Langsung ke konten utama

Budidaya Pembesaran Lele Sangkuriang


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis (Business Plan) dengan judul “Budidaya Pembesaran Lele Sangkuriang”. Di dalam makalah ini akan membahas mengenai pendahuluan, aspek pemasaran, aspek SDM, aspek teknis dan operasi, aspek keuangan, aspek hukum, dan aspek sosial dan ekonomi mengenai produk kami. Lele sangkuriang adalah salah satu jenis lele dengan kualitas tinggi sehingga dapat lebih menguntungkan bagi para pengusaha.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan penyusunan makalah ini berkat kerja keras dari tim penyusun dan juga adanya kerja sama yang baik dari semua pihak. Terselesainya makalah ini tidak lepas dari dukungan orang tua yang telah memberikan semangat. Dan ucapan terima kasih kepada Bapak Drs. R Djoko Sampurno,M.M. dan Ibu Dra. Endang Tri Widyarti, M.M. selaku Dosen Studi Perencanaan Kelayakan Bisnis yang telah memberikan ilmu selama kami mengikuti perkuliahan.
Meskipun kami telah menyelesaikan makalah ini, kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami menantikan kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membaca.


Semarang,    November  2013


Penulis





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .....................................................................................................  1
DAFTAR ISI ....................................................................................................................  2
DAFTAR TABEL ............................................................................................................  5
DAFTAR GAMBAR .......................................................................................................  6
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................  7
1.1  Deskripsi Umum Bisnis ................................................................................................  7
1.2  Latar Belakang Ide Bisnis ............................................................................................  7
1.3  Visi dan Misi Bisnis ......................................................................................................  8
1.4  Time Table Membangun Bisnis ....................................................................................  9
BAB II ASPEK PEMASARAN .....................................................................................  10
2.1 Identifikasi Peluang Pasar ............................................................................................  10
2.2 Bentuk Pasar yang Dilayani .........................................................................................  10
2.3 Analisis Pesaing ............................................................................................................  11
2.4 SWOT Analisis .............................................................................................................  11
2.5 STP ...............................................................................................................................  13
2.6 Bauran Pemasaran ........................................................................................................  14
2.6.1 Produk ..................................................................................................................  14
2.6.2 Harga ....................................................................................................................  14
2.6.3 Promosi .................................................................................................................  14
2.6.4 Placement ..............................................................................................................  15
2.7 Estimasi Penjualan ........................................................................................................  15
BAB III ASPEK TEKNIS DAN OPERASI ..................................................................  16
3.1 Perencanaan Produk .....................................................................................................  16
3.2 Perencanaan Lokasi Perusahaan ...................................................................................  17
3.3 Perencanaan Kapasitas .................................................................................................  18
3.4 Perencanaan Proses Produksi .......................................................................................  19
3.5 Perencanaan Jumlah Mesin, Peralatan, dan Perlengkapan ............................................  20
3.6 Perencanaan Jumlah Tenaga Kerja ...............................................................................  21
3.7 Perencanaan Layout .....................................................................................................  22
3.8 Sistem Operasi ..............................................................................................................  23
3.9 Rencana Operasi ...........................................................................................................  23
3.10 Manajemen Persediaan ...............................................................................................  23
3.11 Kegiatan Pengawasan Kualitas ..................................................................................  23
3.12 Perhitungan HPP ........................................................................................................  25
BAB IV ASPEK SDM .....................................................................................................  30
4.1 Penentuan Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan ...........................................  30
4.2 Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi ...............................................................................  32
4.3 Produktivitas ................................................................................................................  32
4.4 Pelatihan .......................................................................................................................  34
4.5 Performance Apprasial .................................................................................................  35
4.6 Keselamatan dan Kesehatan Kerja ...............................................................................  35
4.7 Peraturan Kerja .............................................................................................................  35
BAB V ASPEK HUKUM ................................................................................................  37
5.1 Pelaksana Bisnis ...........................................................................................................  37
5.2 Tempat Kedudukan Bisnis ...........................................................................................  37
5.3 Waktu Pelaksanaan Bisnis ............................................................................................  37
5.4 Peraturan Pelaksanaan Bisnis .......................................................................................  37
BAB VI ASPEK KEUANGAN ......................................................................................  38
6.1 Kebutuhan Modal .........................................................................................................  38
6.2 Sumber Dana ................................................................................................................  38
6.3 Laporan Keuangan .......................................................................................................  38
6.3.1 Laporan Laba/Rugi ...............................................................................................  38
6.3.2 Arus Kas ...............................................................................................................  39
6.4 Metode Penilaian Investasi ...........................................................................................  39
6.4.1 Net Present Value (NPV) .....................................................................................  39
6.4.2 Profitability Index (PI) .........................................................................................  40
6.4.3 Pay Back Period (PBP) .........................................................................................  40
6.4.4 Internal Rate of Return (IRR) ..............................................................................  41
6.4.5 Break Even Point (BEP) .......................................................................................  42
BAB VII ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI ...............................................................  43
7.1 Aspek Sosial .................................................................................................................  43
7.2 Aspek Ekonomi ............................................................................................................  43
BAB VIII KESIMPULAN ..............................................................................................  44
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................  46































DAFTAR TABEL

Tabel 1. Proyeksi Produksi dan Nilai Budidaya Lele 2009-2014 ......................................  8
Tabel 2. Time Table Membangun Bisnis .............................................................................  9
Tabel 3. Analisis SWOT .....................................................................................................  12
Tabel 4. Daftar Harga Lele Sangkuriang selama Satu Tahun .............................................  14
Tabel 5. Estimasi Penjualan ................................................................................................  15
Tabel 6. Pemilihan Lokasi Perusahaan ................................................................................  17
Tabel 7. Kapasitas Produksi Budidaya Lele Sangkuriang ..................................................  18
Tabel 8. Investasi Budidaya Lele Sangkuriang ..................................................................  21
Tabel 9. Biaya Sewa Tanah ................................................................................................  21
Tabel 10. Perhitungan HPP Bahan Baku ............................................................................  25
Tabel 11. Perhitungan HPP Tenaga Kerja ..........................................................................  28
Tabel 12. Perhitungan HPP Overhead ................................................................................  29
Tabel 13. Perhitungan HPP ................................................................................................  29
Tabel 14. Deskripsi Pekerjaan Budidaya Lele Sangkuriang ...............................................  33
Tabel 15. Standar Produktivitas .........................................................................................  34
Tabel 16. Sistem Penggajian ...............................................................................................  36
Tabel 17. Penggajian Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun ..............................  36
Tabel 18. Laporan Laba/Rugi Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun ................  38
Tabel 19. Arus Kas Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun ................................  39
Tabel 20. NPV Budidaya Lele Sangkuriang untuk Satu Tahun .........................................  39
Tabel 21. Payback Periode Budidaya Lele Sangkuriang ....................................................  40
Tabel 22. IRR Budidaya Lele Sangkuriang .......................................................................  41
Tabel 23. BEP Budidaya Lele Sangkuriang .......................................................................  42







DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Analisis SWOT .................................................................................................  12
Gambar 2. Lele Sangkuriang ..............................................................................................  14
Gambar 3. Proses Produksi Budidaya Lele Sangkuriang ...................................................  19
Gambar 4. Layout Budidaya Lele Sangkuriang .................................................................  22
Gambar 5. Struktur Organisasi ...........................................................................................  33





















BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Deskripsi Umum Bisnis
Bisnis yang akan kami jalankan adalah budidaya ikan lele, dengan fokus usaha pada Teknik Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang. Jenis usaha ini cenderung mudah dilakukan namun dengan omset yang lumayan. Permintaan pasar akan konsumsi daging lele pun kian meningkat.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempat (kolam) untuk budidaya ikan lele. Dalam tahap ini mencakup, pengeringan dan pengolahan tanah, pemupukan, dan pengaturan air kolam. Tahap selanjutnya adalah pemilihan benih ikan lele, meliputi syarat benih unggul dan cara menebar benih. Tahap berikutnya tentang pemilihan pakan, pengelolaan air, pengendalian hama dan penyakit, dan tahap terakhir adalah panen budidaya ikan lele.


