, kami sudah merumuskan beberapa Misi usaha,
antara lain :
1.
Menjalin
kemitraan
Untuk menjadikan usaha terbesar di daerah Purwodadi-Grobogan,
tentunya budidaya lele sangkuriang sendiri atau In House Production tidak akan
cukup. Untuk itu, kami akan melakukan kerjasama kemitraan untuk memenuhinya.
Kerjasama dengan petani pembudidaya lele akan menjadi langkah strategis dalam
memperluas kantung-kantung produksi, dengan memberikan bimbingan dan standar
lele yang diproduksi, dan mengambil hasilnya.
2.
Memproduksi
produk olahan yang berkualitas.
Kualitas produk akan menjadi konsentrasi utama untuk bisa bersaing
di pasaran. Standar yang digunakan harus benar-benar dijaga dengan ketat,
terutama standar higienis.
3.
Perluasan
pemasaran.
Menjadi usaha yang besar tentunya harus memiliki jaringan pasar
yang luas. Oleh karena itu, usaha budidaya pembesaran lele sangkuriang akan terus
berjuang merebut pasar dan memperluas jalur distribusi yang dimulai dengan
pasar lokal.
1.4 Time Table Membangun Bisnis
Berikut ini adalah tabel kegiatan
membangun bisnis :
Kegiatan
|
Bulan
12 minggu ke-1
|
Bulan
12 minggu ke-2
|
Bulan
12 minggu ke-3
|
Bulan
12 minggu ke-4
|
Bulan
1 sampai 12
|
Survey Lokasi
|
|
|
|
|
|
Mengurus izin
|
|
|
|
|
|
Mencari Suplier
|
|
|
|
|
|
Membangun lokasi
|
|
|
|
|
|
Rekrutmen
|
|
|
|
|
|
Pemesanan Bahan Baku dan peralatan
lainnya
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
Tabel
2. Time Table Membangun Bisnis
BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1 Identifikasi Peluang Pasar
Banyaknya
permintaan untuk lele di setiap tempat warung makan terus meningkat, dari
warung makan yang ada di pinggiran jalan, warung makan yang elit atau eksklusif,
hingga konsumsi rumah tangga. Lele adalah salah satu lauk favorit di warung
makan setelah daging ayam. Kemudian hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang
untuk mengembangbiakan ikan lele. Sekarang sudah banyak peternak lele di
Indonesia, terutama di daerah Jawa.
Di sini kami
melihat peluang bisnis untuk budidaya ikan lele memiliki prospek yang bagus.
Dengan konsep makanan dengan lauk ikan terutama lele itu nikmat, enak, dan
murah, maka disini kami berusaha untuk membuka bisnis di bidang peternakan lele
yaitu pembesaran lele sangkuriang. Dilihat dari tabel proyeksi dan nilai
budidaya lele 2009-2014 yang mengalami peningkatan. Dari hal tersebut kami
melihat peluang pasar yang terbuka lebar, dan kami mencoba untuk mengusung
usaha tersebut.
2.2 Bentuk Pasar yang Dilayani
Bentuk pasar
yang di masuki yaitu pasar persaingan sempurna. Di mana pasar ini memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Perusahaan
adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan
yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa
pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas
harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara
keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
2.
Tiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya
perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini
dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan
kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang
diinginkannya.
3.
Menghasilkan
barang homogen
Maksudnya
adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang
dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang
ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan
manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
4.
Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam
pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat
banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama
mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan
perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa
menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
2.3 Analisis Pesaing
Pesaing
dari Budidaya Lele Sangkuriang yaitu sebagai berikut :
1.
Kelompok
Tani Pembesaran Ikan Lele
2.
Beberapa
Pengusaha Ternak Lele di Daerah Purwodadi
2.4 SWOT
Analisis
Berikut
adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Budidaya Lele Sangkuriang
:
Keterangan
|
Deskripsi
|
Weght (%)
|
Skor (1-4)
|
WxS
|
Kekuatan
|
a.
Produk
inovatif baru, yaitu pembesaran lele secara organik
b.
Kualitas
produk yang baik
c.
Harga yang
kompetitif
|
50%
30%
20%
|
3
4
3
|
1,5
1,2
0,6
|
|
Total
|
|
|
3,3
|
Kelemahan
|
a.
Sebagai
penantang pasar sehingga belum diketahui prospeknya
b.
Belum banyak
pelanggan
|
40%
60%
|
-2
-2
|
-0,8
-1,2
|
|
Total
|
|
|
-2,0
|
Peluang
|
a.
Tumbuhnya
permintaan pasar
b.
Peluang
pasar masih terbuka lebar
c.
Masyarakat
banyak yang menyukai ikan lele
d.
Adanya
peluang ekspansi ke daerah lain
|
30%
20%
30%
20%
|
3
2
2
3
|
0,9
0,4
0,6
0,6
|
|
Total
|
|
|
2,5
|
Ancaman
|
a.
Harga bibit
lele yang akan mengalami kenaikan
b.
Harga pakan
lele yang akan mengalami kenaikan
c.
Fluktuasi
inflasi
d.
Kondisi
ekonomi yang kurang kondusif
|
30%
30%
15%
25%
|
-2
-2
-1
-1
|
-0,6
-0,6
-0,15
-0,25
|
|
Total
|
|
|
-1,6
|
Tabel 3. Analisis SWOT
Maka analisis
SWOT-nya adalah :
0,9
1,3
|
Gambar 1. Analisis SWOT
Dari
gambar di atas, perusahaan harus menggunakan strategi agresif karena berada
pada kuadran pertama. Strategi tersebut misalnya, yaitu menggunakan strategi
promosi yang gencar supaya meningkatkan brand
awareness yang dimiliki karena produk ini adalah produk yang alamiah dengan
pembesaran secara organik.
2.5 STP
Adapun yang menjadi segmen pasar
dari peternakan lele kami, yaitu :
1.
Segmentasi berdasarkan geografis :
Didasarkan pada wilayah Kecamatan
dan Kabupaten;
2.
Segmentasi berdasarkan demografis :
Pembagian
segmentasi demografis di usaha kami didasarkan pada semua konsumen pria dan
wanita, tingkat pendapatan dan usia;
3.
