Kelompok 1
1.
Strategi apa yang
digunakan oleh perusahaan untuk bersaing dalam e-commerce?
2.
Bagaimana pesaing dapat
mengetahui kelemahan perusahaan tersebut dalam e-commerce?
3.
Dalam jenis-jenis
firewall, mengapa application-level firewall disebut keamanan yang lengkap?
Jelaskan!
4.
Apa saja kelemahan dari
IOS?
5.
Adakah syarat yang
harus dilakukan perusahaan dalam melakukan IOS? Jelaskan!
1.
Strateginya adalah,
dengan menjalin hubungan baik dengan semua jaringan yang terlibat e-commerce,
karena dengan memiliki hubungan yang baik maka maksud-maksud dari tujuan
perusahaan dapat tercapai.
2.
Dengan cara pesaing
mencari informasi-informasi perusahaan kita kepada salah satu maupun semua
jaringan yang terlibat dalam jaringan e-commerce kita
3.
Appliacation-level
firewall ini tidak memperbolehkan paket data yang datanf untuk melewati
firewall secara langsung,
application-level firewall ini menyediakan control tingkat tinggi pada traffic
ntara dua jaringan yang isi layanan tertentu didalamnya dapat dimonitor dan
difilter sesuai dengan kebijakan keamanan jaringan.
4.
Kelemahannya adalah
tidak semua perusahaan memiliki kemampuan terhadap penguasaan teknologi yang
tinggi, dan biaya penerapan IOS relative mahal karena berteknologi tinggi,
serta didalam menjalin hubungan yang baik dengan mitra bisni tidaklah mudah.
5.
Syaratnya adalah:
perusahaan harus memiliki kemampuan terhdap penguasaan teknologi yang tinggi,
perusahaan harus memiliki kemampuan membangun hubungan yang baik dengan antar
organisasi, perusahaan harus memiliki jaringan koneksi yang mumpuni.
Kelompok 3
1.
Mengapa data intelegen
harus disimpan?
2.
Dalam keadaan bagaimana
data harus disimpan?
3.
Apa definisi produk
yang unik
4.
Memisahkan situs dengan
jaringan internal perusahaan juga berlakukah pada online shop?
5.
Bagaimana kiat-kiat perusahaan
yang menganut konsep e-commerce agar bisa bersaing dengan perusahaan yang
menawarkan produk secara nyata?
6.
Kategori situs yang
kuat itu seperti apa?
7.
Apakah dampak yang
terjadi jika situs retail tersebut di hack?
8.
Perlukah menyewa hacker
untuk menghadapi cracker?
9.
Seberapa besar kerugian
yang dapat terjadi?
10.
Apakah batas e-commerce
perusahaan?
1.
Data intelijen disimpan
karena memudahkan pada saat data intelejen tersebut akan dilakukan pengembalian
kembali, apabila tidak disimpan maka akan kesulitan dalam mengambil kembali
data intelijen yang sudah kita kumpulkan.
2.
Data disimpan dalam
bentuk yang dapat dibaca mesin komputer seperti cd-rom, atau jika itu
tersedia secara online,
pencatatan ke dalam komputer bukanlah masalah. Namun, jika intelijen ada dalam bentuk
tercetak, itu harus dimaksukkan melalui optical character recognition (OCR) atau dengan mengetik.
3.
Produk yang unik adalah produk yang
cukup berbeda dengan produk-produk pesaing.
4.
Ya berlaku, agar rahasia-rahasia
perusahaan terhadap jaringan-jaringan internal perusahaannya dapat terjaga.
5.
Strateginya adalah,
dengan menjalin hubungan baik dengan semua jaringan yang terlibat e-commerce,
karena dengan memiliki hubungan yang baik maka maksud-maksud dari tujuan
perusahaan dapat tercapai.
6.
Situs yang kuat adalah
situs yang memiliki pengamanan ganda, dan tahan terhadap hacker yang inging
melakukan hacking pada situs tersebut.
7.
Dampak yang terjadi
adalah adanya kebocoran informasi perusahaan, data-data perusahaan, terjadinya
kekacauan didalm system perusahaan tersebut.
8.