1.2 Latar Belakang Ide Bisnis
 Saat ini usaha budidaya lele sangkuriang sudah banyak digemari masyarakat Indonesia umumnya, dan sudah berkembang dimana-mana. Lele sangkuriang merupakan hasil persilangan antara induk bentina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6). Tujuan persilangan ini diarahkan sebagai lele konsumsi. Lele sangkuriang pertama kali diproduksi oleh Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Sukabumi.
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersil oleh masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa, yang seterusnya di Sumatera termasuk Mukomuko Provinsi Bengkulu. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya relatif mudah dan modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah. Oleh karena itu, wajar jika jenis usaha ini sangat digemari.
Permintaan lele setiap tahun mengalami kenaikan. Lele terbukti menyumbang lebih dari 10% produksi perikanan budidaya nasional dengan tingkat pertumbuhan 17-18% per tahun. Berdasarkan data, proyeksi produksi dan nilai budidaya lele 2009-2014 mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa usaha budidaya lele saat ini mempunyai prospek yang baik.
Tahun
Produksi (ton)
Nilai (Juta Rupiah)
2009
200.000
2.000.000
2010
270.600
2.706.000
2011
366.000
3.660.000
2012
495.000
4.950.000
2013
670.000
6.700.000
2014
900.000
9.000.000

Tabel 1. Proyeksi Produksi dan Nilai Budidaya Lele 2009-2014
Sumber : Kementrian Kelautan dan Perikanan (2009)

1.3 Visi dan Misi Bisnis
Suatu perusahaan tidak akan maju dan berkembang apabila tidak memiliki dasar pemikiran kemana perusahaan itu akan dibawa. Untuk itu, Visi dan Misi menjadi pegangan suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Demikian juga dengan Usaha Budidaya Lele Sangkuriang, visi dan misi yang kuat dirumuskan akan menjadi kekuatan mendasar dalam perjalanan usaha ini. Untuk itu, kami sudah merumuskan visi usaha, yaitu :
“Menjadi sentra produksi ikan lele terbesar di daerah Purwodadi-Grobogan dan sekitarnya.”
Sebagai usaha strategis dalam mewujudkan Visi di atas, kami sudah merumuskan beberapa Misi usaha, antara lain :
1.        Menjalin kemitraan
Untuk menjadikan usaha terbesar di daerah Purwodadi-Grobogan, tentunya budidaya lele sangkuriang sendiri atau In House Production tidak akan cukup. Untuk itu, kami akan melakukan kerjasama kemitraan untuk memenuhinya. Kerjasama dengan petani pembudidaya lele akan menjadi langkah strategis dalam memperluas kantung-kantung produksi, dengan memberikan bimbingan dan standar lele yang diproduksi, dan mengambil hasilnya.
2.        Memproduksi produk olahan yang berkualitas.
Kualitas produk akan menjadi konsentrasi utama untuk bisa bersaing di pasaran. Standar yang digunakan harus benar-benar dijaga dengan ketat, terutama standar higienis.

3.        Perluasan pemasaran.
Menjadi usaha yang besar tentunya harus memiliki jaringan pasar yang luas. Oleh karena itu, usaha budidaya pembesaran lele sangkuriang akan terus berjuang merebut pasar dan memperluas jalur distribusi yang dimulai dengan pasar lokal.

1.4 Time Table Membangun Bisnis
            Berikut ini adalah tabel kegiatan membangun bisnis :
Kegiatan
Bulan 12 minggu ke-1
Bulan 12 minggu ke-2
Bulan 12 minggu ke-3
Bulan 12 minggu ke-4
Bulan 1 sampai 12
Survey Lokasi





Mengurus izin





Mencari Suplier





Membangun lokasi





Rekrutmen





Pemesanan Bahan Baku dan peralatan lainnya





Pelaksanaan






Tabel 2. Time Table Membangun Bisnis













BAB II
ASPEK PEMASARAN

2.1 Identifikasi Peluang Pasar
Banyaknya permintaan untuk lele di setiap tempat warung makan terus meningkat, dari warung makan yang ada di pinggiran jalan, warung makan yang elit atau eksklusif, hingga konsumsi rumah tangga. Lele adalah salah satu lauk favorit di warung makan setelah daging ayam. Kemudian hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengembangbiakan ikan lele. Sekarang sudah banyak peternak lele di Indonesia, terutama di daerah Jawa.
Di sini kami melihat peluang bisnis untuk budidaya ikan lele memiliki prospek yang bagus. Dengan konsep makanan dengan lauk ikan terutama lele itu nikmat, enak, dan murah, maka disini kami berusaha untuk membuka bisnis di bidang peternakan lele yaitu pembesaran lele sangkuriang. Dilihat dari tabel proyeksi dan nilai budidaya lele 2009-2014 yang mengalami peningkatan. Dari hal tersebut kami melihat peluang pasar yang terbuka lebar, dan kami mencoba untuk mengusung usaha tersebut.

2.2 Bentuk Pasar yang Dilayani
Bentuk pasar yang di masuki yaitu pasar persaingan sempurna. Di mana pasar ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.        Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
2.        Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
3.        Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
4.        Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.

2.3 Analisis Pesaing
Pesaing dari Budidaya Lele Sangkuriang yaitu sebagai berikut :
1.        Kelompok Tani Pembesaran Ikan Lele
2.        Beberapa Pengusaha Ternak Lele di Daerah Purwodadi

2.4    SWOT Analisis
Berikut adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Keterangan
Deskripsi
Weght (%)
Skor (1-4)
WxS
Kekuatan
a.         Produk inovatif baru, yaitu pembesaran lele secara organik
b.        Kualitas produk yang baik
c.         Harga yang kompetitif
50%



30%

20%
3



4

3
1,5



1,2

0,6

Total


3,3
Kelemahan
a.         Sebagai penantang pasar sehingga belum diketahui prospeknya
b.        Belum banyak pelanggan
40%




60%
-2




-2
-0,8




-1,2

Total


-2,0
Peluang
a.         Tumbuhnya permintaan pasar
b.        Peluang pasar masih terbuka lebar
c.         Masyarakat banyak yang menyukai ikan lele
d.        Adanya peluang ekspansi ke daerah lain
30%

20%


30%



20%
3

2


2



3


0,9

0,4


0,6



0,6

Total


2,5
Ancaman
a.         Harga bibit lele yang akan mengalami kenaikan
b.        Harga pakan lele yang akan mengalami kenaikan
c.         Fluktuasi inflasi
d.        Kondisi ekonomi yang kurang kondusif
30%



30%



15%
25%
-2



-2



-1
-1
-0,6



-0,6



-0,15
-0,25

Total


-1,6
Tabel 3. Analisis SWOT
Maka analisis SWOT-nya adalah :
 




                                                             0,9
 


                                                                                         1,3


Ancaman
 
 



Gambar 1. Analisis SWOT

Dari gambar di atas, perusahaan harus menggunakan strategi agresif karena berada pada kuadran pertama. Strategi tersebut misalnya, yaitu menggunakan strategi promosi yang gencar supaya meningkatkan brand awareness yang dimiliki karena produk ini adalah produk yang alamiah dengan pembesaran secara organik.