Segmentasi berdasarkan psikografis :
Didasarkan
pada semua kelompok-kelompok
menurut kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Kemudian
untuk targeting peternakan lele kami sebagai berikut :
1. Berdasarkan
geografis :
Yaitu daerah
Kecamatan Purwodadi dan Kabupaten Grobogan dan sekitarnya;
2. Berdasarkan
demografis :
Pembagian di usaha kami didasarkan pada pasar
tradisional, rumah makan, dan konsumsi rumah tangga di daerah Purwodadi dan
Kabupaten Grobogan;
3. Berdasarkan
psikografis :
Didasarkan pada segmentasi tersebut diatas peternakan
kami menargetkan konsumen dengan karakter yang sangat suka terhadap ikan
terutama lele dan yang suka terhadap kuliner. Oleh karena itu, kami akan
menjual hasil dari pembesaran lele sangkuriang kepada konsumen dengan pribadi
suka terhadap makanan ikan lele.
Sedangkan,
Budidaya Lele Sangkuriang memposisikan diri sebagai market follower yaitu
pengikut pasar dari pesaing-pesaing yang telah ada sebelumnya.
2.6 Bauran Pemasaran
2.6.1 Produk
Produk yang
ditawarkan adalah lele sangkuriang yang sudah berumur 2 bulan. Satu kantong
plastik lele dengan berat 1 kg berisikan 9-12 lele sangkuriang.
Gambar 2. Lele Sangkuriang
2.6.2 Harga
Berikut
adalah daftar harga lele sangkuriang selama satu tahun :
Keterangan
|
Bulan
1 dan 2
|
Bulan
3 dan 4
|
Bulan
5 dan 6
|
Bulan
7 dan 8
|
Bulan
9 dan 10
|
Bulan
11 dan 12
|
Lele Sangkuriang 1 kg (isi 9-12)
|
Rp 15.000
|
Rp 15.500
|
Rp 16.000
|
Rp 16.500
|
Rp 16.500
|
Rp 16.500
|
Tabel 4. Daftar Harga Lele Sangkuriang
selama Satu Tahun
2.6.3 Promosi
Untuk promosi,
kami akan mempromosikannya melalui jejaring sosial, menelpon pembeli tetap, dan
dari mulut ke mulut.
2.6.4 Placement
Distribusi
bahan baku dengan transportasi mobil dari pemasok dan penjualan lele
sangkuriang di jual ke pasar-pasar tradisional, di kirim ke rumah makan, atau
bisa di beli langsung di tempat pembesaran lele.
2.7 Estimasi Penjualan
Berikut
ini adalah budget penjualan dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Tabel 5. Estimasi Penjualan
BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASI
3.1 Perencanaan Produk
Produk yang kami
pilih adalah ikan lele dengan kualitas baik, yaitu jenis ikan lele sangkuriang.
Kami memilih berinvestasi dalam usaha budidaya lele sangkuriang karena ada sejumlah keunggulan yang
ditawarkan, di antaranya permintaan pasar terus meningkat, teknik pemeliharaan
sederhana, masa pemeliharaan relatif singkat, lele tergolong jenis ikan tahan
banting karena tahan terhadap penyakit, perputaran modal cepat, dan mudah
mendapatkan benih. Budidaya ikan lele sangkuriang menggunakan teknik pembesaran
secara organik, dengan menggunakan bahan-bahan tidak berbahaya dan ramah
lingkungan.
Dalam penjagaan
kualitas air memang sangat kritikal, semakin beragam material yang masuk ke
dalam kolam budidaya, maka semakin kritis kualitas airnya. Untuk itu, kami
menggunakan pupuk kompos untuk direndam dalam air selama 7 hari agar air
mengandung mikroorganisme yang sangat diperlukan untuk menjaga kualitas air dan
dapat berfungsi untuk membantu sistem pencernaan lele. Setelah air kolam siap
untuk digunakan, maka bibit lele dengan ukuran 7-8 cm sebanyak 23.000 ekor siap
untuk dibesarkan dalam kolam.
Pembesaran ikan
lele dilaksanakan selama 2 bulan. Selama pembesaran ikan lele, kami menggunakan
bahan-bahan organik, pakan lele dijaga secara baik, dan pemberian pakan secara
teratur. Ketika mendapati ikan lele yang berpenyakit, kami menanganinya dengan
obat-obatan organik yang tidak akan membahayakan bagi ikan lele lainnya. Dalam
pembesaran lele, kami mengestimasikan ada 3% lele yang mati dari total
keseluruhan benih yang ditebar, yakni sebesar 690 ekor. Setelah ikan besar dan
siap panen, maka lele akan dipanen dan dikemas dengan kantong plastik, serta
siap jual.
3.2 Perencanaan Lokasi Perusahaan
Adapun
alternatif lokasi yang diambil dari Budidaya Lele Sangkuriang ini yaitu sebagai
berikut :
Faktor
|
Bobot
|
|
Nilai
|
|
Total
(Bobot * Nilai)
|
||
|
|
Purwodadi
|
Toroh
|
Godong
|
Purwodadi
|
Toroh
|
Godong
|
Ketersediaan Bahan
|
0,1
|
95
|
80
|
75
|
9,5
|
8
|
7,5
|
Letak Pasar yang dituju
|
0,2
|
92
|
80
|
80
|
18,4
|
16
|
16
|
Tenaga air dan Listrik
|
0,1
|
85
|
79
|
80
|
8,5
|
7,9
|
8
|
Tenaga Kerja
|
0,1
|
75
|
80
|
85
|
7,5
|
8
|
8,5
|
Transportasi
|
0,1
|
89
|
80
|
85
|
8,9
|
8
|
8,5
|
Lingkungan Masyarakat
|
0,2
|
70
|
80
|
85
|
14
|
16
|
17
|
Rencana masa depan untuk
perluasan
|
0,2
|
80
|
85
|
85
|
16
|
17
|
17
|
Total
|
82,8
|
80,9
|
82,5
|
Tabel 6. Pemilihan Lokasi Perusahaan
Dari
pemberian bobot pada tabel di atas adalah :
a.
Ketersediaan
bahan diberikan bobot sebesar 0,1 karena bahan merupakan faktor dalam proses
produksi;
b.
Letak
pasar yang dituju diberikan bobot 0,2 atau diberikan bobot yang lebih tinggi
dari yang lainnya karena produk kami adalah produk yang akan dikonsumsi oleh
konsumen akhir sehingga pasar yang dituju merupakan faktor yang sangat penting
demi tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan;
c.
Tenaga
listrik dan air diberikan bobot sebesar 0,1 karena diperlukan untuk proses
produksi;
d.
Tenaga
kerja diberikan bobot sebesar 0,1 karena usaha membutuhkan tenaga kerja yang
cukup ahli sehingga suplai tenaga kerja juga menjadi pertimbangan yang patut
diperhitungkan;
e.