Menurut kelompok kami
perlu, karena dari menyewa hacker inilah kita dapat mengetahui cara-cara
kerjanya dan mengetahui apa saja tanda-tanda system kita sedang di hack dn
crack.
9.
Kerugian yang dialami
adalah kerugian besar, karena informasi informasi perusahaan terbongkar dan
data-data perusahaan diketahui pihak lain, dan siperusahaan korban harus
memperbaiki system nya karena telah rusak oleh hacker dan harus merombak ulang
sistemnya agar tidak dihack kembali.
10.
Batas e-ecommerce hanya
pada jaringan-jaringan yang sedang menjalin kerjasama dengan perusahaan
tersebut.
Kelompok 4
1.
Bagaimana membuat situs
web yang kuat? Apakah situs simaweb termasuk situs yang kuat?
Membuat
situs yang kuat tidaklah mudah karena ketika ingin membuat situs kita harus
pikirkan isi, desain, pemasaran, dan strukur menunya. Ada baiknya jika situs
kita mudah dicari oleh search engine. Kita harus ahli dan berpengalaman dalam
mengolah data dahulu dalam membuat situs.
Simaweb
digunakan untuk akses masyarakat FEB UNDIP dalam segala urusan kemahasiswaan. Kita
sebagai penggunanya saja sering mengalami kesulitan untuk mengakses situs
tersebut. Jadi, Simaweb dapat dikatakan situs yang tidak kuat karena lingkupan
simaweb yang dibuat tidak besar.
2.
Bagaimana menghindari
penipuan dalam e-commerce?
a)
Lakukan
transaksi dengan e-commerce atau online store yang memiliki reputasi yang baik
dari customer dan mencantumkan alamat serta nomor telepon yang dapat dihubungi.
b)
Belanja
pada situs yang menjamin keamanan dalam bertransaksi. Dengan memiliki sertifikat
SSL berarti situs tersebut menggunakan server yang aman.
c)
Sebelum memasukkan nomor kredit, cek dan
re-cek mengenai kebijakan dari situs tersebut. Apakah ada jaminan uang kembali
atau tidak.
d)
Hati-hati
dengan penawaran yang masuk ke inbox e-mail anda. Ciri khas phishing ini adalah
mereka menawarkan produk-produk terkini dengan harga yang terlalu rendah.
Tujuan utama mereka adalah mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif seperti
username, password dan rincian kartu kredit anda dengan menyamar sebagai merchant
terpercaya
3. Bagaimana cara perusahaan/ penyedia web
untuk meyakinkan para konsumen bertransaksi secara on-line?
a)
berikan
respon yang cepat dan tepat.
b)
tawarkan
proses pembelian yang cukup mudah.
c)
gunakan
cara pembayaran yang sederhana.
d)
tepat
waktu dalam melakukan pengiriman barang.
e)
berikan
sesuai permintaan konsumen.
4. Bagaimana cara mengukur kepuasan dari
konsumen? Jika kita melakukan bisnis online.
a)
Survei
Periodik Pelanggan
b)
Memantau
Kinerja Pesaing
c)
Cari
Tahu Apa yang Pelanggan cari
d)
Melakukan
survey angket, email atau via online
5. Bagaimana memasarkan produk dalam situs
online?
a)
Afilliate
Marketing. Sistim
Afiliasi pemasaran memmanfaatkan afiliasi atau perantara untuk mempromosikan
produk atau jasa dengan imbalan komisi.
b)
Blog
Marketing. mempromosikan
produk atau jasa anda melalui dunia blogging , para blogger akan menulis review
produk dan memasang link situs Anda sehingga pembaca dapat memiliki akses
langsung dan mudah ke situs utama Anda.
c)
Display
Advertising. meletakkan
banner Anda ke situs-situs yang sering dikunjungi oleh target pasar Anda. Di
antaranya termasuk situs sosial bookmark, situs jaringan sosial, situs
penerbitan dan forum.
d)
Email
Marketing. daftar
email yang solid dan potensial yang bisa anda dapatkan dari pihak ketiga atau
dari pengunjung yang dengan suka rela memasukan alamat email mereka ke dalam
website anda melaui kotak menu yang telah anda sediakan ( pop up ) cara ini
dapat menghasilkan hasil yang besar dalam penjualan bisnis Anda dan
meningkatkan keuntungan.