2.5 STP
Adapun yang menjadi segmen pasar dari peternakan lele kami, yaitu :
1.        Segmentasi berdasarkan geografis :
Didasarkan pada wilayah Kecamatan dan Kabupaten;
2.        Segmentasi berdasarkan demografis :
Pembagian segmentasi demografis di usaha kami didasarkan pada semua konsumen pria dan wanita, tingkat pendapatan dan usia;
3.        Segmentasi berdasarkan psikografis :
Didasarkan pada semua kelompok-kelompok menurut kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Kemudian untuk targeting peternakan lele kami sebagai berikut :
1.    Berdasarkan geografis :
Yaitu daerah Kecamatan Purwodadi dan Kabupaten Grobogan dan sekitarnya;
2.    Berdasarkan demografis :
Pembagian di usaha kami didasarkan pada pasar tradisional, rumah makan, dan konsumsi rumah tangga di daerah Purwodadi dan Kabupaten Grobogan;
3.    Berdasarkan psikografis :
Didasarkan pada segmentasi tersebut diatas peternakan kami menargetkan konsumen dengan karakter yang sangat suka terhadap ikan terutama lele dan yang suka terhadap kuliner. Oleh karena itu, kami akan menjual hasil dari pembesaran lele sangkuriang kepada konsumen dengan pribadi suka terhadap makanan ikan lele.
Sedangkan, Budidaya Lele Sangkuriang memposisikan diri sebagai market follower yaitu pengikut pasar dari pesaing-pesaing yang telah ada sebelumnya.






2.6 Bauran Pemasaran
2.6.1 Produk
Produk yang ditawarkan adalah lele sangkuriang yang sudah berumur 2 bulan. Satu kantong plastik lele dengan berat 1 kg berisikan 9-12 lele sangkuriang.
Description: images.jpg
Gambar 2. Lele Sangkuriang

2.6.2 Harga
Berikut adalah daftar harga lele sangkuriang selama satu tahun :
Keterangan
Bulan 1 dan 2
Bulan 3 dan 4
Bulan 5 dan 6
Bulan 7 dan 8
Bulan 9 dan 10
Bulan 11 dan 12
Lele Sangkuriang 1 kg (isi 9-12)
Rp 15.000
Rp 15.500
Rp 16.000
Rp 16.500
Rp 16.500
Rp 16.500
Tabel 4. Daftar Harga Lele Sangkuriang selama Satu Tahun

2.6.3 Promosi
Untuk promosi, kami akan mempromosikannya melalui jejaring sosial, menelpon pembeli tetap, dan dari mulut ke mulut.




2.6.4 Placement
Distribusi bahan baku dengan transportasi mobil dari pemasok dan penjualan lele sangkuriang di jual ke pasar-pasar tradisional, di kirim ke rumah makan, atau bisa di beli langsung di tempat pembesaran lele.

2.7 Estimasi Penjualan
Berikut ini adalah budget penjualan dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Tabel 5. Estimasi Penjualan















BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASI

3.1 Perencanaan Produk
Produk yang kami pilih adalah ikan lele dengan kualitas baik, yaitu jenis ikan lele sangkuriang. Kami memilih berinvestasi dalam usaha budidaya lele sangkuriang  karena ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan, di antaranya permintaan pasar terus meningkat, teknik pemeliharaan sederhana, masa pemeliharaan relatif singkat, lele tergolong jenis ikan tahan banting karena tahan terhadap penyakit, perputaran modal cepat, dan mudah mendapatkan benih. Budidaya ikan lele sangkuriang menggunakan teknik pembesaran secara organik, dengan menggunakan bahan-bahan tidak berbahaya dan ramah lingkungan.
Dalam penjagaan kualitas air memang sangat kritikal, semakin beragam material yang masuk ke dalam kolam budidaya, maka semakin kritis kualitas airnya. Untuk itu, kami menggunakan pupuk kompos untuk direndam dalam air selama 7 hari agar air mengandung mikroorganisme yang sangat diperlukan untuk menjaga kualitas air dan dapat berfungsi untuk membantu sistem pencernaan lele. Setelah air kolam siap untuk digunakan, maka bibit lele dengan ukuran 7-8 cm sebanyak 23.000 ekor siap untuk dibesarkan dalam kolam.
Pembesaran ikan lele dilaksanakan selama 2 bulan. Selama pembesaran ikan lele, kami menggunakan bahan-bahan organik, pakan lele dijaga secara baik, dan pemberian pakan secara teratur. Ketika mendapati ikan lele yang berpenyakit, kami menanganinya dengan obat-obatan organik yang tidak akan membahayakan bagi ikan lele lainnya. Dalam pembesaran lele, kami mengestimasikan ada 3% lele yang mati dari total keseluruhan benih yang ditebar, yakni sebesar 690 ekor. Setelah ikan besar dan siap panen, maka lele akan dipanen dan dikemas dengan kantong plastik, serta siap jual.








3.2 Perencanaan Lokasi Perusahaan
Adapun alternatif lokasi yang diambil dari Budidaya Lele Sangkuriang ini yaitu sebagai berikut :
Faktor
Bobot

Nilai

Total (Bobot * Nilai)


Purwodadi
Toroh
Godong
Purwodadi
Toroh
Godong
Ketersediaan Bahan
0,1
95
80
75
9,5
8
7,5
Letak Pasar yang dituju
0,2
92
80
80
18,4
16
16
Tenaga air dan Listrik
0,1
85
79
80
8,5
7,9
8
Tenaga Kerja
0,1
75
80
85
7,5
8
8,5
Transportasi
0,1
89
80
85
8,9
8
8,5
Lingkungan Masyarakat
0,2
70
80
85
14
16
17
Rencana masa depan untuk perluasan
0,2
80
85
85
16
17
17
Total
82,8
80,9
82,5
Tabel 6. Pemilihan Lokasi Perusahaan
Dari pemberian bobot pada tabel di atas adalah :
a.         Ketersediaan bahan diberikan bobot sebesar 0,1 karena bahan merupakan faktor dalam proses produksi;
b.        Letak pasar yang dituju diberikan bobot 0,2 atau diberikan bobot yang lebih tinggi dari yang lainnya karena produk kami adalah produk yang akan dikonsumsi oleh konsumen akhir sehingga pasar yang dituju merupakan faktor yang sangat penting demi tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan;
c.         Tenaga listrik dan air diberikan bobot sebesar 0,1 karena diperlukan untuk proses produksi;
d.        Tenaga kerja diberikan bobot sebesar 0,1 karena usaha membutuhkan tenaga kerja yang cukup ahli sehingga suplai tenaga kerja juga menjadi pertimbangan yang patut diperhitungkan;
e.         Tranportasi memiliki bobot 0,1 karena faktor transportasi dipakai ketika bahan datang dan saat akan dipanen;
f.         Lingkungan masyarakat diberi bobot sebesar 0,2 karena lingkungan masyarakat yang mendukung akan menentukan kesuksesan bisnis;
g.        Rencana masa depan untuk perluasan memiliki bobot 0,2 karena kami juga mempertimbangkan ekspansi untuk kemajuan di masa depan.
Maka terlihat bahwa lokasi Budidaya Lele Sangkuriang ini adalah di daerah Purwodadi. Adapun pertimbangan untuk memilih lokasi pada tempat tersebut adalah berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut :
a.         Ketersediaan bahan baku yang cukup potensial;
b.        Letak pasar yang dituju dekat karena letak pasar tujuan kami adalah seluruh daerah di Purwodadi;
c.         Tenaga listrik dan air baik;
d.        Ketersediaan tenaga kerja yang cukup ahli;
e.         Fasilitas transportasi baik dan lancar;
f.         Lingkungan masyarakat cukup baik dengan lingkungan yang kondusif.