Tranportasi
memiliki bobot 0,1 karena faktor transportasi dipakai ketika bahan datang dan
saat akan dipanen;
f.
Lingkungan
masyarakat diberi bobot sebesar 0,2 karena lingkungan masyarakat yang mendukung
akan menentukan kesuksesan bisnis;
g.
Rencana
masa depan untuk perluasan memiliki bobot 0,2 karena kami juga mempertimbangkan
ekspansi untuk kemajuan di masa depan.
Maka
terlihat bahwa lokasi Budidaya Lele Sangkuriang ini adalah di daerah Purwodadi.
Adapun pertimbangan untuk memilih lokasi pada tempat tersebut adalah
berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut :
a.
Ketersediaan
bahan baku yang cukup potensial;
b.
Letak
pasar yang dituju dekat karena letak pasar tujuan kami adalah seluruh daerah di
Purwodadi;
c.
Tenaga
listrik dan air baik;
d.
Ketersediaan
tenaga kerja yang cukup ahli;
e.
Fasilitas
transportasi baik dan lancar;
f.
Lingkungan
masyarakat cukup baik dengan lingkungan yang kondusif.
3.3 Perencanaan Kapasitas
Untuk
mengetahui kapasitas Budidaya Lele Sangkuriang maka berikut ini adalah tabel
kapasitas berdasarkan permintaan :
Keterangan
|
Bulan
1 dan 2
|
Bulan
3 dan 4
|
Bulan
5 dan 6
|
Bulan
7 dan 8
|
Bulan
9 dan 10
|
Bulan
11 dan 12
|
Kapasitas
|
2300 kg
|
2500 kg
|
2700 kg
|
2900 kg
|
3100 kg
|
3300 kg
|
%
|
69,6 %
|
75,7 %
|
81,8 %
|
87,8 %
|
93,9 %
|
100 %
|
Tabel 7. Kapasitas
Produksi Budidaya Lele Sangkuriang
3.4 Perencanaan Proses Produksi
Berikut
ini adalah gambar yang menunjukkan proses produksi dari Budidaya Lele
Sangkuriang :
Gambar 3. Proses
Produksi Budidaya Lele Sangkuriang
Pembelian
bibit lele dari pemasok, benih yang digunakan dalam pembesaran lele sangkuriang
biasanya berukuran 5-6 cm, 7-8 cm, dan 9-10 cm. Namun, di sini kami menggunaakn
benih dengan ukuran 7-8 cm. Semakin besarnya ukuran benih lele yang digunakan,
panen lele sangkuriang ukuran konsumsi akan semakin cepat.
Pembesaran
bibit lele dalam kolam terpal, pembesaran lele sangkuriang adalah kegiatan
usaha membesarkan benih lele sangkuriang hingga mencapai ukuran konsumsi di
dalam kolam terpal berukuran 4 x 10 m. Benih lele yang ditebar adalah sebanyak
23.000 ekor. Tinggi air 0,5 m dan akan ditambah dengan air tergantung dengan
pertumbuhan lele.
Pemberian
pakan secara teratur, frekuensi pemberian pakan pun tidak 2-3 kali sehari,
melainkan bisa lebih sering dari itu, yakni 5-6 kali sehari. Hal penting yang
harus diperhatikan adalah jarak antara pemberian pakan, yakni minimum 2-3 jam.
Misalnya, pemberian pakan pertama pada pukul 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, dan
pukul 19.00. jika masih ingin memberi pakan, batas terakhir pada pukul 21.00
tau 22.00.
Sortiran
lele menurut besar ukuran lele, penyortiran benih adalah kegiatan menyeleksi
benih sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Penyortiran benih bertujuan untuk
mendapatkan keseragaman ukuran benih. Selain itu, untuk menghindari benih yang
memiliki ukuran lebih besar karena bisa memakan benih yang berukuran kecil.
Pemberantasan
penyakit dengan obat organik, pada umumna penyakit yang menyerang lele
disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit. Pemicunya adalah faktor kelalaian
manusia dalam pemeliharaan, misalnya kesalahan pola dan jenis pemberian pakan. Penyakit
pada lele dapat diatasi dengan obat atau ramuan herbal yang dicampurkan ke
dalam kolam.
Masa
panen, untuk memanen lele konsumsi harus dilakukan dengan hati-hati agar
diperoleh hasil yang baik. Memanen lele konsumsi menggunakan peralatan yang
berbahan halus dan licin. Jadi, tidak akan melukai kulit lele.
Pengemasan
dengan kantong plastik, pengemasan adalah kegiatan menempatkan ikan dalam
kantong plastik. Pengemasan dilakukan sebaik mungkin agar lele yang diangkut
tetap dalam keadaan hidup dan sehat sampai ke tujuan. Dalam pengemasan, wadah
yang digunakan diisi dengan air.
Penjualan
ke pasar, lele yang sudah dikemas di kirim ke pasar, atau bisa jga pembeli
datang langsung untuk membeli lele dalam kantong plastik. Lele yang dijual
sesuai dengan harga yang telah disepakati.
3.5 Perencanaan Jumlah Mesin, Peralatan, dan
Perlengkapan
Dalam
memulai usaha, maka dibutuhkan investasi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan
sebelum memulai usahanya, berikut ini adalah perinciannya :
Tabel 8. Investasi
Budidaya Lele Sangkuriang
Sedangkan, untuk tempat budidaya ikan lele akan
dilakukan pada tanah sewa seharga Rp 6.000.000 per tahun dengan ukuran 300 m²
(25m x 12m). Tabel biaya sewa tanah adalah sebagai berikut :
Tabel 9. Biaya Sewa
Tanah
3.6 Perencanaan Jumlah Tenaga Kerja
Tenaga
kerja dari Budidaya Lele Sangkuriang adalah sebagai berikut :
a.
Karyawan
bagian Produksi yang terdiri dari :
1.
Penjaga
kolam saat malam hari =
1 orang
2.
Pemberi
pakan ikan saat siang hari =
1 orang
3.
Karyawan
saat panen ikan lele =
6 orang
b.
Tenaga
untuk Pembuatan Kolam Ikan dan Gudang Bambu terdiri dari :
1.
Tukang =
3 orang
c.
Tenaga
lainnya yang terdiri dari:
1.
Bagian
Administrasi dan Keuangan =
1 orang (pemilik)
2.
Bagian
Pemasaran =
1 orang (pemilik)
3.
Bagian
Pengawasan Kualitas Bahan Baku = 1 orang
(pemilik)
4.