e)
Network
Marketing. multi-level
marketing, pastikan bahwa pendapatan bisnis Anda terdiri dari sekitar 60 -70
persen penjualan produk dan tidak banyak bergantung pada biaya keanggotaan
serta biaya untuk bahan promosi atau sampel.
f)
Search
Engine Marketing. Search
Engine Marketing menggabungkan SEO yang dapat anda lakukan sendiri serta dengan
cara berbayar seperti Google Adword. Melalui Search Engine Marketing, situs
Anda akan tampil di bagian atas mesin pencari sesuai dengan keyword yang anda
target.
g)
Viral
Marketing. menggunakan
jaringan sosial dalam mengirim pesan ke pelanggan potensial yang dapat
disampaikan ke pengguna online lainnya.
h)
Video
Marketing. Seperti Youtube mengambil Peranan penting dalam era digital seperti
sekarang ini.
i)
Social Media
Marketing. Pada masa sekarang social media
memang benar benar Booming , sesuatu hal yang sangat di wajibkan oleh
pemilik Bisnis.
Kelompok 5
1. Berdasarkan
apa perusahaan menentukan penggunaan teknologi? Apakah berdasarkan kebutuhan
perusahaan? Atau besar kecilnya usaha perusahaan? Atau berdasar jenis
produk/jasanya?
Tiga pilihan teknologi utama dalam
perdagangan yaitu sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, dan internet
merupakan tiga strategi yang wajib dilakukan karena persaingan di era
globalisasi ini yang ketat. Tidak perlu melihat dari besar kecilnya perusahaan
atau apa produk/jasanya. Tiga strategi ini ini merupakan perantara untuk
mencapai tujuan perusahaan.
2. Terdapat
3 pendekatan keamanan internet, salah satunya adalah memberikan kata sandi
kepada mitra bisnis. Seberapa efektifkah langkah ini? Apakah tidak terlalu
berisiko?
Memberikan kata sandi kepada mitra
bisnis memang merupakan keputusan yang berat untuk diambil, disini faktor
kepercayaan perusahaan kepada mitra bisnisnya lah yang perlu ditekankan. Perusahaan
harus membuat perjanjian kepada mitra bisnisnya agar tidak membocorkan kata
sandi kepada publik atau bahkan pesaing, perusahaan harus memberikan hukuman
bisa berupa denda kepada mitra bisnis apabila membocorkan kata sandi kepada
pesaing atau publik.
3. Bagaimana
perusahaan mengantisipasi hacker yang lebih handal? Langkah apa yang harus
dilakukan?
Perusahaan
swasta dan instansi pemerintah perlu membuat computer emergency response team
(CERT). Serangan peretas kian meningkat karena penggunaan perangkat untuk
mengakses Internet semakin banyak. Masyarakat saat ini mengakses Internet tidak
hanya dari personal computer, melainkan juga dari smartphone.
4.
Kenapa
perusahaan menggunakan basis data eksternal?
Perusahaan menggunakan berbagai
basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan
lebih mudah dari pada meneliti beraga jenis sumber informasi.
5.
Bagaimana
perusahaan mengantisipasi dan menanggulangi fenomena sms spam?
Sebagai perusahaan profesional,
perusahaan harus tetap melayani dan mengatasi masalah tersebut. Sms spam memang
meresahkan bagi perusahaan bahkan bagi perorangan, perusahaan paling tidak
mempunyai aplikasi atau program untuk menge-block nomer-nomer handphone yang
sering mengganggu perusahaan. Jika perusahaan masih mendapatkan sms spam,
perusahaan dapat melacak nomer tersebut lalu laporkan kepada pihak yang
berwajib.
Kelompok 6
1.
Kesulitan apa saja yang
dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya?
Satu
kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang
menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa
membingungkan pelanggan. Penjualan maya paling sering dipergunakan ketika
perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat perjualan fisik atau menemukan
tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis.
2.
MNC adalah sebuah
sistem terbuka yang berusaha untuk meminimalkan ketidakpastian yang terdapat
dalam lingkungannya. Bagaimanakah perusahaan
MNC tersebut melakukan minimalisasi terhadap ketidakpastian?