3.3 Perencanaan Kapasitas
Untuk mengetahui kapasitas Budidaya Lele Sangkuriang maka berikut ini adalah tabel kapasitas berdasarkan permintaan :
Keterangan
Bulan 1 dan 2
Bulan 3 dan 4
Bulan 5 dan 6
Bulan 7 dan 8
Bulan 9 dan 10
Bulan 11 dan 12
Kapasitas
2300 kg
2500 kg
2700 kg
2900 kg
3100 kg
3300 kg
%
69,6 %
75,7 %
81,8 %
87,8 %
93,9 %
100 %
Tabel 7. Kapasitas Produksi Budidaya Lele Sangkuriang












3.4 Perencanaan Proses Produksi
Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan proses produksi dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Gambar 3. Proses Produksi Budidaya Lele Sangkuriang
Pembelian bibit lele dari pemasok, benih yang digunakan dalam pembesaran lele sangkuriang biasanya berukuran 5-6 cm, 7-8 cm, dan 9-10 cm. Namun, di sini kami menggunaakn benih dengan ukuran 7-8 cm. Semakin besarnya ukuran benih lele yang digunakan, panen lele sangkuriang ukuran konsumsi akan semakin cepat.
Pembesaran bibit lele dalam kolam terpal, pembesaran lele sangkuriang adalah kegiatan usaha membesarkan benih lele sangkuriang hingga mencapai ukuran konsumsi di dalam kolam terpal berukuran 4 x 10 m. Benih lele yang ditebar adalah sebanyak 23.000 ekor. Tinggi air 0,5 m dan akan ditambah dengan air tergantung dengan pertumbuhan lele.
Pemberian pakan secara teratur, frekuensi pemberian pakan pun tidak 2-3 kali sehari, melainkan bisa lebih sering dari itu, yakni 5-6 kali sehari. Hal penting yang harus diperhatikan adalah jarak antara pemberian pakan, yakni minimum 2-3 jam. Misalnya, pemberian pakan pertama pada pukul 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, dan pukul 19.00. jika masih ingin memberi pakan, batas terakhir pada pukul 21.00 tau 22.00.
Sortiran lele menurut besar ukuran lele, penyortiran benih adalah kegiatan menyeleksi benih sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Penyortiran benih bertujuan untuk mendapatkan keseragaman ukuran benih. Selain itu, untuk menghindari benih yang memiliki ukuran lebih besar karena bisa memakan benih yang berukuran kecil.
Pemberantasan penyakit dengan obat organik, pada umumna penyakit yang menyerang lele disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit. Pemicunya adalah faktor kelalaian manusia dalam pemeliharaan, misalnya kesalahan pola dan jenis pemberian pakan. Penyakit pada lele dapat diatasi dengan obat atau ramuan herbal yang dicampurkan ke dalam kolam.
Masa panen, untuk memanen lele konsumsi harus dilakukan dengan hati-hati agar diperoleh hasil yang baik. Memanen lele konsumsi menggunakan peralatan yang berbahan halus dan licin. Jadi, tidak akan melukai kulit lele.
Pengemasan dengan kantong plastik, pengemasan adalah kegiatan menempatkan ikan dalam kantong plastik. Pengemasan dilakukan sebaik mungkin agar lele yang diangkut tetap dalam keadaan hidup dan sehat sampai ke tujuan. Dalam pengemasan, wadah yang digunakan diisi dengan air.
Penjualan ke pasar, lele yang sudah dikemas di kirim ke pasar, atau bisa jga pembeli datang langsung untuk membeli lele dalam kantong plastik. Lele yang dijual sesuai dengan harga yang telah disepakati.

3.5 Perencanaan Jumlah Mesin, Peralatan, dan Perlengkapan
Dalam memulai usaha, maka dibutuhkan investasi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan sebelum memulai usahanya, berikut ini adalah perinciannya :









Tabel 8. Investasi Budidaya Lele Sangkuriang
Sedangkan, untuk tempat budidaya ikan lele akan dilakukan pada tanah sewa seharga Rp 6.000.000 per tahun dengan ukuran 300 m² (25m x 12m). Tabel biaya sewa tanah adalah sebagai berikut :
Tabel 9. Biaya Sewa Tanah

3.6 Perencanaan Jumlah Tenaga Kerja
Tenaga kerja dari Budidaya Lele Sangkuriang adalah sebagai berikut :
a.         Karyawan bagian Produksi yang terdiri dari :
1.         Penjaga kolam saat malam hari                     = 1 orang
2.         Pemberi pakan ikan saat siang hari               = 1 orang
3.         Karyawan saat panen ikan lele                     = 6 orang
b.        Tenaga untuk Pembuatan Kolam Ikan dan Gudang Bambu terdiri dari :
1.         Tukang                                                          = 3 orang
c.         Tenaga lainnya yang terdiri dari:
1.      Bagian Administrasi dan Keuangan             = 1 orang (pemilik)
2.      Bagian Pemasaran                                         = 1 orang (pemilik)
3.      Bagian Pengawasan Kualitas Bahan Baku   = 1 orang (pemilik)
4.      Bagian Pengawasan Kulitas Proses Produksi = 1 orang (pemilik)
5.      Bagian Pengawasan Tempat Produksi          = 1 orang (pemilik).

3.7 Perencanaan Layout
Berikut ini adalah layout dari Budidaya Lele Sangkuriang :
 


                                                                                                 Keterangan :
                                                             4 m                                                    
Text Box: 3,5 mText Box: 3,5 mText Box: 4 m                                                                                                                        Rerumputan
 


                                                                                                                        Kolam Terpal
                                                              10 m
                                                                                                                        Jalan
 


                                                                                         25 m                       Sumur
                                                            1 m
                                                                                                                        Gudang Bambu


                                                               10 m



   4 m               4 m               4 m

                        12 m
Gambar 4. Layout Budidaya Lele Sangkuriang




3.8 Sistem Operasi
Budidaya Lele Sangkuriang merupakan perusahaan dagang yang melakukan operasi berbasis perdagangan yaitu membeli bibit lele dari pemasok, melakukan pembesaran lele, lalu di panen, dikemas dengan kantong plastik dan di jual ke pasar

3.9 Rencana Operasi
Rencana operasi dilakukan dengan didasarkan atas perusahaan yang bersifat perusahaan dagang atau distributor. Operasional dilakukan setiap hari kerja yaitu pada hari senin-minggu dengan pembagian jam kerja, yaitu :
a.         Shift I  jam 09.00 – 17.00, dan
b.        Shift II jam 17.00 – 01.00.

3.10 Manajemen Persediaan
Untuk mengendalikan dan mengantisipasi antara persediaan dan permintaan konsumen, maka diperlukan adanya manajemen persediaan. Pembelian bahan baku dilakukan pada saat persediaan yang ada sudah sampai di satu titik pemesanan kembali dimana titik tersebut merupakan kondisi yang sudah pasti dalam melakukan pembelian bahan baku dan titik tersebut mempertimbangkan sisa bahan baku yang tersedia disesuaikan dengan jangka waktu pemesanan, sehingga saat lead time tidak terjadi kekosongan bahan baku dan selalu dapat memenuhi permintaan konsumen.