Bagian
Pengawasan Kulitas Proses Produksi = 1 orang (pemilik)
5.
Bagian
Pengawasan Tempat Produksi = 1
orang (pemilik).
3.7 Perencanaan Layout
Berikut
ini adalah layout dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Keterangan
:
4 m
Rerumputan
Kolam
Terpal
10 m
Jalan
25 m Sumur
1
m
Gudang
Bambu
10 m
4 m 4
m 4 m
12 m
Gambar 4. Layout Budidaya Lele Sangkuriang
3.8 Sistem Operasi
Budidaya
Lele Sangkuriang merupakan perusahaan dagang yang melakukan operasi berbasis
perdagangan yaitu membeli bibit lele dari pemasok, melakukan pembesaran lele,
lalu di panen, dikemas dengan kantong plastik dan di jual ke pasar
3.9 Rencana Operasi
Rencana operasi
dilakukan dengan didasarkan atas perusahaan yang bersifat perusahaan dagang
atau distributor. Operasional dilakukan setiap hari kerja yaitu pada hari
senin-minggu dengan pembagian jam kerja, yaitu :
a.
Shift I jam 09.00 – 17.00, dan
b.
Shift II jam 17.00 – 01.00.
3.10 Manajemen Persediaan
Untuk
mengendalikan dan mengantisipasi antara persediaan dan permintaan konsumen,
maka diperlukan adanya manajemen persediaan. Pembelian bahan baku dilakukan
pada saat persediaan yang ada sudah sampai di satu titik pemesanan kembali
dimana titik tersebut merupakan kondisi yang sudah pasti dalam melakukan
pembelian bahan baku dan titik tersebut mempertimbangkan sisa bahan baku yang
tersedia disesuaikan dengan jangka waktu pemesanan, sehingga saat lead time
tidak terjadi kekosongan bahan baku dan selalu dapat memenuhi permintaan
konsumen.
3.11 Kegiatan Pengawasan Kualitas
Kualitas dari
pembesaran lele sangkuriang tergantung dari cara bagaimana kami melakukan pemilihan
bibit lele, proses produksi, kualitas kolam terpal dan juga kualitas tenaga
kerja. Untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen, maka
pengawasan kualitas bahan baku dan pengawasan kualitas proses produksi sangat
penting untuk dilakukan.
1.
Pengawasan Kualitas
Bibit Lele Sangkuriang
Kualitas
bahan baku sangatlah penting, bahan baku dari pemasok serta bahan pendukung
lainnya telah disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan. Bahan baku yang
diterima dari suplier harus dalam keadaan baik dan bagus sehingga menjadikan
lele sangkuriang ini berkualitas nomor satu.
2.
Pengawasan Proses
Produksi
Di dalam proses produksi,
pengawasan dilakukan dengan melalui tiga cara, yaitu :
a. Pengawasan
Karyawan
Pengawasan karyawan
dilakukan oleh pemilik sendiri. Pengawasan ini dilakukan agar kinerja dari para
karyawan dapat optimal dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi
dan kebersihan tetap terjaga. Selain itu juga memperkecil risiko dari kerusakan
produk maupun peralatan lainnya.
b. Pengawasan
Pemberian Pakan
Pengawasan diperlukan
agar lele diberi pakan sesuai dengan aturan. Pakan yang diberikan dengan
komposisi yang benar, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Pakan
yang diberikan harus secara merata agar pertumbuhan dari lele sangkuriang juga
akan merata.
c. Pengawasan
Hasil Produksi
Pengawasan dilakukan
oleh pemilik sendiri. Pengawasan ini dilakukan agar kualitas lele sangkuriang
tetap baik dan terhindar dari penyakit. Hasil produksi ditimbang dengan benar
dan dikemas menggunakan kantong plastik.
3.
Pengawasan Tempat Produksi
Kualitas dari tempat
produksi yaitu kolam terpal harus tetap dijaga. Kolam terpal yang mengalami
kerusakan secepatnya dapat diperbaiki. Kualitas air juga menjadi penting demi
pertumbuhan ikan. Banyaknya air dalam kolam harus tetap diperhatikan.
3.12 Perhitungan HPP
Berikut adalah
perhitungan HPP pada :
-
BBB
Tabel 10. Perhitungan HPP Bahan Baku
Keterangan Bulan 1 dan 2 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, dalam 1 m² = 100 ekor, jadi
dalam 230 m² dibutuhkan 230 m² x 100 ekor = 23.000 ekor. 23.000 ekor x Rp 250
adalah Rp 5.750.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 57,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 431.250
Pakan Pelet PL2 115 kg x Rp 6.500/kg = Rp 747.500
Pakan Pelet PL3 230 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.495.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 460 kg x Rp
5.500 = Rp 2.530.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 50 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 50 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 100.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 210 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 210 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 210.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 50.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 5 x Rp 5.000 adalah Rp 25.000
Keterangan Bulan 3 dan 4 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 25.000 ekor x Rp 250 adalah
Rp 6.250.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 62,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 468.750
Pakan Pelet PL2 125 kg x Rp 6.500/kg = Rp 812.500
Pakan Pelet PL3 250 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.625.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 500 kg x Rp
5.500 = Rp 2.750.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 70 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 70 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 140.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 230 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 230 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 230.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 50.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 7 x Rp 5.000 adalah Rp 35.000
Keterangan Bulan 5 dan 6 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 27.000 ekor x Rp 250 adalah
Rp 6.750.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 67,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 506.250
Pakan Pelet PL2 135 kg x Rp 6.500/kg = Rp 877.500
Pakan Pelet PL3 270 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.755.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 540 kg x Rp
5.500 = Rp 2.970.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 90 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 90 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 180.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 250 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 250 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 250.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 75.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 9 x Rp 5.000 adalah Rp 45.000
Keterangan Bulan 7 dan 8 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 29.000 ekor x Rp 250 adalah
Rp 7.250.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 72,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 543.750
Pakan Pelet PL2 145 kg x Rp 6.500/kg = Rp 942.500