Ketidakpastian
disini berarti suatu perbedaan antara jumlah informasi yang dibutuhkan untuk
melakukan suatu pekerjaan dengan jumlah informasi yang dimiliki oleh
organisasi. Koordinasi disini yang sangat dibutuhkan untuk mencapai keunggulan
kompetitif di dalam pasar global. Perusahaan multinasional yang tidak mampu
mengkooordinasikan semua operasinya yang tersebar secara global dengan sebuah
sistem informasi yang baik, tidak dapat bertahan dalam perekonomian
internasional.
3.
Sebutkan basis data
eksternal dan manfaatnya?
Basis Data eksternal adalah data yang
menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya
adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi
pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.
·
Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
Yakni agar
pengguna basis data bisa menyimpan data, melakukan perubahan/manipulasi
terhadap data, menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah
dibandingkan dengan cara biasa (baik manual ataupun elektronis) dan Efisiensi
Ruang Penyimpanan (Space). Dengan basis data kita mampu melakukan penekanan
jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan menerapkan sejumlah
pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling
berhubungan.
·
Keakuratan (Accuracy)
Agar data
sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan cara memanfaatkan pengkodean
atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan
(constraint) tipe data, domain data, keunikan data dsb.
·
Ketersediaan (Availability)
Agar data
bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi
jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan
/ kadaluwarsa untuk menghemat ruang penyimpanan.
·
Kelengkapan (Completeness)
Agar data
yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun
terhadap waktu, dengan melakukan penambahan baris-baris data ataupun melakukan
perubahan struktur pada basis data: yakni dengan menambahkan field pada tabel
atau menambah tabel baru.
·
Keamanan (Security)
Agar data
yang bersifat rahasia atau proses yang vital tidak jatuh ke orang / pengguna
yang tidak berhak, yakni dengan penggunaan account (username dan password)
serta menerapkan pembedaan hak akses setiap pengguna terhadap data yang bisa
dibaca atau proses yang bisa dilakukan.
·
Kebersamaan (Sharability)
Agar data
yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai),
dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data
(karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu
yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling
menunggu untuk menggunakan data).
4.
Apa yang dimaksud dengan B2C?
B2C(BUSINESS TO CONSUMER)Adalah transaksi
dengan menggunakan internet dimana transaksi ini termasuk penjualan dengan
pembeli individu ,karakter yang paling singnifikan dari b2c adalah kemampuan
untuk menciptakan hubungan langsung dengan konsumen tanpa melibatkan medium
(perantara) seperti distributor, pedagang grosir.
5.
Apa yang dimaskud dengan WWW?
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang
dipakai oleh pengenal global yang disebutPengidentifikasi Sumber
Seragam untuk mengenal pasti sumber daya
berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya
ia hanyalah bagian daripada Internet. WWW merupakan kumpulan peladen
web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk
menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW
adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat
mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga
berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kelompok 7
1.
Apabila hacker berhasil
mengacak-acak situs perusahaan, tindakan apa yang harus dilakukan perusahaan?
perusahaan harus memperbaiki situs yang telah di rusak oleh hacker dan memperketat pertahanan dari situs tersebut, contohnya seperti pihak pihak mana saja yang dapat mengakses situs tersebut, situs tidah untuk publkasi umum.
perusahaan harus memperbaiki situs yang telah di rusak oleh hacker dan memperketat pertahanan dari situs tersebut, contohnya seperti pihak pihak mana saja yang dapat mengakses situs tersebut, situs tidah untuk publkasi umum.
2.
Apa saja kendala yang
terdapat dalam perdagangan elektronik?
·
Biaya yang tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan
·
Peranti lunak yang belum mapan atau
belum tersedia
3. Apa yang
anda lakukan tentang situs e-commerce agar calon pelanggan mau dan memutuskan
untuk membeli lewat e-commerce?
1. Membangun kepercayaan pelanggan dengan cara Website yang digunakan harus menyampaikan kepercayaan untuk menanamkan kepercayaan dalam pembelanja dan membuat mereka membeli.