3.11 Kegiatan Pengawasan Kualitas
Kualitas dari pembesaran lele sangkuriang tergantung dari cara bagaimana kami melakukan pemilihan bibit lele, proses produksi, kualitas kolam terpal dan juga kualitas tenaga kerja. Untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen, maka pengawasan kualitas bahan baku dan pengawasan kualitas proses produksi sangat penting untuk dilakukan.
1.        Pengawasan Kualitas Bibit Lele Sangkuriang
Kualitas bahan baku sangatlah penting, bahan baku dari pemasok serta bahan pendukung lainnya telah disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan. Bahan baku yang diterima dari suplier harus dalam keadaan baik dan bagus sehingga menjadikan lele sangkuriang ini berkualitas nomor satu.
2.        Pengawasan Proses Produksi
Di dalam proses produksi, pengawasan dilakukan dengan melalui tiga cara, yaitu :
a.       Pengawasan Karyawan
Pengawasan karyawan dilakukan oleh pemilik sendiri. Pengawasan ini dilakukan agar kinerja dari para karyawan dapat optimal dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan kebersihan tetap terjaga. Selain itu juga memperkecil risiko dari kerusakan produk maupun peralatan lainnya.
b.      Pengawasan Pemberian Pakan
Pengawasan diperlukan agar lele diberi pakan sesuai dengan aturan. Pakan yang diberikan dengan komposisi yang benar, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Pakan yang diberikan harus secara merata agar pertumbuhan dari lele sangkuriang juga akan merata.
c.       Pengawasan Hasil Produksi
Pengawasan dilakukan oleh pemilik sendiri. Pengawasan ini dilakukan agar kualitas lele sangkuriang tetap baik dan terhindar dari penyakit. Hasil produksi ditimbang dengan benar dan dikemas menggunakan kantong plastik.
3.        Pengawasan Tempat Produksi
Kualitas dari tempat produksi yaitu kolam terpal harus tetap dijaga. Kolam terpal yang mengalami kerusakan secepatnya dapat diperbaiki. Kualitas air juga menjadi penting demi pertumbuhan ikan. Banyaknya air dalam kolam harus tetap diperhatikan.












3.12 Perhitungan HPP
Berikut adalah perhitungan HPP pada :
-          BBB
Tabel 10. Perhitungan HPP Bahan Baku
Keterangan Bulan 1 dan 2 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, dalam 1 m² = 100 ekor, jadi dalam 230 m² dibutuhkan 230 m² x 100 ekor = 23.000 ekor. 23.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 5.750.000
-          Harga Pakan Pelet L1 57,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 431.250
Pakan Pelet PL2 115 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 747.500
Pakan Pelet PL3 230 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.495.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 460 kg x Rp 5.500 = Rp 2.530.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 50 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 50 kg x Rp 2.000 adalah Rp 100.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 210 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 210 gr x Rp 1.000 adalah Rp 210.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 50.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 5 x Rp 5.000 adalah Rp 25.000

Keterangan Bulan 3 dan 4 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 25.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 6.250.000
-          Harga Pakan Pelet L1 62,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 468.750
Pakan Pelet PL2 125 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 812.500
Pakan Pelet PL3 250 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.625.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 500 kg x Rp 5.500 = Rp 2.750.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 70 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 70 kg x Rp 2.000 adalah Rp 140.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 230 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 230 gr x Rp 1.000 adalah Rp 230.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 50.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 7 x Rp 5.000 adalah Rp 35.000

Keterangan Bulan 5 dan 6 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 27.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 6.750.000
-          Harga Pakan Pelet L1 67,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 506.250
Pakan Pelet PL2 135 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 877.500
Pakan Pelet PL3 270 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.755.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 540 kg x Rp 5.500 = Rp 2.970.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 90 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 90 kg x Rp 2.000 adalah Rp 180.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 250 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 250 gr x Rp 1.000 adalah Rp 250.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 75.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 9 x Rp 5.000 adalah Rp 45.000

Keterangan Bulan 7 dan 8 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 29.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 7.250.000
-          Harga Pakan Pelet L1 72,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 543.750
Pakan Pelet PL2 145 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 942.500
Pakan Pelet PL3 290 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.885.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 580 kg x Rp 5.500 = Rp 3.190.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 110 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 110 kg x Rp 2.000 adalah Rp 220.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 270 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 270 gr x Rp 1.000 adalah Rp 270.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 75.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 11 x Rp 5.000 adalah Rp 55.000

Keterangan Bulan 9 dan 10 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 31.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 7.750.000
-          Harga Pakan Pelet L1 77,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 581.250
Pakan Pelet PL2 155 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.007.500
Pakan Pelet PL3 310 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 2.015.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 620 kg x Rp 5.500 = Rp 3.410.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 130 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 130 kg x Rp 2.000 adalah Rp 260.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 290 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 290 gr x Rp 1.000 adalah Rp 290.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 100.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 13 x Rp 5.000 adalah Rp 65.000

Keterangan Bulan 11 dan 12 :
-          Harga Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm Rp 250/ekor, 33.000 ekor x Rp 250 adalah Rp 8.250.000
-          Harga Pakan Pelet L1 82,5 kg x Rp 7.500/kg     = Rp 618.750
Pakan Pelet PL2 165 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 1.072.500
Pakan Pelet PL3 330 kg x Rp 6.500/kg   = Rp 2.145.000
Pakan Pelet Tenggelam SNL 660 kg x Rp 5.500 = Rp 3.630.000
-          Harga Dedak untuk 230 m² adalah 150 kg, harga Rp 2.000/kg. Jadi, harga dedak 150 kg x Rp 2.000 adalah Rp 300.000
-          Harga Ragi untuk 230 m² adalah 310 gr, harga Rp 1.000/gr. Jadi, harga ragi 310 gr x Rp 1.000 adalah Rp 310.000
-          Harga Pupuk Kompos untuk 230 m² adalah 60 kg, harga Rp 5.000/kg. Jadi, harga pupuk kompos 60 kg x Rp 5.000 adalah Rp 300.000
-          Harga obat-obatan organik untuk 2 bulan adalah Rp 100.000
-          Harga plastik Rp 5.000/bungkus, 15 x Rp 5.000 adalah Rp 75.000

-       BTKL
Tabel 11. Perhitungan HPP Tenaga Kerja
Keterangan :
-          Gaji karyawan penjaga kolam untuk malam hari Rp 25.000 per hari. Jadi, untuk 2 bulan atau 60 hari x Rp 25.000 x 1 orang adalah Rp 1.500.000
-          Gaji karyawan penebar pakan untuk siang hari Rp 30.000 per hari. Jadi, untuk 2 bulan atau 60 hari x Rp 30.000 x 1 orang adalah Rp 1.800.000
-          Gaji karyawan pada saat panen lele Rp 200.000. Jadi, Rp 200.000 x 1 kali panen x 6 orang adalah Rp 1.200.000
*tidak ada kenaikan gaji tiap periodenya

-       BOP
Tabel 12. Perhitungan HPP Overhead
Keterangan :
*tidak ada kenaikan tiap periodenya