Pakan Pelet PL3 290 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.885.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 580 kg x Rp
5.500 = Rp 3.190.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 110 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 110 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 220.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 270 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 270 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 270.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 75.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 11 x Rp 5.000 adalah Rp 55.000
Keterangan Bulan 9 dan 10 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 31.000 ekor x Rp 250 adalah
Rp 7.750.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 77,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 581.250
Pakan Pelet PL2 155 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.007.500
Pakan Pelet PL3 310 kg x Rp 6.500/kg = Rp 2.015.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 620 kg x Rp
5.500 = Rp 3.410.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 130 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 130 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 260.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 290 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 290 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 290.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 100.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 13 x Rp 5.000 adalah Rp 65.000
Keterangan Bulan 11 dan 12 :
-
Harga
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 33.000 ekor x Rp 250 adalah
Rp 8.250.000
-
Harga
Pakan Pelet L1 82,5 kg x Rp 7.500/kg =
Rp 618.750
Pakan Pelet PL2 165 kg x Rp 6.500/kg = Rp 1.072.500
Pakan Pelet PL3 330 kg x Rp 6.500/kg = Rp 2.145.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 660 kg x Rp
5.500 = Rp 3.630.000
-
Harga
Dedak untuk 230 m² adalah 150 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 150 kg x
Rp 2.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
Ragi untuk 230 m² adalah 310 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 310 gr x
Rp 1.000 adalah Rp 310.000
-
Harga
Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk
kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-
Harga
obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 100.000
-
Harga
plastik Rp 5.000/bungkus, 15 x Rp 5.000 adalah Rp 75.000
-
BTKL
Tabel 11. Perhitungan HPP Tenaga Kerja
Keterangan :
-
Gaji
karyawan penjaga kolam untuk malam hari Rp 25.000 per hari. Jadi, untuk 2 bulan
atau 60 hari x Rp 25.000 x 1 orang adalah Rp 1.500.000
-
Gaji
karyawan penebar pakan untuk siang hari Rp 30.000 per hari. Jadi, untuk 2 bulan
atau 60 hari x Rp 30.000 x 1 orang adalah Rp 1.800.000
-
Gaji
karyawan pada saat panen lele Rp 200.000. Jadi, Rp 200.000 x 1 kali panen x 6
orang adalah Rp 1.200.000
*tidak ada kenaikan gaji tiap periodenya
-
BOP
Tabel 12. Perhitungan HPP Overhead
Keterangan :
*tidak ada kenaikan tiap periodenya
- HPP
Tabel 13. Perhitungan HPP
BAB IV
ASPEK SDM
4.1 Penentuan Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi
Pekerjaan
Berikut ini
adalah deskripsi pekerjaan atau job
description dari Budidaya Lele Sangkuriang :
1.
Pemilik (Manajer)
Pemilik
usaha yang terdiri dari 5 orang merangkap sebagai manajer sekaligus pengawas
yang bertugas memimpin usaha bisnis pengembangbiakan Lele Sangkuriang mulai
dari perencanaan, pelaksanaan atau implementasi, dan evaluasi kinerja usaha
bisnis ini. Pemilik juga bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bisnis dan
memiliki wewenang penuh akan bagian – bagian tugas dalam bisnis ini dan
memiliki wewenang untuk mengelola keuangan usaha ini.
2. Bagian
Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
-
Bagian pembuatan kolam
terpal adalah tukang. Pembuatan kolam terpal dengan cara memotong bambu sesuai
ukuran dan membuat rangkaian bambu yang akan digunakan untuk menguatkan posisi
terpal. Sebanyak 6 kolam terpal dengan ukuran dari kolam adalah 4 m x 10 m x 1
m dan ukuran terpal 6 m x 12 m. Setelah kolam terpal selesai dibuat selanjutnya
diisi air bersih yang bebas limbah dan bahan kimia setinggi 50 cm ke dalam
kolam, lalu melakukan pengomposan air dengan menggunakan kotoran hewan ternak
untuk menyesuaikan ph air untuk pengembangbiakan benih lele,
-
Bagian pembuatan gudang
bambu adalah tukang dengan cara menyusun bambu dan dibentuk seperti rumah
kecil. Gudang bambu beratapkan genting agar tidak basah ketika hujan.
-
Bagian pembuatan kolam
terpal dan gudang bambu sejumlah 3 orang tukang yang menyelesaikan pekerjaannya
selama 3 hari dengan waktu kerja selama 9 jam dari pukul 08.00 – 17.00.
3. Bagian
Pemilihan Bibit Lele Sangkuriang
-
Bagian pemilihan dan
penebaran benih bertugas untuk memilih benih yang akan disebar dengan
memperhatikan kualitas benih, keseragaman ukuran benih lalu menebarkan benih dengan
cara yang aman dan benar agar tidak membuat benih stress saat dimasukkan ke
kolam.
-
Bagian pemilihan bibit
lele dilakukan oleh salah satu pemilik yang menjadi pengawasan kualitas bibit
lele, tugasnya untuk memilih dan menebar benih yang akan dikembangbiakkan dan
kesiapan benih untuk dibesarkan di dalam kolam dibantu oleh karyawan.
4. Bagian
Tata Guna Pakan
-
Bagian tata guna pakan
bertugas untuk memilih jenis pakan apa yang akan diberikan kepada benih – benih
lele dan proporsi pakan tersebut diberikan.
-
Bagian tata guna pakan
dilakukan oleh salah satu pemilik selaku pengawas proses produksi untuk
melakukan pengawasan pada saat memberi makan benih yang tidak berlebihan atau
kurang agar pertumbuhan benih lele tidak terganggu dan bisa maksimal.
5. Bagian
Tata Guna Tempat Produksi
-
Bagian tata guna tempat
produksi bertugas untuk mengawasi kelayakan dari kolam terpal, apakah terjadi
kerusakan dan sebagainya.
-
Bagian tata guna tempat
produksi adalah salah satu pemilik selaku pengawasan tempat produksi.
6. Bagian
Administrasi dan Keuangan
-
Bagian administrasi dan
keuangan bertugas untuk mengurusi administrasi dan keuangan dalam hal
pencatatan dan pembuatan laporan transaksi serta laba/rugi perusahaan selama 1
periode (per 2 bulan).
-
Bagian administrasi dan
keuangan dilakukan oleh salah satu pemilik.
7. Bagian
Pemasaran
-
Bagian pemasaran
bertugas melakukan kegiatan pemasaran Lele Sangkuriang dengan cara menghubungi
para penjual ikan dan pembeli akhir dari lele sangkuriang.
-
Bagian pemasaran
dilakukan oleh salah satu pemilik.
8. Bagian
Proses Produksi
-
Karyawan penjaga kolam
saat malam hari bertugas mengawasi, menjaga kolam, memberi pakan ketika malam
hari, waktu bekerja dari hari senin-minggu selama 8 jam per hari, dari pukul
17.00 – 01.00.