1. Membangun kepercayaan pelanggan dengan cara Website yang digunakan harus menyampaikan kepercayaan untuk menanamkan kepercayaan dalam pembelanja dan membuat mereka membeli.
2. Dengan menunjukkan bahwa yang dilakukan adalah bisnis
yang nyata. Memberikan informasi pelanggan tentang cara menghubungi perusahaan,
dan sertakan profil perusahaan.
3. Meningkatkan
presentasi produk dengan membuat kemudahan bagi pelanggan untuk
menggunakan dan membeli dari situs anda dan memberikan pelanggan alasan mengapa
mereka harus membeli produk Anda.
4. Bagaimana
strategi pemasaran yang digunakan apabila kita memiliki situs e-commerce?
salah satu contoh strategi pemasaran e-commerce adalah Bayar per klik, Bayar per klik adalah salah satu strategi e-commerce yang paling dasar pemasaran yang dapat digunakan. Sebagai pemasang iklan, perusahaan hanya membayar biaya host setiap kali seseorang mengklik link iklan perusahaan pergi ke website perusahaan. Bentuk lain dari pemasaran adalah Search Engine Optimization. Ini hanyalah proses meningkatkan situs perusahaan sehingga mesin pencari lebih mungkin untuk memberikan peringkat yang lebih tinggi ketika orang mencari item yang Anda jual.
salah satu contoh strategi pemasaran e-commerce adalah Bayar per klik, Bayar per klik adalah salah satu strategi e-commerce yang paling dasar pemasaran yang dapat digunakan. Sebagai pemasang iklan, perusahaan hanya membayar biaya host setiap kali seseorang mengklik link iklan perusahaan pergi ke website perusahaan. Bentuk lain dari pemasaran adalah Search Engine Optimization. Ini hanyalah proses meningkatkan situs perusahaan sehingga mesin pencari lebih mungkin untuk memberikan peringkat yang lebih tinggi ketika orang mencari item yang Anda jual.
5.
Apa saja masalah umum yang terjadi
dalam teknologi informasi yang dewasa ini banyak digunakan dalam dunia bisnis?
masalah umum
yang terjadi dalam teknologi informasi yang dewasa ini banyak digunakan dalam
dunia bisnis adalah Dengan semakin pesatnya
komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to
face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa,
ini dapat mengakibatkan informasi yang seharusnya dapat didapat secara lengkap
dapat terjadi miss komunikasi. Kemajuan TIK juga semakin mempermudahterjadinya
pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin
mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan
melakukan kecurangan.
Kelompok 8
1. Mengapa
biaya tinggi menjadi kendala dari perdagangan melalui jaringan teknologi?
Bukankah seharusnya perdagangan melalui internet jauh lebih murah, bahkan bisa
tanpa modal?
karena dalam
perdagangan melalui internet. Perusahaan harus membayar biaya tertentu untuk
dapat mengiklankan produknya di suatu situs tersebut, jadi semakin lama barang
itu di iklankan jelas biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.
2. Apa patokan
yang digunakan dari saran-saran keberhasilan pengguna internet?
patokan yang digunakan dari saran saran keberhasilan pengguna internet adalah ketika pengunjung internet mendapatkan informasi yang ia butuhkan secara lebih mudah dan
patokan yang digunakan dari saran saran keberhasilan pengguna internet adalah ketika pengunjung internet mendapatkan informasi yang ia butuhkan secara lebih mudah dan
lengkap.
3. Sebutkan
contoh-contoh nyata dampak internet pada bisnis di masa mendatang!
contoh nyata dampak internet pada dunia bisnis adalah para pegawai di perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat, tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar untuk pengiriman. Penggunaan intenet juga dapat mempermudah perusahaan untuk membeli bahan baku untuk kebutuhan perusahaannya tanpa harus membutuhkan waktu lama.
contoh nyata dampak internet pada dunia bisnis adalah para pegawai di perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat, tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar untuk pengiriman. Penggunaan intenet juga dapat mempermudah perusahaan untuk membeli bahan baku untuk kebutuhan perusahaannya tanpa harus membutuhkan waktu lama.