-    HPP
Tabel 13. Perhitungan HPP










BAB IV
ASPEK SDM

4.1 Penentuan Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan
Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan atau job description dari Budidaya Lele Sangkuriang :
1.      Pemilik (Manajer)
Pemilik usaha yang terdiri dari 5 orang merangkap sebagai manajer sekaligus pengawas yang bertugas memimpin usaha bisnis pengembangbiakan Lele Sangkuriang mulai dari perencanaan, pelaksanaan atau implementasi, dan evaluasi kinerja usaha bisnis ini. Pemilik juga bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bisnis dan memiliki wewenang penuh akan bagian – bagian tugas dalam bisnis ini dan memiliki wewenang untuk mengelola keuangan usaha ini.
2.      Bagian Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
-          Bagian pembuatan kolam terpal adalah tukang. Pembuatan kolam terpal dengan cara memotong bambu sesuai ukuran dan membuat rangkaian bambu yang akan digunakan untuk menguatkan posisi terpal. Sebanyak 6 kolam terpal dengan ukuran dari kolam adalah 4 m x 10 m x 1 m dan ukuran terpal 6 m x 12 m. Setelah kolam terpal selesai dibuat selanjutnya diisi air bersih yang bebas limbah dan bahan kimia setinggi 50 cm ke dalam kolam, lalu melakukan pengomposan air dengan menggunakan kotoran hewan ternak untuk menyesuaikan ph air untuk pengembangbiakan benih lele,
-          Bagian pembuatan gudang bambu adalah tukang dengan cara menyusun bambu dan dibentuk seperti rumah kecil. Gudang bambu beratapkan genting agar tidak basah ketika hujan.
-          Bagian pembuatan kolam terpal dan gudang bambu sejumlah 3 orang tukang yang menyelesaikan pekerjaannya selama 3 hari dengan waktu kerja selama 9 jam dari pukul 08.00 – 17.00.
3.      Bagian Pemilihan Bibit Lele Sangkuriang
-          Bagian pemilihan dan penebaran benih bertugas untuk memilih benih yang akan disebar dengan memperhatikan kualitas benih, keseragaman ukuran benih lalu menebarkan benih dengan cara yang aman dan benar agar tidak membuat benih stress saat dimasukkan ke kolam.
-          Bagian pemilihan bibit lele dilakukan oleh salah satu pemilik yang menjadi pengawasan kualitas bibit lele, tugasnya untuk memilih dan menebar benih yang akan dikembangbiakkan dan kesiapan benih untuk dibesarkan di dalam kolam dibantu oleh karyawan.
4.      Bagian Tata Guna Pakan
-          Bagian tata guna pakan bertugas untuk memilih jenis pakan apa yang akan diberikan kepada benih – benih lele dan proporsi pakan tersebut diberikan.
-          Bagian tata guna pakan dilakukan oleh salah satu pemilik selaku pengawas proses produksi untuk melakukan pengawasan pada saat memberi makan benih yang tidak berlebihan atau kurang agar pertumbuhan benih lele tidak terganggu dan bisa maksimal.
5.      Bagian Tata Guna Tempat Produksi
-          Bagian tata guna tempat produksi bertugas untuk mengawasi kelayakan dari kolam terpal, apakah terjadi kerusakan dan sebagainya.
-          Bagian tata guna tempat produksi adalah salah satu pemilik selaku pengawasan tempat produksi.
6.      Bagian Administrasi dan Keuangan
-          Bagian administrasi dan keuangan bertugas untuk mengurusi administrasi dan keuangan dalam hal pencatatan dan pembuatan laporan transaksi serta laba/rugi perusahaan selama 1 periode (per 2 bulan).
-          Bagian administrasi dan keuangan dilakukan oleh salah satu pemilik.
7.      Bagian Pemasaran
-          Bagian pemasaran bertugas melakukan kegiatan pemasaran Lele Sangkuriang dengan cara menghubungi para penjual ikan dan pembeli akhir dari lele sangkuriang.
-          Bagian pemasaran dilakukan oleh salah satu pemilik.
8.      Bagian Proses Produksi
-          Karyawan penjaga kolam saat malam hari bertugas mengawasi, menjaga kolam, memberi pakan ketika malam hari, waktu bekerja dari hari senin-minggu selama 8 jam per hari, dari pukul 17.00 – 01.00.
-          Karyawan pemberi pakan saat siang hari bertugas memberi pakan secara teratur, menjaga kolam saat siang hari, mengawasi perilaku ikan lele. Waktu bekerja dari hari senin-minggu selama 8 jam per hari, dari pukul 09.00 – 17.00.
-          Karyawan saat masa panen lele bertugas untuk mengambil lele dari kolam terpal, menimbang lele dan mengemas dengan kantung plastik.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :
No.
Jabatan
Tugas
Tanggung Jawab
Wewenang
1
Pemilik
Mengawasi jalannya usaha dan mengelola keuangan bisnis
Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup usaha dan kinerjanya
Membuat perencanaan, memimpin, mengawasi dan mengevaluasi kinerja bisnis
2
Bagian Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
Menjalankan proses pembuatan kolam dan gudang bambu
Bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan
Memilih metode yang digunakan untuk membuat kolam dan gudang bambu
3
Bagian Pemilihan Bibit Lele
Memilih bibit yang sesuai ukuran dan kualitas
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
Memilih bibit lele yang akan digunakan
4
Bagian Tata Guna Pakan
Memilih pakan yang nantinya akan diberikan ke bibit lele
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
Memilih dan membeli jenis pakan
5
Bagian Tata Guna Tempat Produksi
Mengatur kondisi dan ketinggian air, serta mengawasi kolam terpal
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
Menentukan jenis air yang akan ditambahkan ke dalam kolam dan memperbaiki jika terjadi kerusakan
6
Bagian Administrasi dan Keuangan
Mengurusi administrasi dan keuangan perusahaan
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
Membuat laporan keuangan dan transaksi perusahaan
7
Bagian Pemasaran
Melakukan pengelolaan pemasaran
Bertanggung jawab kepada pemilik lainnya
Melaksanakan program pemasaran
8
Bagian Proses Produksi
Menjalankan proses produksi
Bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan
Mengatur jalannya produksi dari pemberian pakan, penjagaan kolam terpal, dan panen lele
Tabel 14. Deskripsi Pekerjaan Budidaya Lele Sangkuriang

Spesifikasi pekerjaan untuk masing-masing bagian perusahaan adalah sebagai berikut :
1.        Bagian Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
-            Jenis Kelamin : Pria
-            Usia : 18-40 tahun
-            Kebutuhan : 3 orang
-            Pengalaman Kerja : tukang
-            Karakter lain : giat bekerja dan bertanggung jawab
2.        Bagian Proses Produksi
-            Jenis Kelamin : Pria
-            Usia : 18-40 tahun
-            Kebutuhan :
o    Shift Siang : 1 orang
o    Shift malam : 1 orang
o    Masa Panen : 6 orang
-            Pengalaman Kerja : tidak diutamakan
-            Karakter lain : jujur, giat bekerja, disiplin, bertanggung jawab, dan teliti







Gambar 5. Struktur Organisasi

4.2 Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi
Dalam melakukan perekrutan kami lebih mengutamakan perekrutan secara internal yaitu merekrut tenaga kerja yang telah kami kenal atau penduduk dari lingkungan sekitar perusahaan. Seleksi dilakukan untuk mengetahui personalitas calon karyawan dan seberapa cocok sifat dan sikap mereka untuk diperkerjakan di bisnis ini. Orientasi dilaksanakan melalui bimbingan langsung oleh pemilik secara on the job.

4.3 Produktivitas
Sistem produktivitas akan mengkaji kinerja karyawan, yaitu apakah karyawan dapat memenuhi standar kinerja dari usaha ini. Adapun standar kinerja untuk masing – masing bagian yaitu sebagai berikut:
Bagian
Standar Produktivitas
Pembuatan Kolam dan Gudang Bambu
Mampu membuat kolam dan Gudang Bambu sesuai standar kebutuhan
Bagian Pemilihan Bibit Lele
Mampu memilih bibit dengan kualitas baik sesuai dengan ukuran yaitu 7-8 cm
Bagian Tata Guna Pakan
Mampu memilih jenis pakan yang sesuai dengan usia lele dan berkualitas baik
Bagian Tata Guna Tempat Produksi
Mampu mengatur ketinggian air dan memperbaiki kolam terpal yang rusak
Bagian Administrasi dan Keuangan
-          Mampu membuat laporan keuangan dengan baik
-          Tidak adanya selisih kas di tangan dengan catatan laporan keuangan lebih dari 5%
Bagian Pemasaran
-          Mampu mendesain promosi perusahaan dengan baik
-          Mampu meningkatkan penjualan perusahaan
Bagian Proses Produksi
-          Memberi pakan sesuai dengan aturan
-          Mengetahui perilaku lele yang terkena penyakit
-          Menjaga kolam terpal saat siang dan malam hari
-          Dapat memanen lele dan mengemasnya dengan rapi
Tabel 15. Standar Produktivitas

4.4 Pelatihan
Pelatihan akan dilakukan pada saat karyawan direkrut, dibimbing langsung oleh pemilik dengan cara diberi pengarahan dan penjelasan. Pelatihan juga akan terus diberi ketika implementasi usaha.