-
Karyawan pemberi pakan saat
siang hari bertugas memberi pakan secara teratur, menjaga kolam saat siang
hari, mengawasi perilaku ikan lele. Waktu bekerja dari hari senin-minggu selama
8 jam per hari, dari pukul 09.00 – 17.00.
-
Karyawan saat masa
panen lele bertugas untuk mengambil lele dari kolam terpal, menimbang lele dan
mengemas dengan kantung plastik.
Untuk lebih
jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :
No.
|
Jabatan
|
Tugas
|
Tanggung Jawab
|
Wewenang
|
1
|
Pemilik
|
Mengawasi jalannya usaha dan mengelola
keuangan bisnis
|
Bertanggung jawab atas kelangsungan
hidup usaha dan kinerjanya
|
Membuat perencanaan, memimpin,
mengawasi dan mengevaluasi kinerja bisnis
|
2
|
Bagian Pembuatan Kolam dan Gudang
Bambu
|
Menjalankan proses pembuatan kolam dan
gudang bambu
|
Bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan
|
Memilih metode yang digunakan untuk
membuat kolam dan gudang bambu
|
3
|
Bagian Pemilihan Bibit Lele
|
Memilih bibit yang sesuai ukuran dan
kualitas
|
Bertanggung jawab kepada pemilik
lainnya
|
Memilih bibit lele yang akan digunakan
|
4
|
Bagian Tata Guna Pakan
|
Memilih pakan yang nantinya akan
diberikan ke bibit lele
|
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
|
Memilih dan membeli jenis pakan
|
5
|
Bagian Tata Guna Tempat Produksi
|
Mengatur kondisi dan ketinggian air,
serta mengawasi kolam terpal
|
Bertanggung jawab kepada pemilik
lainnya
|
Menentukan jenis air yang akan
ditambahkan ke dalam kolam dan memperbaiki jika terjadi kerusakan
|
6
|
Bagian Administrasi dan Keuangan
|
Mengurusi administrasi dan keuangan
perusahaan
|
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
|
Membuat laporan keuangan dan transaksi
perusahaan
|
7
|
Bagian Pemasaran
|
Melakukan pengelolaan pemasaran
|
Bertanggung jawab kepada pemilik
lainnya
|
Melaksanakan program pemasaran
|
8
|
Bagian Proses Produksi
|
Menjalankan proses produksi
|
Bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan
|
Mengatur jalannya produksi dari
pemberian pakan, penjagaan kolam terpal, dan panen lele
|
Tabel
14. Deskripsi Pekerjaan Budidaya Lele Sangkuriang
Spesifikasi
pekerjaan untuk masing-masing bagian perusahaan adalah sebagai berikut :
1.
Bagian Pembuatan Kolam
dan Gudang Bambu
-
Jenis Kelamin : Pria
-
Usia : 18-40 tahun
-
Kebutuhan : 3 orang
-
Pengalaman Kerja :
tukang
-
Karakter lain : giat
bekerja dan bertanggung jawab
2.
Bagian Proses Produksi
-
Jenis Kelamin : Pria
-
Usia : 18-40 tahun
-
Kebutuhan :
o Shift
Siang : 1 orang
o Shift
malam : 1 orang
o Masa
Panen : 6 orang
-
Pengalaman Kerja :
tidak diutamakan
-
Karakter lain : jujur,
giat bekerja, disiplin, bertanggung jawab, dan teliti
Gambar
5. Struktur Organisasi
4.2 Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi
Dalam
melakukan perekrutan kami lebih mengutamakan perekrutan secara internal yaitu
merekrut tenaga kerja yang telah kami kenal atau penduduk dari lingkungan
sekitar perusahaan. Seleksi dilakukan untuk mengetahui personalitas calon
karyawan dan seberapa cocok sifat dan sikap mereka untuk diperkerjakan di
bisnis ini. Orientasi dilaksanakan melalui bimbingan langsung oleh pemilik
secara on the job.
4.3 Produktivitas
Sistem
produktivitas akan mengkaji kinerja karyawan, yaitu apakah karyawan dapat
memenuhi standar kinerja dari usaha ini. Adapun standar kinerja untuk masing –
masing bagian yaitu sebagai berikut:
Bagian
|
Standar
Produktivitas
|
Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
|
Mampu membuat kolam dan Gudang Bambu
sesuai standar kebutuhan
|
Bagian Pemilihan Bibit Lele
|
Mampu memilih bibit dengan kualitas
baik sesuai dengan ukuran yaitu 7-8 cm
|
Bagian Tata Guna Pakan
|
Mampu memilih jenis pakan yang sesuai
dengan usia lele dan berkualitas baik
|
Bagian Tata Guna Tempat Produksi
|
Mampu mengatur ketinggian air dan
memperbaiki kolam terpal yang rusak
|
Bagian Administrasi dan Keuangan
|
-
Mampu
membuat laporan keuangan dengan baik
-
Tidak adanya
selisih kas di tangan dengan catatan laporan keuangan lebih dari 5%
|
Bagian Pemasaran
|
-
Mampu
mendesain promosi perusahaan dengan baik
-
Mampu
meningkatkan penjualan perusahaan
|
Bagian Proses Produksi
|
-
Memberi
pakan sesuai dengan aturan
-
Mengetahui
perilaku lele yang terkena penyakit
-
Menjaga
kolam terpal saat siang dan malam hari
-
Dapat
memanen lele dan mengemasnya dengan rapi
|
Tabel 15. Standar Produktivitas
4.4 Pelatihan
Pelatihan
akan dilakukan pada saat karyawan direkrut, dibimbing langsung oleh pemilik
dengan cara diberi pengarahan dan penjelasan. Pelatihan juga akan terus diberi
ketika implementasi usaha.
4.5 Performance Apprasial
Penilaian
kinerja akan dilaksanakan sesuai dengan indikator kinerja yang ada ada tabel 15
dan dilaksanakan setiap hari.
4.6 Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Dalam melakukan
proses Budidaya Lele Sangkuriang, tenaga kerja dijamin keselamatan kerjanya
karena proses ini tidaklah membahayakan keselamatan jiwa dari tenaga kerja yang
ada. Selain itu, kondisi tambak dan lingkungannya juga tidak berbahaya bagi
kesehatan maupun keselamatan jiwa karyawan.
4.7 Peraturan Kerja
Peraturan
kerja dari Budidaya Lele Sangkuriang adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
Bagian Penjaga Kolam saat Malam Hari dan Pemberi Pakan saat Siang Hari :
- Datang dengan tepat waktu;
- Pemberian pakan secara teratur, yaitu
pagi, siang, dan malam;
- Pemberian pakan harus sesuai takaran dan
secara merata;
- Pengobatan terhadap lele yang sakit
dengan obat organik;
- Jika tidak datang bekerja harus ada ijin.