4. Bagaimana
cara untuk meyakinkan pelanggan supaya mau melakukan transaksi di perdagangan
jaringan elektronik?
cara untuk
meyakinkan pelanggan supaya mau melakukan transaksi di perdagangan jaringan
elektronik adalah salah satunya dengan tetap melakukan lebih banyak networking
di dunia nyata, jadi meyakinkan pelanggan bahwa yang dijual bukanlah suatu
tindak penipuan.
5. Bagaimana
langkah yang seharusnya diterapkan perusahaan dalam melakukan pemasaran di
internet, mengingat persaingan di internet sangat terbuka?
langkah yang seharusnya diterapkan perusahaan dalam melakukan pemasaran di internet, mengingat persaingan di internet sangat terbuka adalah perusahaan harus menciptakan produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing dengan perusahaan perusahaan lain.
langkah yang seharusnya diterapkan perusahaan dalam melakukan pemasaran di internet, mengingat persaingan di internet sangat terbuka adalah perusahaan harus menciptakan produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing dengan perusahaan perusahaan lain.
6.
Apa perbedaan yang paling kontras
antara internet dan world wide web?
Perbedaan antara internet dan world wide web adalah Internet merupakan kumpulan dari banyak komputer yang terhubung pada suatu jaringan internasional, sedangkan Web atau World Wide Web merupakan layanan (service) yang tersedia di dalam sebuah jaringan Internet.
Perbedaan antara internet dan world wide web adalah Internet merupakan kumpulan dari banyak komputer yang terhubung pada suatu jaringan internasional, sedangkan Web atau World Wide Web merupakan layanan (service) yang tersedia di dalam sebuah jaringan Internet.
7. Kelebihan
apa saja yang dapat diperoleh dari pengguna internet dan world wide web?
Kelebihan dari internet adalah dapat digunakan sebagai sarana belajar mengajar, dan sarana bisnis ekonoi, kelebihan dari world wide web adalah kemampuannya untuk “saling bertautan” (hyperlinked) berbagai dokumen melalui di Internet dan dalam berbagai format pul, seperti teks, gambar maupun multimedia.
Kelebihan dari internet adalah dapat digunakan sebagai sarana belajar mengajar, dan sarana bisnis ekonoi, kelebihan dari world wide web adalah kemampuannya untuk “saling bertautan” (hyperlinked) berbagai dokumen melalui di Internet dan dalam berbagai format pul, seperti teks, gambar maupun multimedia.
8. Perkembangan/perubahan
apa saja yang terjadi pada saat perubahan “ARPANET” menjadi “INTERNET” seperti
sekarang ini?
Perkembangan/perubahan
yang terjadi pada saat perubahan “ARPANET” menjadi “INTERNET” adalah ruang
lingkup/ruang akses yang diberikan pada ARPANET hanya untuk departemen
pertahanan Amerika Serikat, sedangkan INTERNET sudah meliputi seluruh dunia,
dan kecepatan akses yang diberikan oleh ARPANET dan INTERNET jelas berbeda.
Kelompok 9
1. Dilihat
dari sudut pandangnya,perusahaan lebih merancang situs B2B atau B2C? Jelaskan!
2. Apa
saja yang menjadi kendala dalam mengaplikasikan BIsnis Internet ? apa
solusinya?
3. Sebutkan
contoh-contoh produk digital?
4. Sebutkan
keuntungan dari IOS ?
5. Bagaimana
perusahaan menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dengan pelangan?
6. Sebutkan
contoh-contoh produk fisik!
7. Apa
saja kelemahan dari IOS?
8. Dari
efisiensi komparatif suatu perusahaan,perusahaan tersebut lebih berfokus pada
efisiensi internal atau antar organisasi (eksternal) ?
9. Apa
saja kriteria suatu perusahaan yang dapat melakukan IOS ?
1. Tergantung
dari jenis perusahaan tersebut. Perusahaan kecil dan menghasilkan produk jadi
akan lebih memilih pada system B2C sebab pada system ini akan langsung
berhubungan kepada para konsumen secara lansung,sehingga dapat terjadinya
banyak transaksi oleh konsumen. Kalau perusahaan besar atau perusahaan yang
menjual barang-barangnya secara grosir,maka akan melakukan system B2B sebab
akan didistribusikan lagi ke para agen atau toko-toko yang menjadi konsumen perusahaan
tersebut,dan akan dipasarkan lagi ke konsumen tingkat akhir.