4.5 Performance Apprasial
Penilaian kinerja akan dilaksanakan sesuai dengan indikator kinerja yang ada ada tabel 15 dan dilaksanakan setiap hari.

4.6 Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Dalam melakukan proses Budidaya Lele Sangkuriang, tenaga kerja dijamin keselamatan kerjanya karena proses ini tidaklah membahayakan keselamatan jiwa dari tenaga kerja yang ada. Selain itu, kondisi tambak dan lingkungannya juga tidak berbahaya bagi kesehatan maupun keselamatan jiwa karyawan.

4.7 Peraturan Kerja
Peraturan kerja dari Budidaya Lele Sangkuriang adalah sebagai berikut :
1.        Untuk Bagian Penjaga Kolam saat Malam Hari dan Pemberi Pakan saat Siang Hari :
-       Datang dengan tepat waktu;
-       Pemberian pakan secara teratur, yaitu pagi, siang, dan malam;
-       Pemberian pakan harus sesuai takaran dan secara merata;
-       Pengobatan terhadap lele yang sakit dengan obat organik;
-       Jika tidak datang bekerja harus ada ijin.
2.        Untuk Karyawan Masa Panen :
-       Datang dengan tepat waktu;
-       Panen lele secara bersamaan dan mengunakan jaring;
-       Dalam pengemasan lele harus rapi dan bersih.
Untuk dekrutmen, karyawan akan dikeluarkan jika :
1.        Melakukan kesalahan yang berakibat fatal bagi benih lele, contoh: berlebihan saat memberi pakan, tidak menambah air saat lele sudah mencapai jumlah yang berlebihan;
2.        Tidak masuk kerja sebanyak 3 hari berturut – turut tanpa ada pemberitahuan;
3.        Tenaga kerja ingin keluar sendiri. Dalam kasus ini, tenaga kerja yang bersangkutan harus memberi tahu lebih awal 1 minggu sebelumnya.




Berikut adalah gaji dari para karyawan dari Budidaya Lele Sangkuriang :
Keterangan
Banyak Karyawan
Gaji
Waktu Kerja per periode (per 2 bulan)
Total Gaji tiap periode (per 2 bulan)
Pemberi Pakan Siang Hari
1 orang
Rp 30.000 per hari
60 hari
Rp 1.800.000
Penjaga Kolam Malam Hari
1 orang
Rp 25.000 per hari
60 hari
Rp 1.500.000
Saat Masa Panen
6 orang
Rp 200.000 per panen
1 kali panen
Rp 1.200.000 untuk 6 orang
Tabel 16. Sistem Penggajian

Sedangkan, total penggajian Budidaya Lele Sangkuriang untuk 1 tahun ke depan adalah, sebagai berikut :
Tabel 17. Penggajian Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun
Keterangan :
*tidak ada kenaikan gaji pada tiap periode.









BAB V
ASPEK HUKUM

5.1 Pelaksana Bisnis
Dilihat dari jenis usahanya, budidaya lele termasuk usaha kecil. Oleh karena itu, badan usaha yang paling tepat adalah perusahaan perseorangan. Jadi, yang terlibat dalam usaha budidaya lele sebagai pengambil keputusan adalah perusahaan perseorangan pendiri perusahaan.

5.2 Tempat Kedudukan Bisnis
Tempat kedudukan bisnis dengan rincian sebagai berikut :
1.        Perencanaan Wilayah
Budidaya Lele Sangkuriang akan berlokasi di daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan, karena lokasi ini adalah lokasi yang masih banyak memiliki tanah kosong untuk dapat diduduki usaha seperti ternak lele sehingga memiliki prospek ke depan yang bagus.
2.        Status Tanah
Status tanah yang akan digunakan adalah tanah sewa dengan harga Rp 6.000.000 per tahun.

5.3 Waktu Pelaksanaan Binis
Surat Izin Lingkungan oleh masyarakat setempat ditetapkan selama perusahaan menjalankan kegiatan usahanya.

5.4 Peraturan Pelaksanaan Bisnis
Aspek yuridis dan perijinan pada dasarnya menyangkut izin usaha. Dalam hal ini, Budidaya Lele Sangkuriang berdiri di daerah Purwodadi yang harus mematuhi peraturan masyarakat setempat. Menurut peraturan masyarakat Purwodadi, tidak ada peraturan yang menentang pendirian bisnis ini, namun terdapat syarat untuk mengurus pembukaan izin usaha sehingga dalam melaksanakan usaha ini dapat berjalan dengan lancar. Perizinan usaha ini dilakukan dengan cara meminta persetujuan atau tanda tangan dari masyarakat setempat di mana usaha lele tersebut.
BAB VI
ASPEK KEUANGAN

6.1 Kebutuhan Dana
Modal untuk awal pelaksanaan usaha (Bulan 1 dan 2) terdiri dari :
1.        Biaya Investasi                 Rp   6.807.000
2.        Biaya Sewa                      Rp   1.000.000
3.        Biaya Bahan Baku           Rp 11.638.750
4.        Biaya Tenaga Kerja          Rp   4.500.000
5.        Biaya Overhead               Rp      500.000 +
Total Modal                        =  Rp 24.445.750

6.2 Sumber Dana
Sumber modal berasal dari modal sendiri pemilik sebesar Rp 26.000.000 dan digunakan hanya sebesar Rp 24.445.750.

6.3 Laporan Keuangan
6.3.1 Laporan Laba/Rugi
LABA/RUGI
BUDIDAYA PEMBESARAN LELE SANGKURIANG UNTUK SATU TAHUN
Tabel 18. Laporan Laba/Rugi Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun
6.3.2 Arus Kas
ARUS KAS
BUDIDAYA PEMBESARAN LELE SANGKURIANG UNTUK SATU TAHUN
Tabel 19. Arus Kas Budidaya Lele Sangkuriang selama Satu Tahun

6.4 Metode Penilaian Investasi
6.4.1 Net Present Value (NPV)
Initial Investment = Rp 24.445.750
Tabel 20. NPV Budidaya Lele Sangkuriang untuk Satu Tahun

Keterangan :
-            Initial Investment = HPP + Biaya Investasi + Biaya Sewa
-            Cash Inflow = EAT + Depresiasi
-            Present Value = Cash Inflow x NSFB
-            Net Present Value = Total Present Value – Initial Investment
Karena NPV > 0, maka nilai pendapatan bersih yang akan diterima di masa datang lebih besar dari investasi yang ada saat ini.

6.4.2 Profitability Index (PI)
PI > 1 maka usaha disebut layak
PI        = Total PV
               Initial Investment
= Rp 132.699.931
               Rp 24.445.750
            = 5,43
PI pada usaha ini sebesar 5,43 dan lebih dari 1, maka usaha ini disebut layak. Artinya, perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih di masa mendatang dengan nilai sekarang investasinya lebih besar.

6.4.3 Pay Back Period (PBP)
Semakin pendek pay back period maka akan semakin layak usaha tersebut. Asumsikan bahwa usaha disebut layak bila investasi kembali tidak lebih dari satu tahun.
Periode
Cash Inflow

Keterangan
Bulan 0
(Rp 24.445.750)
(Rp 24.445.750)

Bulan 1 dan 2
Rp 16.861.250
(Rp 7.584.500)
Investasi belum kembali
Bulan 3 dan 4
Rp 20.088.750
Rp 12.504.250
Investasi sudah kembali
Bulan 5 dan 6
Rp 23.491.250
Rp 35.995.500
Investasi sudah kembali
Bulan 7 dan 8
Rp 27.118.750
Rp 63.114.250
Investasi sudah kembali
Bulan 9 dan 10
Rp 29.371.250
Rp 92.485.500
Investasi sudah kembali
Bulan 11 dan 12
Rp 31.648.750
Rp 124.134.250
Investasi sudah kembali
Tabel 21. Payback Periode Budidaya Lele Sangkuriang
PBP = 2 bulan + Rp 7.584.500  bulan
                            Rp 20.088.750
PBP = 2 bulan + 0,38 bulan
PBP = 2,38 bulan
Jadi, usaha di atas disebut layak karena investasi dapat kembali kurang dari jangka waktu satu tahun.