2.
Untuk
Karyawan Masa Panen :
- Datang dengan tepat waktu;
- Panen lele secara bersamaan dan
mengunakan jaring;
- Dalam pengemasan lele harus rapi dan
bersih.
Untuk dekrutmen,
karyawan akan dikeluarkan jika :
1.
Melakukan
kesalahan yang berakibat fatal bagi benih lele, contoh: berlebihan saat memberi
pakan, tidak menambah air saat lele sudah mencapai jumlah yang berlebihan;
2.
Tidak
masuk kerja sebanyak 3 hari berturut – turut tanpa ada pemberitahuan;
3.
Tenaga
kerja ingin keluar sendiri. Dalam kasus ini, tenaga kerja yang bersangkutan
harus memberi tahu lebih awal 1 minggu sebelumnya.
Berikut
adalah gaji dari para karyawan dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Keterangan
|
Banyak
Karyawan
|
Gaji
|
Waktu
Kerja per periode (per 2 bulan)
|
Total
Gaji tiap periode (per 2 bulan)
|
Pemberi Pakan Siang Hari
|
1 orang
|
Rp 30.000 per hari
|
60 hari
|
Rp 1.800.000
|
Penjaga Kolam Malam Hari
|
1 orang
|
Rp 25.000 per hari
|
60 hari
|
Rp 1.500.000
|
Saat Masa Panen
|
6 orang
|
Rp 200.000 per panen
|
1 kali panen
|
Rp 1.200.000 untuk 6 orang
|
Tabel 16. Sistem Penggajian
Sedangkan, total penggajian Budidaya Lele
Sangkuriang untuk 1 tahun ke depan adalah, sebagai berikut :
Tabel 17. Penggajian Budidaya Lele
Sangkuriang selama Satu Tahun
Keterangan :
*tidak ada
kenaikan gaji pada tiap periode.
BAB V
ASPEK HUKUM
5.1 Pelaksana Bisnis
Dilihat dari jenis usahanya, budidaya lele
termasuk usaha kecil. Oleh karena itu, badan usaha yang paling tepat adalah
perusahaan perseorangan. Jadi, yang terlibat dalam usaha budidaya lele sebagai
pengambil keputusan adalah perusahaan perseorangan pendiri perusahaan.
5.2 Tempat Kedudukan Bisnis
Tempat
kedudukan bisnis dengan rincian sebagai berikut :
1.
Perencanaan
Wilayah
Budidaya
Lele Sangkuriang akan berlokasi di daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan, karena
lokasi ini adalah lokasi yang masih banyak memiliki tanah kosong untuk dapat
diduduki usaha seperti ternak lele sehingga memiliki prospek ke depan yang bagus.
2.
Status
Tanah
Status
tanah yang akan digunakan adalah tanah sewa dengan harga Rp 6.000.000 per
tahun.
5.3 Waktu Pelaksanaan Binis
Surat Izin Lingkungan
oleh masyarakat setempat ditetapkan selama perusahaan menjalankan kegiatan
usahanya.
5.4 Peraturan Pelaksanaan Bisnis
Aspek
yuridis dan perijinan pada dasarnya menyangkut izin usaha. Dalam hal ini,
Budidaya Lele Sangkuriang berdiri di daerah Purwodadi yang harus mematuhi peraturan
masyarakat setempat. Menurut peraturan masyarakat Purwodadi, tidak ada
peraturan yang menentang pendirian bisnis ini, namun terdapat syarat untuk
mengurus pembukaan izin usaha sehingga dalam melaksanakan usaha ini dapat
berjalan dengan lancar. Perizinan usaha ini dilakukan dengan cara meminta
persetujuan atau tanda tangan dari masyarakat setempat di mana usaha lele
tersebut.
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
6.1 Kebutuhan Dana
Modal
untuk awal pelaksanaan usaha (Bulan 1 dan 2) terdiri dari :
1.
Biaya
Investasi Rp 6.807.000
2.
Biaya
Sewa Rp 1.000.000
3.
Biaya
Bahan Baku Rp 11.638.750
4.
Biaya
Tenaga Kerja Rp 4.500.000
5.
Biaya
Overhead Rp 500.000 +
Total Modal = Rp
24.445.750
6.2 Sumber Dana
Sumber
modal berasal dari modal sendiri pemilik sebesar Rp 26.000.000 dan digunakan hanya
sebesar Rp 24.445.750.
6.3 Laporan Keuangan
6.3.1 Laporan Laba/Rugi
LABA/RUGI
BUDIDAYA PEMBESARAN LELE SANGKURIANG
UNTUK SATU TAHUN
Tabel 18. Laporan Laba/Rugi Budidaya
Lele Sangkuriang selama Satu Tahun
6.3.2 Arus Kas
ARUS KAS
BUDIDAYA PEMBESARAN LELE
SANGKURIANG UNTUK SATU TAHUN
Tabel 19. Arus Kas Budidaya Lele
Sangkuriang selama Satu Tahun
6.4 Metode Penilaian Investasi
6.4.1 Net Present Value (NPV)
Initial Investment = Rp 24.445.750
Tabel 20. NPV Budidaya Lele Sangkuriang
untuk Satu Tahun
Keterangan :
-
Initial
Investment = HPP + Biaya Investasi + Biaya Sewa
-
Cash
Inflow = EAT + Depresiasi
-
Present
Value = Cash Inflow x NSFB
-
Net
Present Value = Total Present Value – Initial Investment
Karena
NPV > 0, maka nilai pendapatan bersih yang akan diterima di masa datang
lebih besar dari investasi yang ada saat ini.
6.4.2 Profitability Index (PI)
PI > 1 maka
usaha disebut layak
PI = Total
PV
Initial Investment
=
Rp 132.699.931
Rp 24.445.750
= 5,43
PI pada usaha
ini sebesar 5,43 dan lebih dari 1, maka usaha ini disebut layak. Artinya,
perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih di masa mendatang
dengan nilai sekarang investasinya lebih besar.
6.4.3 Pay Back Period (PBP)
Semakin pendek
pay back period maka akan semakin layak usaha tersebut. Asumsikan bahwa usaha disebut layak bila investasi kembali tidak lebih
dari satu tahun.