2. Kendala
dari bisnis internet ini adalah biaya yang dikeluarkan tinggi,sebab biaya
perbaikan dan perawatan website membutuhkan biaya yang tinggi. Kemudian,masalah
keamanan akan menjadi penting disini. Ketika web suatu perusahaan tidak
memiliki pengamanan seperti firewall maka transaksi yang akan terjadi akan
disusupi oleh hacker yang mengambil akun anda. Dan terakhir,ketika piranti
lunak yang belum tersedia atau pun piranti lunak dari pada konsumen belum
sebaik dari yang diharapkan perusahaan sehingga e-commerce sulit untuk terjadi.
3. Produk-produk
digital contohnya adalah seperti lagu-lagu,album dari para artis yang berada di
dalam iTunes yang dapat dibeli oleh konsumen. Kemudian aplikasi di App
Store,maupun google play pada android merupakan produk digital saat ini.
Pembelian dari produk digital dapat menggunakan kartu kredit.
4. IOS dapat mengurangi kesalahan,kemudian dapat
mengurangi biaya,meningkatkan efisiensi operasional,meningkatkan kemampuan
untuk bersaing,memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang,dan memperbaiki
layanan pelanggan.
5. Cara
perusahaan menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan adalah
memberikan tenggang waktu yg dibutuhkan pemasok ketika barang yang dibutuhkan
belum terpenuhi agar dalam jangka waktu tertentu akan terpenuhi sehingga
penjualan konsumen menjadi lancar kembali. Dan memberikan penjelasan kepada
konsumen yang sebenar-benarnya agar konsumen tidak beralih ke perusahaan lain
yang memiliki produk sejenis.
6. Contoh-contoh
dari produk fisik adalah seperti sepatu,tas,jeans,dan benda lainnya yang dapat
di jual oleh perusahaan melalui web. Barang ini akan dikirim oleh perusahaan
melalui jasa pengiriman atau jasa ekspedisi contohnya seperti JNE yang akan
mengirim ke konsumen dalam waktu 2-3 hari kerja.
7. Kelemahan
dari IOS adalah ketika tidak didukung oleh piranti lunak yang mapan. Sehingga
proses e-commerce tidak dapat terjadi. Dan kemudian ketika tidak ada jaringan
internet,tidak dapat terjadi pula hubungan ke konsumen.
8. Sebaiknya
dua duanya harus menjadi focus. Sebab ketika hanya satu yang di fokuskan maka
akan timpang sebelah. Sehingga keduanya harus menjadi focus perusahaan agar
dapat bersinergi dengan baik.
9. Kriteria
perusahaan yang dapat menggunakan IOS adalah mampu melaksanakan e-commerce
dengan didukung piranti yang baik sehingga para pelanggan dapat berkomunikasi
atau melakukan transaksi dengan perusahaan.
Kelompok 10
1. Bagaimana
tutorial / cara untuk membuat Sistem Firewall terhadap situs kita ? Apakah bisa
dipelajari oleh orang awam ?
2. Dalam
riset pemasaran,bagaimana cara internet dalam membantu perusahaan untuk
mengenal pelanggan potensial atau tidak ?
3. Bagaimana
cara membuat atau menciptakan kepercayaan konsumen dengan bisnis melalui
internet?
1. Firewall
sulit dipelajari oleh orang awam,kecuali ada piranti lunak yang hanya tinggal
di install saja di system tersebut.
2. Tentunya
dalam website terlihat IP yang melihat dari website perusahaan tersebut.
Sehingga dapat diketahui oleh perusahaan seberapa besar minat dari calon
konsumen yang ingin membeli produk dari perusahaan tersebut.
3. Merintis
sebuah kepercayaan dari konsumen adalah hal yg cukup sulit. Kecuali konsumen
awal-awal meninggalkan testimoni sebab testimoni tersebut akan berguna bagi
proses transaksi berikutnya. Dan para calon konsumen akan percaya dengan
kualitas produk yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Dengan memberikan
pelayanan yang terbaik,tentu konsumen akan merasa puas dengan perusahaan
tersebut.
Komentar
Posting Komentar