6.4.4 Internal Rate of Return (IRR)
IRR yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila laju pengembaliannya (rate of return) lebih besar dari pada laju pengembalian apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain).
Initial Investment = Rp 24.445.750
Tabel 22. IRR Budidaya Lele Sangkuriang
Interpolasi
                                                75%                 26.390.717
                                        X                                                          1.944.967
                            0,1               IRR                 24.445.750                                   3.243.857

85%                 23.146.860
           
X                     =  1.944.967
0,1                       3.243.857
3.243.857X     = 194.497
X                     = 194.497
                           3.243.857
X                     = 0,0599
Jadi, IRR adalah sebesar 75% + X
IRR = 75% + 0,0599
IRR = 80,99% atau 81%
IRR > tingkat suku bunga disebut layak
Jadi, berdasarkan hasil perhitungan di atas, usaha ini dikatakan layak karena IRR atau tingkat pengembalian internal perusahaan sebesar 81% yang lebih besar dari pada suku bunga bank yaitu 6,75% (suku bunga deposito pada Bank Danamon Indonesia per 8 November 2013).

6.4.5 Break Even Point (BEP)
BEP =             FC         
                        1-(VC/S)
Keterangan :
FC : Fix Cost (biaya tetap)
VC : Variable Cost (biaya variabel)
S : Sales (penjualan)
Tabel 23. BEP Budidaya Lele Sangkuriang








BAB VII
ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI

7.1 Aspek Sosial
Dalam aspek sosial Budidaya Lele Sangkuriang memberikan berbagai manfaat sosial bagi masyarakat Purwodadi-Grobogan pada umumnya. Berbagai manfaat sosial dari adanya usaha ini adalah :
1.        Meramaikan dunia usaha Kabupaten Grobogan;
2.        Masyarakat dapat memperoleh ikan lele dengan harga terjangkau.

7.2 Aspek Ekonomi
Sedangkan, kontribusi Budidaya Lele Sangkuriang dari aspek ekonomi adalah sebagai berikut :
1.        Menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar maupun masyarakat lainnya;
2.        Memenuhi kebutuhan konsumsi ikan lele di Purwodadi dan sekitarnya;
3.        Mampu meningkatkan produktivitas ikan lele Kabupaten Grobogan.
















BAB VIII
KESIMPULAN

Kesimpulan dari analisis kelayakan bisnis ini adalah :
a.         Dari aspek pemasaran, bisnis ini layak karena alasan sebagai berikut :
                      i.            Adanya potensi permintaan yang terus meningkat dan akan tetap ada;
                    ii.            Segmentasi-targeting-positioning yang jelas;
                  iii.            Harga yang kompetitif dibandingkan pesaing;
                  iv.            Adanya pangsa pasar yang dimasuki;
                    v.            Adanya budget penjualan yang meningkat dan menguntungkan;
                  vi.            Adanya produk yang memiliki keunggulan kompetitif yaitu pembesaran lele secara organik;
                vii.            Adanya promosi sehingga mampu berkompetisi.
b.        Dari aspek teknis dan operasi, bisnis ini layak karena alasan sebagai berikut :
                         i.          Adanya lokasi yang mendukung Budidaya Lele Sangkuriang;
                       ii.          Adanya perhitungan HPP yang jelas;
                     iii.          Adanya peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan usaha;
                     iv.          Adanya pemasok untuk Budidaya Lele Sangkuriang.
c.         Dari aspek SDM, maka bisnis ini layak karena sebagai berikut :
                         i.          Adanya pasar tenaga kerja dengan spesifikasi dan deskripsi pekerjaan yang diinginkan;
                       ii.          Adanya perencanaan MSDM yang jelas.
d.        Dari aspek keuangan, bisnis Budidaya Pembesaran Lele Sangkuriang adalah bisnis yang layak karena alasan sebagai berikut :
                         i.          Nilai NPV yang positif;
                       ii.          Nilai PI lebih besar dari 1;
                     iii.          Nilai PBP lebih kecil dari standar yang ditetapkan yaitu kurang dari 1 tahun;
                     iv.          Nilai IRR yang lebih besar dari pada suku bungan bank yang berlaku (6,75%);
                       v.          Nilai penjualan BEP dalam unit lebih kecil daripada nilai penjualan aktual.


e.         Dari aspek yuridis, sosial, dan ekonomi, maka bisnis ini layak karena alasan sebagai berikut :
                         i.          Aspek sosial : dalam aspek sosial, Budidaya Lele Sangkuriang telah memenuhi dan layak karena memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan daerah sekitarnya;
                       ii.          Aspek ekonomi : aspek ini layak karena dengan adanya Budidaya Lele Sangkuriang dapat menyerap tenaga kerja maupun dapat memenuhi kebutuhan lele di daerah Purwodadi dan sekitarnya, serta dapat meningkatkan produktivitas lele di Kabupaten Grobogan;
                     iii.          Aspek yuridis dan perizinan : aspek ini layak karena Budidaya Lele Sangkuriang akan mengurus surat izin lingkungan sehingga bisnis ini dapat berjalan dengan baik.




















DAFTAR PUSTAKA

Gunawan, RGB. 2011. Dongkrak Produksi Lele dengan Probiotik Organik. Jakarta: AgroMedia Pustaka.
Http: id.wikipedia.org/wiki/diunduh tanggal 11 November 2013.

Nasrudin. 2010. Jurus Sukses Beternak Lele Sangkuriang. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal jurnal, buku besar, neraca, dan laba rugi

Contoh Soal 1 : Karyanto membuka usaha kantor Akuntan dengan nama “Karyanto Akuntan” transaksi-transaksi selama bulan Maret adalah sebagai berikut : Maret 2             Karyanto menginvestasikan sebagai modal pertama :                         Uang tunai                                                                                 Rp. 1.750.000                          Peralatan kantor                                                                        Rp. 1.500.000                         Gedung kantor                                                                            Rp. 4.250.000 Maret 5            Dibeli tunai suplai kantor seharga                                             Rp.    200.000 Maret 8            Diterima Pendapatan jasa                                                           Rp. 1.450.000 Maret 10          Bibayar upah buruh                                                                     Rp.      30.000 Maret 15          Dite

MANAJEMEN KUALITAS

MANAJEMEN OPERASI MANAJEMEN K UALITAS                     KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia serta hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi.  Makalah ini membahas tentang “MANAJEMEN KUALITAS”.             Tersusunnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada dosen Manajemen Operasi kami, yaitu bapak Dr. H. Toto Susilo Rahardjo, SE., MT serta rekan-rekan yang telah membantu hingga tersusunnya makalah ini.                 Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini. Semoga apa yang kami sampaikan dalam makal a h ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya

Menentukan Misi Perusahaan

MENENTUKAN MISI PERUSAHAAN KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul “Misi Perusahaan” .Yang ditujukan sebagai syarat dalam pembelajaran tugas mata kuliah Manajemen Strategik. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Terutama kepada Ibu Sri Rahayu Tri Astuti, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Strategik. Penulisan ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Manajemen Strategik, yang mana juga sebagai tugas bagi kami kelompok 1. Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi kami selaku kelompok 1, dan bagi kita semua. Kami menyadari sepenuhnya makalah ini belumlah sempurna .Seperti kata  pepatah “Tiada gading yang tak retak” , oleh sebab itu ,kami mengharapkan kritik dan saran