Periode
|
Cash
Inflow
|
|
Keterangan
|
Bulan 0
|
(Rp 24.445.750)
|
(Rp 24.445.750)
|
|
Bulan 1 dan 2
|
Rp 16.861.250
|
(Rp 7.584.500)
|
Investasi belum kembali
|
Bulan 3 dan 4
|
Rp 20.088.750
|
Rp 12.504.250
|
Investasi sudah kembali
|
Bulan 5 dan
6
|
Rp 23.491.250
|
Rp 35.995.500
|
Investasi sudah kembali
|
Bulan 7 dan
8
|
Rp 27.118.750
|
Rp 63.114.250
|
Investasi sudah kembali
|
Bulan 9 dan
10
|
Rp 29.371.250
|
Rp 92.485.500
|
Investasi sudah kembali
|
Bulan 11 dan 12
|
Rp 31.648.750
|
Rp 124.134.250
|
Investasi sudah kembali
|
Tabel 21. Payback
Periode Budidaya Lele Sangkuriang
PBP = 2 bulan + Rp
7.584.500 bulan
Rp
20.088.750
PBP = 2 bulan + 0,38
bulan
PBP = 2,38 bulan
Jadi, usaha di atas disebut
layak karena investasi dapat kembali kurang dari jangka waktu satu tahun.
6.4.4 Internal Rate of Return (IRR)
IRR
yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila laju
pengembaliannya (rate of return) lebih besar dari pada laju pengembalian
apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain).
Initial Investment = Rp 24.445.750
Tabel 22. IRR Budidaya Lele Sangkuriang
Interpolasi
75% 26.390.717
X 1.944.967
0,1 IRR 24.445.750 3.243.857
85% 23.146.860
X = 1.944.967
0,1 3.243.857
3.243.857X = 194.497
X = 194.497
3.243.857
X = 0,0599
Jadi, IRR adalah
sebesar 75% + X
IRR = 75% + 0,0599
IRR = 80,99% atau 81%
IRR > tingkat suku
bunga disebut layak
Jadi,
berdasarkan hasil perhitungan di atas, usaha ini dikatakan layak karena IRR
atau tingkat pengembalian internal perusahaan sebesar 81% yang lebih besar dari
pada suku bunga bank yaitu 6,75% (suku bunga deposito pada Bank Danamon
Indonesia per 8 November 2013).
6.4.5 Break Even Point (BEP)
BEP
= FC
1-(VC/S)
Keterangan :
FC : Fix Cost (biaya
tetap)
VC : Variable Cost (biaya variabel)
S : Sales (penjualan)
Tabel 23. BEP Budidaya Lele Sangkuriang
BAB VII
ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI
7.1 Aspek Sosial
Dalam
aspek sosial Budidaya Lele Sangkuriang memberikan berbagai manfaat sosial bagi
masyarakat Purwodadi-Grobogan pada umumnya. Berbagai manfaat sosial dari adanya
usaha ini adalah :
1.
Meramaikan
dunia usaha Kabupaten Grobogan;
2.
Masyarakat
dapat memperoleh ikan lele dengan harga terjangkau.
7.2 Aspek Ekonomi
Sedangkan,
kontribusi Budidaya Lele Sangkuriang dari aspek ekonomi adalah sebagai berikut
:
1.
Menyerap
tenaga kerja dari lingkungan sekitar maupun masyarakat lainnya;
2.
Memenuhi
kebutuhan konsumsi ikan lele di Purwodadi dan sekitarnya;
3.
Mampu
meningkatkan produktivitas ikan lele Kabupaten Grobogan.
BAB VIII
KESIMPULAN
Kesimpulan
dari analisis kelayakan bisnis ini adalah :
a.
Dari
aspek pemasaran, bisnis ini layak karena alasan sebagai berikut :
i.
Adanya
potensi permintaan yang terus meningkat dan akan tetap ada;
ii.
Segmentasi-targeting-positioning
yang jelas;
iii.
Harga
yang kompetitif dibandingkan pesaing;
iv.
Adanya
pangsa pasar yang dimasuki;
v.
Adanya
budget penjualan yang meningkat dan menguntungkan;
vi.
Adanya
produk yang memiliki keunggulan kompetitif yaitu pembesaran lele secara
organik;
vii.
Adanya
promosi sehingga mampu berkompetisi.
b.
Dari
aspek teknis dan operasi, bisnis ini layak karena alasan sebagai berikut :
i.
Adanya
lokasi yang mendukung Budidaya Lele Sangkuriang;
ii.
Adanya
perhitungan HPP yang jelas;
iii.
Adanya
peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan usaha;
iv.
Adanya
pemasok untuk Budidaya Lele Sangkuriang.
c.
Dari
aspek SDM, maka bisnis ini layak karena sebagai berikut :
i.
Adanya
pasar tenaga kerja dengan spesifikasi dan deskripsi pekerjaan yang diinginkan;
ii.
Adanya
perencanaan MSDM yang jelas.
d.
Dari
aspek keuangan, bisnis Budidaya Pembesaran Lele Sangkuriang adalah bisnis yang
layak karena alasan sebagai berikut :
i.
Nilai
NPV yang positif;
ii.
Nilai
PI lebih besar dari 1;
iii.
Nilai
PBP lebih kecil dari standar yang ditetapkan yaitu kurang dari 1 tahun;
iv.
Nilai
IRR yang lebih besar dari pada suku bungan bank yang berlaku (6,75%);
v.
Nilai
penjualan BEP dalam unit lebih kecil daripada nilai penjualan aktual.
e.
Dari
aspek yuridis, sosial, dan ekonomi, maka bisnis ini layak karena alasan sebagai
berikut :
i.
Aspek
sosial : dalam aspek sosial, Budidaya Lele Sangkuriang telah memenuhi dan layak
karena memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan daerah
sekitarnya;
ii.
Aspek
ekonomi : aspek ini layak karena dengan adanya Budidaya Lele Sangkuriang dapat
menyerap tenaga kerja maupun dapat memenuhi kebutuhan lele di daerah Purwodadi
dan sekitarnya, serta dapat meningkatkan produktivitas lele di Kabupaten
Grobogan;
iii.
Aspek
yuridis dan perizinan : aspek ini layak karena Budidaya Lele Sangkuriang akan mengurus
surat izin lingkungan sehingga bisnis ini dapat berjalan dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, RGB. 2011. Dongkrak Produksi Lele dengan Probiotik Organik. Jakarta: AgroMedia
Pustaka.
Http:
id.wikipedia.org/wiki/diunduh tanggal 11 November 2013.
Nasrudin. 2010. Jurus Sukses Beternak Lele Sangkuriang.
Jakarta: AgroMedia Pustaka.
Komentar
Posting Komentar